Lain-lain Tips Youtube

Cara Menautkan YouTube dengan AdWords, Wajib Tahu!

Salah satu Cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan membangun audience pada sebuah channel YouTube adalah dengan menautkan YouTube dengan AdWords. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, bahwa setelah akun ditautkan maka Anda akan memiliki akses ke beberapa fitur unggulan yang disediakan.

Untuk menautkan channel YouTube ke Google AdWords, Anda diberi dua options yang bisa dipilih sesuai keinginan. Selain itu, prosesnya juga bisa dikatakan sangat mudah sehingga Anda yang masih pemula pun tidak perlu takut gagal. Berikut adalah options yang ditawarkan dan cara menautkannya :

Cara Menautkan Akun dari AdWords

Disini Anda memiliki options untuk menautkan dari akun AdWords ke channel YouTube. Berikut adalah cara yang paling sederhana dan bisa langsung dicoba :

Masuk ke akun AdWords

Jika Anda sudah punya akun Google AdWords maka bisa langsung log-in. Namun jika belum punya, maka silahkan mendaftar terlebih dahulu.

Cek bagian atas halaman menu

Klik kolom yang ada di sisi samping dari nama akun AdWords, pilih dan klik option yang bertuliskan Akun Tertaut

Cari tulisan YouTube dan klik ‘Detail’

Klik Tambahkan Channel pada kolom Tautkan Channel Youtube

Masukan URL pada kolom Tautkan Channel YouTube

Anda bisa memilih Option Channel Milik Anda atau Milik Orang lain

Setelah proses pada halaman AdWords selesai, anda akan dialihkan ke halaman youtube dan diminta untuk memastikan apakah channel yang anda tautkan milik sendiri atau orang lain. Pastikan URL yang anda masukkan benar.

Menetapkan nama untuk akun AdWords

Pada halaman selanjutnya anda akan diminta untuk menetapkan nama dan mengatur perizinan akun. Selesai sampai disini.

Catatan: Sebagai catatan tambahan, bahwa proses yang Anda lakukan tersebut di atas sebenarnya belum selesai. Sebab proses ini membutuhkan persetujuan dari pemilik akun YouTube tersebut terlebih dahulu. Jika pemilik setuju maka secara otomatis channel akan langsung ditautkan ke akun Google AdWords Anda.

Cara Menautkan Akun dari YouTube

Cara ini bisa disebut dengan cara kedua atau alternatif dari yang pertama. Anda bisa memilih menautkan dari channel YouTube ke sebuah akun AdWords dengan cara sebagai berikut :

Masuk ke akun YouTube

Pastikan anda sudah mempunyai akun youtube terlebih dahulu untuk dapat login/masuk. Jika belum, anda bisa mendaftar dengan menautkan pada gmail atau mengisi data yang dibutuhkan.

Pilih ‘Channel Saya’ pada kolom akun

Jika anda merupakan pengguna baru youtube, maka diharuskan mengisi Nama Depan dan Nama Belakang yang akan digunakan untuk channel seperti gambar dibawah ini.

Masih di kolom akun, pilih ‘Pengelola Video’ atau ‘Creator Studio’

Perhatikan pilihan menu dibagian kiri, cari ‘Channel’ kemudian klik ‘Advance’ atau ‘Lanjutan’

Cara menautkan YouTube dengan AdWords berikutnya, akan muncul tulisan ‘Tautkan dengan Akun Adwords’ atau ‘Link and AdWords Account’, klik tulisan tersebut, kemudian akan muncul penautan akun YouTube dan adwords seperti gambar dibawah yang mengharuskan anda meng-copy ID akun AdWords yang dimiliki.

Copy/salin Costumer ID yang ada pada pojok kanan di halaman AdWords

Masukkan Costumer ID di halaman YouTube, klik next

Setelah memasukkan costumer ID, kemudian anda diharuskan untuk menetapkan nama akun dan melakukan penyetelan perizinan seperti gambar diatas. Klik Finish, selesai.

Catatan: Perlu diingat bahwa proses menautkan ini tidak serta merta berhasil sukses. Apabila pemilik AdWords setuju pada permintaan yang Anda kirimkan, maka barulah channel YouTube Anda akan bertautan dengan akun dari AdWords tersebut.

Tujuan Menautkan YouTube dan AdWords

Tujuan Anda menautkan channel YouTube ke akun Google AdWords adalah untuk mengoptimalkan video iklan. Oleh karena itu, setelah kedua akun tersebut di atas tertaut, maka langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menautkan video YouTube di bagian kolom AdWords. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan efektivitas video Anda.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fitur untuk meningkatkan penghasilan. Sistem kerjanya adalah CPV atau cost per view. Disini Anda tidak perlu membayar untuk video iklan channel yang muncul pada halaman search (pencarian). Anda hanya membayarnya ketika ada yang melihat video iklan tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa konten yang Anda masukan relevan.

Bukan hanya itu, dengan menautkan YouTube dengan akun AdWords, Anda juga akan mendapatkan akses ke berbagai fitur gratis alias tidak berbayar, seperti: melihat traffic pengunjung dan juga ajakan bertindak (CTA), membuat daftar marketing pasar dan juga terlibat dengan semua aktivitas di kedua akun tersebut.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar

%d blogger menyukai ini: