Cara Promosi

Cara Promosi

Cara promosi setidaknya secara garis besar dapat dibagi menjadi dua (2) , yaitu promosi secara offline (konvesional) dan online.

Saat ini promosi secara online paling banyak diminati dan digunakan, apalagi musim COVID-19 seperti ini, promosi online adalah pilihan terbaik.

1. Cara Promosi Online

Promosi secara online banyak menggunakan beberapa cara, seperti :

  • Optimasi keyword tertentu di mesin pencari yang biasa disebut search engine optimization (SEO).
  • Promosi di Sosial Media.
  • Promosi dengan cara beriklan di Google Ads, Fb Ads, Twitter Ads, iklan baris dan lainnya.

Lebih jelas silangkan lihat dibawah ini.

Cara 1 : Promosi di Google

Pertama, menggunakan SEO yang sudah disebutkan diatas. Cara kerjanya tinggal membuat situs dan menetukan serta riset keyword yang sesuai dengan bisnis Anda.

Contoh, Anda jualan sepatu, berarti keyword yang Anda optimasi setikdanya “jual sepatu” atau “jual sepatu + kota”.

Optimasi ini berguna ketika seseorang mencari barang dengan mengetikan keyword jual sepatu. Jika website Anda berada pada halaman pertama bahkan jika bisa urutan pertama.

Maka dari situs penjualan Anda akan meningkat tanpa harus membayar iklan. Namun cara ini tidak semudah membalikan telapak tangan, karena banyak kompetitor dan harus memperlajari SEO.

Kedua, yaitu beriklan di Google Ads, cara ini relatif mudah dan dipastikan akan menempati posisi pertama. Namun Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk promosi dengan cara ini.

Cara 2 : Promosi di Facebook

Cara promosi di Facebook ada banyak cara mulai dari :

  • Buat Halaman Facebook. Anda tingga mempromosikan halaman tersebut atau memberi tahukan halaman tersebut ke pelanggan.
  • Update Status. Cara ini sangat cocok jika teman FB Anda adalah orang – orang yang suka dengan produk yang Anda promosikan.
  • Menggunakan Facebook Ads. Cara ini memang sangat efektif namun harus mengerti cara menggunakannya, jika tidak akan rugi atau biasanya disebut boncos.
  • Memanfaatkan Facebook Marketplace.

Cara 3 : Promosi di Instagram

Promosi di Instragram juga ada yang berbayar dan gratis. Untuk yang membayar Anda tinggal menggunakan FB Ads atau endorse. Bagi yang ingin mempromosikan barang atau jasa secara gratis, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Nama Akun Instagram

Saat Anda mulai membuat akun Instagram baru yang dikhususkan untuk berbisnis online, sebaiknya Anda menggunakan nama akun Instagram yang sesuai dengan bisnis Anda.

Misalnya, Anda berbisnis fashion di daerah Bekasi maka nama akun Instagram yang disarankan ialah @fashionbekasi. Begitu juga ketika Anda berbisnis gadget di daerah Mataram, Anda dapat menggunakan nama akun @gadgetMTRM.

2. Deskripsi Bio Akun Instagram

Ketika Anda ingin mempromosikan produk atau membuka online shop menggunakan akun Instagram, ada baiknya Anda memberikan deskripsi informasi penting pada ruang bio akun Instagram tersebut.

Misalnya, Anda memberikan deskripsi informasi seputar kontak, CTA atau call to action atau deskripsi singkat mengenai bisnis Anda.

3. Foto Profil Menarik dan Sesuai

Untuk membuat akun Instagram yang bersifat bisnis, sebaiknya Anda memberikan foto profil yang simple, menarik sekaligus berkesesuaian dengan bisnis Anda. Sebagai tips, ada baiknya Anda membuat logo bisnis yang menjadi ciri khas akun bisnis Anda.

4. Isi Konten Instagram

Berikan konten yang menarik dan berkesesuaian dengan bisnis Anda. Konten tersebut dapat berupa foto maupun video. Gunakan foto atau video yang menarik dan dapat mencuri perhatian para pengguna Instagram lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk membeli produk Anda.

5. Caption Unik

Sebagai pemilik akun bisnis tersebut, Anda harus memperhatikan caption tiap postingan Anda. Penulisan caption harus bagus dan menarik serta tertuju pada target market.

Anda juga dapat memberikan caption yang unik dan cenderung berbeda dari caption akun bisnis Instagram lainnya. Biasanya, caption yang unik akan mudah diingat.

6. Hashtag

Setelah menggunakan caption yang menarik, Anda dapat membubuhkan hashtag pada postingan Anda. Berikan hashtag yang mudah ditemukan oleh banyak orang. Dengan begitu maka akan banyak kunjungan pada postingan Anda.

Usai memperhatikan beberapa poin tersebut, sekarang Anda baru bisa memulai promosi online shop Anda. Adapun cara promosi online shop di akun Instagram ialah sebagai berikut.

Hashtag sangat ampuh untuk mempromosikan akun Instagram bisnis Anda. Dengan menggunakan hashtag, maka akan membuat banyak orang mengunjungi profil Anda.

Secara tidak langsung, Anda akan menggiring pengguna Instagram lain untuk melihat-lihat konten atau postingan pada akun Anda. Jangan lupa untuk tetap menyetel privasi akun Anda sebagai publik.

Lihat saja panduan cara mendapatkan uang dari Instagram.

7. Berinteraksilah Dengan Pengguna Lainnya

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk melakukan promosi online shop pada akun Instagram ialah dengan melakukan interaksi kepada pengguna lainnya.

Tentu Anda tidak merasa asing dengan hal satu ini. Anda dapat mempromosikan bisnis Anda melalui cara meninggalkan komentar pada postingan pengguna Instagram lainnya.

8. Posting Konten Pada Waktu yang Tepat

Jangan sembarangan dalam melakukan posting konten bisnis Anda. Tujuan posting konten tentu saja ingin mencari perhatian pengguna Instagram lainnya.

Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak semua pengguna Instagram selalu melakukan akses pada akunnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan posting konten di akun Anda.

Waktu yang tepat untuk melakukan posting atau mengunggah konten baik foto maupun video pada akun Instagram Anda ialah mulai hari senin hingga kamis pada jam berapa saja kecuali jam 3 hingga 4 sore. Jam tersebut dirasa cukup efektif untuk mendapatkan feedback dari para pengguna Instagram lainnya.

Cara 4 : Promosi di Whatsapp

Cara promosi online gratis juga dapat Anda gunakan melalui akun media sosial Whatsapp. Jika Anda ingin melakukan promosi toko online Anda menggunakan Whatsapp, maka Anda dapat menyimak beberapa cara promosi tersebut sebagai berikut :

1. Broadcast Message

Untuk melakukan promosi online menggunakan Whatsapp, Anda dapat membuat broadcast message yang disiarkan kepada seluruh kontak Whatsapp Anda.

Jangan lupa berikan sapa terlebih dahulu pada pesan broadcast Anda sebelum menuliskan kalimat promosi produk bisnis Anda. Bisa jadi justru karena sapaan Anda, mereka akan mulai ingin tahu tentang produk yang Anda jual.

Jika Anda tidak ingin mempromosikan produk Anda ke seluruh kontak Whatsapp, Anda dapat mempromosikan produk Anda ke kontak terpilih saja. Dengan demikian, target market Anda pun akan lebih spesifik.

2. Whatsapp Status

Anda dapat melakukan penawaran produk bisnis Anda melalui Whatsapp status. Cara ini terbilang lebih ramah dibanding dengan cara menggunakan pesan broadcast. Jangan lupa untuk melakukan setting privasi status Anda agar dapat dilihat oleh semua kontak Whatsapp yang menyimpan nomor Anda.

Anda dapat melakukan promosi online seperti produk fashion dan elektronik. Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan Whatsapp sebagai cara promosi makanan online.

3. Membuat Grup

Beberapa online shop saat ini sudah banyak yang menggunakan grup untuk promosi walaupun tujuan utama mereka adalah untuk mempermudah memberitahukan kepada member setiap ada produk baru.

Grup ini tergantung pemilik, Ada yang harus menjadi member dengan cara membayar, ada juga yang gratis. Biasanya grup member yang berbayar, akan mendapatkan harga khusus.

Cara 5 : Promosi di Twitter

Cara promosi online yang efektif menggunakan Twitter yaitu menggunakan Twitter Ads, jika ingin yang gratisan, pastikan ikuti beberapa saran dibawah ini :

1. Lengkapi Profil Akun Twitter Anda

Anda wajib melengkapi akun Twitter Anda jika ingin menggunakannya sebagai lahan bisnis Anda.

Anda dapat melengkapi profil akun Anda mulai dari mencantumkan informasi bisnis Anda, nomor kontak, lokasi, url website atau blog, foto profil hingga header Twitter Anda yang berkesesuaian dengan bisnia Anda.

2. Ikuti Akun Twitter Orang Lain

Selain mengikuti akun Twitter orang lain demi mendapatkan follback, Anda juga harus mengikuti akun Twitter yang relevan dengan bisnis Anda. Hal ini akan memungkinkan kunjungan mereka pada akun Anda.

3. Jangan Terlalu Sering Promosi

Serupa rekan media sosial Instagram, jika Anda menggunakan akun Twitter untuk mempromosikan bisnis Anda maka sebaiknya Anda tidak terlalu sering melakukan promosi.

Bisa jadi justru followers Anda malah mengunfollow Anda. Lakukan promosi secara berkala dan informatig agar akun Anda tetap mendapatkan perhatian oleh pengguna Instagram lainnya.

4. Gunakan Hashtag Populer

Untuk melakukan promosi menggunakan Twitter, sebaiknya Anda memperhatikan hashtag yang sedang trending. Anda dapat menyelipkan hashtag atau tagar yang sering digunakan oleh para pengguna Twitter. Hal ini akan membuat tweet Anda juga terbaca oleh para pengguna Twitter lainnya dan bahkan pengguna Twitter yang belum mengikuti Anda.

2. Cara Promosi Offline

Promosi offline atau promosi langsung di depan calon konsumen akan membuat mereka lebih percaya terhadap kualitas produk Anda.

Bahkan dapat melakukan transaksi jual beli pada waktu itu juga. Adapun cara promosi yang dapat Anda lakukan secara offline di antaranya sebagai berikut :

  1. Membuat banner.
  2. Menyebar brosur.
  3. Dari mulut ke mulut.
  4. Mengadakan acara untuk mempromosikan produk.
  5. Mengikuti event tertentu ( bazar ).

Tulis komentar

close