Aplikasi

Cara Mengganti Background Foto dengan Paint

Kebutuhan akan foto semakin meningkat di era modern ini. Apalagi jika yang kita bicarakan adalah pas foto yang seringkali digunakan sebagai media untuk melengkapi berbagai persyaratan dokumen baik secara online maupun offline. Sayangnya, pas foto untuk kepentingan seperti ini biasanya hanya menggunakan background satu warna saja yakni background merah atau biru.

Karena kebutuhan ini pula, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Kamu sedikit penjelasan mengenai cara mengganti background foto dengan paint. Tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tapi sepertinya dibutuhkan kejelian dan kehati hatian saat melakukan tracing karena proses pelaksanaanya dilakukan secara manual oleh kelincahan tangan Kamu.

Aplikasi Paint

Paint adalah aplikasi editor gambar yang diberikan oleh windows sebagai bonus. Aplikasi satu ini biasanya ada pada menu start – accesoris. Sejajar dengan command promt dan notepad, aplikasi satu ini ternyata memiliki fungsi yang tidak bisa disepelekan.

Tanpa perlu menggunakan aplikasi yang berat, Kamu bisa melakukan editing dan resizing gambar dengan menggunakan aplikasi satu ini.

Terlebih lagi aplikasi satu ini juga bisa Kamu gunakan untuk mengganti format sebuah gambar dari JPEG menjadi Bitmap, Indeks menjadi Bitmap, atau Bitmap Menjadi JPEG. Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi fungsi aplikasi satu ini untuk kebutuhan Kamu sehari hari.

Apalagi pada saat Kamu menggunakannya, memori RAM yang digunakan juga tidak akan terlalu memberatkan karena aplikasi satu ini tergolong sebagai aplikasi lite (ringan).

Cara Mengganti Background Foto Dengan Paint

Meskipun tergolong sebagai aplikasi yang sangat sederhana, aplikasi satu ini memiliki kualitas editing yang cukup baik. Hanya saja, seringkali terjadi sharpen pada garis pinggiran edit. Karena di dalam aplikasi paint tidak ada fitur feather yang bisa melembutkan garis sisi seperti pada aplikasi photoshop atau aplikasi profesional lainnya.

Tapi, jika Kamu melakukan proses editing background di paint ini dengan hati hati, sudah tentu hasilnya juga tidak akan terlalu mengecewakan.

Cara mengganti background foto dengan paint ini sendiri bisa Kamu aplikasikan dengan mudah sebenarnya.

  1. Pertama, Kamu hanya perlu membuka dokumen yang akan Kamu edit background nya dengan menggunakan paint. Kami sangat menyarankan Kamu untuk menggunakan gambar dengan resolusi yang bagus supaya gambar tidak blur dan ini akan memudahkan proses editing nantinya.
  2. Selanjutnya Kamu hanya tinggal mengklik menu Select – Free Form Selection yang ada di menu bar aplikasi paint yang Kamu buka.
  3. Kursor pada layar akan berubah menjadi form selection dan disini Kamu harus melakukan tracing secara manual.
  4. Lakukan dengan hati hati supaya sisi edit menjadi pas. Pilih bagian yang akan diganti warnanya (background).
  5. Setelah semua bagian terseleksi dengan baik, cara mengganti background foto dengan paint selanjutnya Kamu hanya tinggal mengklik menu “Select” dan kemudian “Delete” untuk menghapus gambar yang ada pada posisi yang di delete.
  6. Berikan warna putih pada bagian yang di delete dengan menggunakan menu “Fill With Color”. Jangan lupa untuk memposisikan warna pada warna putih.
  7. Sesudah Kamu mengganti background pada foto tersebut, selanjutnya Kamu hanya tinggal menggunakan menu “Brushes”
  8.  Setelah dirasa sempurna, selanjutnya Kamu hanya tinggal melakukan proses saving supaya file yang sudah Kamu buat tidak hilang.

Jangan lupa perhatikan dimana Kamu menyimpan file tersebut dan cara mengganti background foto dengan paint selesai. Mudah kan bagaimana cara mengganti background menggunakan paint?

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~