Cloud Hosting

Cloud Hosting

Penasaran dengan cloud hosting !. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting adalah salah satu jenis web hosting yang menggunakan teknologi terbaru dengan cara menyimpan file dan data website di beberapa server dan lokasi tertentu.

Apa Itu Cloud Hosting?

Dilihat dari artinya, cloud hosting merupakan web hosting yang menggunakan banyak server.

Jadi seperti ini, jika website Anda down di salah satu server maka akan dibackup oleh server lain.

Maka dari itu beberapa penyedia cloud hosting berani memberi jaminan uptime 99%, bahkan ada garansi uang kembali tanpa syarat.

Berarti dengan teknologi satu ini, memang sangat dijamin website Anda akan aman dari down, jika ada down, kemungkinannya sangat kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari cloud hosting :

Kelebihan

  1. Automatic Failover, artinya jika ada masalah pada satu server maka akan diarahkan ke server lain tanpa harus menunggu perbaikan.
  2. Mendapatkan 1 IP Dedicated.
  3. Dapat menambahkan resource secara Langsung, artinya Anda dapat langsung mendambahkan CPU, RAM atau lainnya jika diperlukan tanpa harus merestart server.
  4. Biaya lebih murah, dengan menggunakan cloud hosting , Anda akan mendapatkan berbagai fitur seperti 1 IP Dedicated dan lainnya.
  5. Pengelolaan lebih mudah, maksdunya disini, Anda tidak perlu mengelola seperti menggunakan VPS, semua sudah dimanaged dari pihak penyedia hosting.
  6. Kemanan lebih tinggi, dengan sistem penyimpanan file pada beberapa server, maka keamanan sangat terjadi. Jika terjadi ada kerusakan pada satu server lain, yang menyebabkan kehilangan data, maka server lain dapat membackup data tersebut.

Kekurangan

  1. Keamanan data kurang, jika sebelumnya menyebutkan keamanan lebih tinggi, maksudnya dalam hal hilangnya data. Namun beda ceritanya dengan keamanan dari pihak penyedia. Maksudnya jika pengola cloud hosting Anda nakal dan melihat data – data Anda, tanpa sepengetahuan Anda. Itu yang dimaksud dari keamanan data kurang disini.

Menurut saya itulah kekurangan dari cloud hosting yang paling rentan saat ini, semoga kedepan dapat dibuat regulasi atau apapun untuk masalah ini.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar
close