Tren di Indonesia dan dunia yang saat ini tidak bisa dihindari lagi, adalah tren banyaknya startup-startup bisnis bermunculan. Semenjak beberapa startup di Indonesia yang sukses dan disebut menjadi unicorn di Asia, semakin banyak pebisnis dan bahkan anak muda yang ingin merintis startup nya sendiri. Apakah Kamu salah satunya? Atau Kamu sudah punya ide dan inovasi untuk startup tapi belum direalisasikan? Salah satu yang Kamu harus pikirkan ketika membangun bisnis adalah pemasaran. Pemasaran atau marketing saat ini bisa dilakukan online maupun offline. Kita simak sekarang cara marketing online dan offline apa saja yang efektif untuk startup Kamu.

Lihat juga : Strategi Promosi.

Bantu Bisnis Kamu Sukses ! Berikut Ini Cara Marketing Bisnis Offline dan Online yang Efektif

1. Mengadakan promosi saat opening

Promosi pada saat Kamu baru saja merilis bisnis Kamu atau membuka toko Kamu adalah salah satu cara promosi offline yang selama ini selalu dilakukan oleh berbagai pemilik bisnis. Misalnya saat Kamu baru saja membuka bisnis jasa kecantikan, Kamu bisa memberikan free trial untuk para calon pelanggan Kamu.

Mengadakan promosi saat opening

2. Membagikan contoh/sample produk

Memberikan sample/tester dan free trial masih merupakan strategi marketing offline yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Dengan mencoba produk yang sangat baru, akan membuat para calon pelanggan mengetahui produk apa yang Kamu tawarkan. Kamu tidak pernah tahu pelanggan mana yang akhirnya akan cocok dengan produk/jasa Kamu.

Membagikan contoh sample produk

3. Membuka stand di acara-acara dan pameran besar

Acara dan pameran-pameran bisa Kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk Kamu. Pilih acara atau pameran yang relevan dengan bisnis Kamu. Apabila produk yang Kamu tawarkan adalah produk karya seni, maka pastikan Kamu berpartisipasi di acara seni, dimana para pengunjung yang datang adalah orang-orang yang memiliki  ketertarikan akan karya seni.

4. Buat dan cetak alat-alat promosi Kamu

Mungkin saat ini Kamu lebih tertarik untuk memasarkan bisnis Kamu secara online, namun masih banyak masyarakat saat ini yang belum akrab dengan dunia online. Maka dari itu, Kamu tetap harus mempunyai promotional tools untuk memperkenalkan bisnis Kamu ke masyarakat luas. Promotional tools yang masih efektif saat ini seperti flyer, brosur, banner, sampai kartu nama sangat dibutuhkan untuk membuat bisnis Kamu terlihat lebih terpercaya. Promotional tools cetak juga lebih mudah untuk diberikan dan dibaca oleh semua orang. Apabila Kamu tidak punya banyak waktu untuk pergi ke percetakan, Kamu bisa mencetak kebutuhan promosi Kamu secara online dengan mudah dan harga yang terjangkau.

Buat dan cetak alat-alat promosi anda

5. Membuat event eksternal

Apabila Kamu mempunyai anggaran yang cukup untuk mengadakan sebuah acara eksternal dimana Kamu dapat mengundang bintang tamu yang sedang terkenal saat ini, maka Kamu dapat melakukan hal ini. Event yang menarik akan membawa banyak orang datang dan akhirnya mengenal bisnis Kamu.

Membuat event eksternal

6. Bekerjasama dengan influencers

Saat ini, dampak dari menggunakan jasa influencers sangat penting untuk promosi bisnis Kamu. Tergantung bagaimana kebutuhan pemasaran Kamu, apabila Kamu ingin membuat promosi menarik untuk anak muda yang lebih banyak menggunakan Instagram, maka Kamu harus mencoba untuk menggunakan jasa influencer dari Instagram (Selebgram). Menggunakan sosial media tidak cukup untuk membuat banyak orang percaya dengan bisnis Kamu.

Bekerjasama dengan influencers

Itu dia tadi tips cara untuk memasarkan startup Kamu secara offline maupun online yang selama ini sudah banyak terbukti efektif untuk memasarkan produk baru Kamu. Kamu bisa memulai dari memasarkan secara offline, buat promosi, berpartisipasi di acara-acara besar dan tentunya buat promotional tools semenarik mungkin dan cetak di percetakan online yang akan memudahkan segala kegiatan cetak Kamu.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar