Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri resmi yang baik dan benar memang tidak boleh asa-asalan dalam membuatnya. Harus mengikuti tata bahasa dan aturan yang berlaku. Sebab mengundurkan diri dari pekerjaan bukanlah hal yang sederhana, hal itu bukan hanya menyangkit diri sendiri namun juga kepentingan kantor. Apalagi bila Kamu keluar kantor begitu saja tanpa pemberitahuan sebelumnya, otomatis Kamu akan dicap buruk oleh pimpinan dan juga rekan kerja Kamu.

Selain agar lebih sopan, tujuan dari adanya surat pengunduran tersebut adalah sebagai pemberitahuan kepada perusahaan terkait untuk segera mencari pengganti untuk posisi terkait. Biasanya surat resign atau surat pengunduran diri harus diterima minimal 2 minggu sebelum keluar. Berikut ini akan disajikan beberapa contoh dari surat resign yang bisa Kamu coba dan tiru di rumah.
1. Contoh Surat Resign
Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Alas Roban
Jl. Hadipolo Timur No. 11 Jakarta
Dengan Hormat
Dengan adanya surat ini, saya atas nama Hanifan Malik menyatakan diri untuk mengundurkan diri dari PT. Alas Roban sebagai karyawan. Pengunduran diri ini terhitung mulai dari tanggal 22 Agustus 2017.
Terima kasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT. Alas Roban terhadap saya. Hasilnya saya banyak belajar dari banyak hal yang telah saya kerjakan di PT. Alas Roban.
Saya sampaikan pula permohonan maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Alas Roban beserta seluruh karyawan PT. Alas Roban, yang bila saya ada salah salam melaksanakan pekerjaan dan hal di luar pekerjaan, baik itu disengaja atau tidak.
Dan semoga PT. Alas Roban semakin maju, jaya dan juga makmur. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya
Hanifan Malik
2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja
Hal : Pengunduran Diri
Kepada Yth
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Alas Roban
Jl. Hadipolo Timur No. 11 Jakarta
Dengan Hormat
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Hanifan Malik
Bagian : Supervisor
Kode Wiraniaga : 15210031
Alamat : Ds. Triwidadi, Kec. Pajangan, Kab. Bantul
Dengan ini saya menyatakan untuk mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya. Saya mengajukan pengunduran diri ini karena saya sedang menekuni usaha mandiri yang telah saya jalankan beberapa waktu ini. Oleh karena itu, demi fokusnya saya dalam mengelola bisnis saya, maka saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari PT. Alas Roban.
Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dan saya ajukan. Atas dukungan dan segala bentuk perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.
Hormat Saya
Hanifan Malik
3. Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan
Jakarta, 22 Agustus 2017
Hal : Pengunduran Diri
Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
PT. Berkah Jaya
Jl. Mapan No. 12 Jakarta
Dengan Hormat
Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Berkah Jaya.
Nama : Hanifan Malik
Jabatan : Marketing Manager
No. Pegawai : 777
Alamat : Jl. Buah Kesemek No. 12, Jakarta Timur
Terima kasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya kepada PT. Berkah Jaya atas segala kesempatan yang diberikan kepada saya. Sehingga saya bisa bergabung dan bekerja bersama dengan PT. Berkah Jaya. Banyak sekali pengalaman berharga yang telah saya dapatkan selama bekerja di PT. Berkah Jaya.
Selanjutnya saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada segenap jajaran manajemen dan karyawan PT.Berkah Jaya apabila semasa saya bekerja saya memiliki kesalahan, baik itu disengaja atau tidak.
Semoga PT. Berkah Jaya setelah saya tinggalkan menjadi lebih maju lagi dan lebih menjadi perusahaan besar yang bermanfaat bagi orang banyak. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormst Saya
Hanifan Malik
4. Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan
Semarang, 29 Agustus 2017
Kepada Yth
Presiden Mahasiswa
Universitas Diponegoro
Dengan Hormat
Melalui surat ini saya menyampaikan, bahwa yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Hanifan Malik
Departmen : Sosial Politik
Jabatan : Humas Departmen Sosial Politik
NIM : 2217
Bahwa saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponegoro. Terima kasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya. Saya banyak sekali mengambil manfaat dan pelajaran dari keikut sertaan saya dalam organisasi ini.
Selanjutnya ucapan maaf yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada rekan dan jajaran kepengurusan organisasi yang terlibat. Apabila saya memiliki banyak kesalahan dalam melaksanan tugas baik itu disengaja atau tidak, sekali lagi saya ucapkan permohonan maaf. Semoga organisasi ini terus berkembang dan makin maju.
Hormat Saya
Hanifan Malik
5. Contoh Surat Pengunduran Diri Mahasiswa
Semarang, 29 Mei 2019
Kepada Yth
Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Di Tempat
Dengan Hormat
Melalui Surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Hanifan Malik
NIM : 0012763287
Fakultas : Teknik
Jurusan : Teknik Industri
Bahwa saya menyampaikan permohonan maaf untuk pengunduran diri saya sebagai mahasiswa Fakultas teknik Jurusan Teknik Industri Universitas Diponegoro tahun akademik 2014. Alasan pengunduran diri saya adalah karena saya sudah diterima di perguruan tinggi lain.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Orang Tua / Wali Pemohon
Abdul Malik Hanifan Malik

Itu tadi adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat dicoba untuk kemudian dipraktekkan. Semoga membantu.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar
close