BukuKas

Mencatat transaksi penjualan, belanja modal, menghitung omzet, keuntungan, hutang piutang, semua itu adalah bagian dari pengelolaan keuangan suatu bisnis.

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan awal dari berkembangnya suatu bisnis, karena hal itu merupakan fondasi yang penting untuk jenis usaha apapun. Pengelolaan keuangan usaha yang baik artinya mengetahui setiap pergerakan arus kas serta dapat mengontrol pengeluaran uang agar usaha kita tidak mengalami kredit macet atau kerugian.

Tetapi, apakah setiap pelaku usaha, khususnya UMKM yang baru merintis usaha, sadar akan pentingnya mengatur keuangan usaha mereka? Lalu, apakah mereka mampu melakukannya dengan benar?

Sebenarnya caranya mudah. Anda hanya perlu rajin mencatat setiap transaksi keuangan yang dilakukan, termasuk diantaranya penjualan, pembelanjaan modal, pelanggan yang berhutang, pembayaran tempat sewa, dan sebagainya. Tetapi, apa yang terkesan mudah, belum tentu mampu dijalankan oleh setiap wirausahawan.

Banyak kendalanya. Bisa jadi, Anda malas mencatat di buku, merasa repot dengan hitung-hitungan manual, kalkulator ketinggalan, catatan mudah terselip, dan sebagainya.

Sekarang, semua kendala tersebut bisa teratasi dengan BukuKas yang membantu para pelaku usaha untuk mengelola dan memantau keuangan bisnis mereka melalui smartphone.

Apa itu BukuKas?

BukuKas adalah suatu aplikasi pengelolaan keuangan digital yang gratis, aman dan mudah bagi para pelaku usaha untuk membantu mereka melakukan pengelolaan keuangan secara benar dan praktis, agar usaha mereka bisa berkembang.   

Aplikasi ini telah dipercaya dan digunakan oleh lebih dari 1 juta UMKM di Indonesia untuk memudahkan mereka memonitor transaksi keuangan, membuat laporan keuangan, mencatat dan menagih hutang lebih efektif dan mengetahui keuntungan usaha setiap saat.

Tentang BukuKas :

  • Situs : bukukas.co.id.
  • Aplikasi : Download di Play Store Aplikasi BukuKas.
  • Telepon: 0813-8225-7786.
  • Email: help@bukukas.io.
  • Alamat kantor :
    PT BeeGroup Financial Indonesia
    WeWork Revenue Tower SCBD,
    Jl. Jend. Sudirman No. 52-53 Jakarta Selatan,
    DKI Jakarta, 12190

Tujuan BukuKas

Aplikasi BukuKas dibuat dengan tujuan untuk membantu jutaan bisnis di Asia Tenggara untuk dapat memonitor dan mengatur arus kas dengan lebih baik.

Para pelaku usaha yang tidak paham soal pembukuan pun akan dapat mengelola keuangan usaha mereka dengan bantuan berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi BukuKas, sehingga mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mampu memajukan usaha mereka.

Manfaat BukuKas

Aplikasi pencatat keuangan BukuKas akan membuat bisnis apapun menjadi lebih mudah dijalankan dengan smartphone, termasuk untuk memantau keuangan, mencatat semua transaksi, membuat laporan keuangan, serta mencatat dan menagih hutang piutang, sehingga semuanya menjadi lebih efektif dan efisien.

Aplikasi ini bisa bermanfaat bagi pemilik UMKM, pekerja lepasan dan individual yang ingin mengelola pemasukan dan pengeluarannya dengan baik agar dapat memiliki keuangan yang sehat.

1. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

BukuKas merupakan aplikasi laporan keuangan gratis yang diperuntukkan bagi UMKM.

Fitur-fitur BukuKas membantu UMKM untuk mencatat semua transaksi secara detail, memantau arus kas, memonitor performa bisnis, dan merencanakan keuangan usaha agar bisnis dapat berkembang pesat.

2. Reseller, Dropshipper, dan Online Shop

Para reseller, dropshipper dan pelaku bisnis online shop sering kali menjual produknya di beberapa kanal e-commerce.

Anda bisa memisahkan penjualan dan biaya operasional yang dikeluarkan untuk setiap kanal e-commerce di pembukuan terpisah dengan fitur Multibook.

3. Freelancer dan Pekerja Profesi

Freelancer dan pekerja profesi mempunyai penghasilan yang tidak menentu, oleh karena itu penting untuk mengetahui berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran agar keuangan Anda tetap stabil.

4. Organisasi dan Komunitas

Sumber pendanaan sebuah organisasi dan komunitas biasanya datang dari berbagai sumber. Oleh karena itu penting untuk memiliki pencatatan uang kas masuk dan pengeluaran agar operasional organisasi dan komunitas berjalan lancar.

5. Pribadi dan Keluarga

Hindari pemborosan anggaran yang berakibat kantong tipis di pertengahan bulan dengan mencatat pemasukan dan mengalokasikan pengeluaran dengan baik, termasuk uang sewa ataupun cicilan rumah, listrik, belanja, jajan, dana darurat, tabungan, asuransi, dsb agar pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan.

Kelebihan dan Kekurangan BukuKas

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari BukuKas.

1. Kelebihan BukuKas :

BukuKas menawarkan lebih dari sekedar kemudahan untuk mengelola dan memonitor laporan keuangan usaha Anda melalui smartphone.

Dengan BukuKas, Anda bisa mengatur arus kas usaha Anda 100% dengan rajin mencatat transaksi penjualan, pengeluaran dan hutang piutang.

Anda juga bisa langsung mengetahui keuntungan di setiap transaksi yang Anda lakukan, sehingga memudahkan perencanaan keuangan.  Semua angka akan dihitung secara otomatis begitu Anda melakukan input, sehingga perhitungan akan lebih akurat dan cepat. Dengan demikian, Anda juga bisa hemat waktu.

Fitur-fitur aplikasi keuangan BukuKas membantu untuk mengelola keuangan usaha Anda dari mulai pencatatan hingga pembuatan laporan keuangan. Anda akan terbebas dari rumitnya hitung-hitungan manual, waktu untuk mengelola usaha lebih efisien, dan data Anda aman tersimpan.

Apa saja fitur yang terdapat dalam aplikasi BukuKas?

  1. Laporan Keuangan. Fitur ini digunakan untuk memonitor performa usaha Anda baik itu harian, mingguan maupun bulanan. Tersedia 3 jenis laporan keuangan yang dapat kamu unduh dan cetak sesuai dengan kebutuhan.
  2. Catatan Pemasukan. Dengan fitur ini, Anda bisa mencatat transaksi penjualan secara detail dan melengkapinya dengan informasi rinci seperti modal pembelian barang, jenis barang, foto bon, metode pembayaran dan keperluan transaksi.
  3. Catatan Pengeluaran. Fitur ini membantu Anda untuk mencatat pengeluaran secara detail agar pengeluaran Anda tidak melebihi budget. Lengkapi juga catatan Anda dengan informasi rinci seperti foto bon, metode pembayaran dan keperluan transaksi.
  4. Hutang Piutang. Anda bisa mencatat transaksi hutang piutang bisnis secara detail agar pembayarannya terkontrol. Gunakan fitur kirim Pengingat Pembayaran Hutang Piutang via WhatsApp agar pelunasan tepat waktu.
  5. Multibook. Jika Anda mengelola lebih dari satu jenis usaha, fitur Multibook ini akan sangat membantu, karena dapat mengelola catatan pembukuan keuangan beberapa usaha Anda di pembukuan terpisah. Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan terpisah untuk setiap usaha Anda.
  6. Kartu Nama Digital. Anda bisa memiliki kartu nama digital bisnis sendiri untuk memudahkan promosi usaha ke pelanggan. Kartu nama digital ini dapat dibagikan lewat chat WhatsApp dan media sosial.

2. Kekurangan BukuKas :

BukuKas saat ini baru tersedia di Play Store, sehingga hanya bisa digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android.

Untuk pengguna smartphone berbasis iOS, BukuKas versi baru akan tersedia di App Store dalam waktu dekat ini, karena saat ini sedang dipersiapkan oleh tim engineer BukuKas.

Cara Menggunakan BukuKas

Berikut ini langkah – langkah cara menggunakan BukuKas :

  1. Aplikasi BukuKas dapat langsung di-download di Play Store. Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan secara gratis untuk semua fiturnya.
  2. Setelah Anda selesai men-download, buka aplikasi tersebut, kemudian Anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Menggunakan BukuKas
  3. Isilah data nomor telepon, setelah itu pilihlah apakah Anda akan menerima kode OTP melalui SMS, WhatsApp atau Telepon.
  4. Setelah berhasil mendaftar, berikutnya adalah memasukkan nama bisnis / toko, tipe penggunaan (bisnis atau pribadi) dan kategori bisnis.
    Panduan Menggunakan BukuKas
  5. Setelah Anda menyimpan data profil tersebut, maka di halaman berikutnya adalah pilihan fiturhutang, transaksi dan profil di bagian bawah.
  6. Pada menu hutang, Anda bisa menambahkan data pelanggan yang berhutang dengan cara klik opsi tambah pelanggan.
  7. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan kontak pelanggan tersebut dan mengirimkan tagihan pengingat pembayaran kepada mereka via WhatsApp dan SMS.
  8. Jika Anda ingin memasukkan data transaksi, baik penjualan maupun pengeluaran, klik menu transaksi. Di sini, Anda tinggal memasukkan nominal transaksinya. Dengan demikian, data-data mengenai transaksi Anda akan tercatat.Data ini dibutuhkan untuk pembukuan lebih lanjut, termasuk untuk membuat laporan keuangan. Tetapi, Anda tidak perlu bingung mengurus pembukuan, semuanya bisa dilakukan dengan praktis dalam aplikasi ini.
  9. Untuk mengedit profil, klik menu profil di bagian kanan bawah. Anda bisa membuat kartu nama digital untuk bisnis Anda sendiri, dengan mengisi nama , nomor telepon, email dan nama perusahaan Anda. Kartu nama ini bisa Anda bagikan melalui berbagai platform, termasuk media sosial, email, dan sebagainya.
  10. Selain membagikan kartu nama, ada beberapa pilihan menu di sini, antara lain : unduh laporan dengan periode yang bisa diubah-ubah, yaitu laporan laba rugi, laporan hutang piutang dan laporan pelanggan. Laporan bisa disimpan dalam format PDF dan Excel, serta dapat diunduh dan dibagikan.
  11. Selain unduh laporan, Anda juga bisa mengatur fitur melalui opsi pengaturan fitur. Ada pula pilihan untuk bantuan dan dukunganyang berisi tanya jawab, panduan dan video tutorial.
  12. Pada opsi pengaturan fitur, Anda bisa memilih untuk mengatur untuk mengaktifkan atau menyembunyikan fitur tertentu sesuai pemakaian Anda, khususnya untuk fitur Hutang dan Transaksi, dengan tampilan seperti ini.

Pengguna aplikasi BukuKas perlu mempelajari cara menggunakan aplikasi ini secara step by step sejak langkah awal untuk registrasi dan untuk setiap fitur yang tersedia, agar pengelolaan keuangan usaha Anda dengan BukuKas lancar, pemasukan data tepat dan lengkap, sehingga usaha Anda dapat termonitor 100%.

Baca Lebih Banyak Seputar : Bisnis & Keuangan