Keuntungan Menggunakan Marketplace Facebook Dalam Jual Beli Online

Seiring dengan perkembangan teknologi dan digital, perusahaan raksasa Facebook memang kian menunjukkan eksistensinya. Salah satunya adalah dengan mengembangkan berbagai fitur sebagai pasar online guna memudahkan para penggunanya. Hal ini tentu saja dilakukan demi memanjakan pengguna Facebook untuk supaya bisa melakukan beragam aktivitas, seperti jual beli dengan mudah.

Salah satunya adalah dengan peluncuran Marketplace Facebook, yang merupakan platform jual beli terbaru besutan Facebook. Apabila menelisik lebih jauh, sebenarnya fitur ini sudah ada sejak tahun 2007 silam. Namun sayangnya, tidak memberikan hasil maksimal sesuai yang diinginkan. Sehingga kemudian ditutup oleh pihak Facebook pada tahun 2014.

Tapi perkembangan zaman memang memberikan dampak yang sangat signifikan, mengikuti bertambahnya angka pengguna Facebook. Hal ini terbukti dengan tingginya tingkat peminat marketplace bernama “Local Market” yang dijalankan di fanpage Facebook, yang hingga saat ini telah digunakan oleh seperempat dari total seluruh pengguna aktif sosial media Facebook.

BACA JUGA:  Review 10 Artikel Terpopuler September 2013

Tapi sayangnya, marketplace besutan Facebook ini belum tersedia untuk kawasan Indonesia. Sehingga tidak akan muncul dan bisa digunakan sama sekali. Untuk sekarang, fitu ini baru tersedia di negara seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru dan juga Inggris. Namun bukan tidak mungkin jika dalam waktu dekat, fitur ini akan segera dirilis di Indonesia. Sehingga tidak ada salahnya untuk bersiap-siap.

Informasi Tentang Facebook Marketplace

Informasi Tentang Facebook Marketplace

Apabila dipergunakan dengan baik dan benar, keuntungan marketplace Facebook bagi para penikmat aktivitas berjualan online sangatlah besar. Sederhana saja, fitur ini akan membantu setiap penggunanya (buyer) untuk bisa mencari berbagai macam produk (barang) yang dijual oleh orang-orang di sekitar. Di samping itu, prosesnya juga terbilang sangat mudah dan cepat.

Karena dengan fitur ini, nantinya kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli dapat melakukan kegiatan mulai dari tawar menawar, cara menentukan pembayaran dan bahkan juga mengatur jadwal COD (Cash on Delivery). Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

BACA JUGA:  Inilah Beberapa Strategi Marketing Dalam Berbisnis

Cara Mengakses Facebook Marketplace yang Praktis

Cara Mengakses Facebook Marketplace yang Praktis

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, cara mengakses marketplace Facebook juga bisa dikatakan sangat praktis. Karena fitur tersebut sudah integrasikan dengan semua layanan Facebook, seperti Messenger di IOS dan IOS. Sehingga pengguna smartphone tidak perlu merasa khawatir akan mengalami kendala yag berarti dalam aksesnya.

Letak fitur marketplace Facebook ini terletak di bagian bawah list. Jika tidak ada, maka bisa melakukan upgrade aplikasi ke versi baru sehingga fitur ditampilkan. Logo dari marketplace ini berbentuk seperti sebuah kios kecil. Sedangkan cara masuknya hanya tinggal klik logo tersebut, maka secara otomatis Anda akan masuk ke beranda marketplace.

Fitur Utama Yang Ada di Facebok Marketplace

Fitur Utama Yang Ada di Facebok Marketplace

Manfaat fitur markeplace Facebook memang sangat memanjakan para penggunanya. Disini, Facebook menyediakan tiga fitur utama, antara lain :

  1. Fitur Pencarian Barang. Fitur ini memudahkan pengguna dalam melakukan proses pencarian atau filter daftar produk yang bisa dibeli di komunitas tertentu. Di samping itu, fitur ini juga dilengkapi dengan instant text yang bisa dipakai untuk melakukan percakapan dengan penjual.
  2. Fitur Menjual Barang. Dengan adanya fitur ini, selaku penjual Anda tidak perlu lagi membuat laman khusus untuk berjualan. Yang harus dilakukan hanyalah upload foto produk untuk dijual, kemudian lengkapi deskripsi dan harganya.
  3. Fitur Pencarian Sekitar. Keuntungan menggunakan marketplace Facebook salah satunya adalah karena pengguna bisa menemukan produk yang dijual oleh penjual yang tinggal di sekitar lokasi Anda melalui fitur pencarian sekitar. Hal ini tentunya bisa membuat proses transaksi bisa menjadi lebih mudah.
Loading...

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

%d blogger menyukai ini: