Sales Letter

Sales Letter

Berikut ini penjelasan mengenai sales letter, mulai dari :

Apa Itu Sales Letter?

Sales Letter adalah salah satu cara promosi untuk mempromosikan produk atau jasa.

Pengertian sales letter Berdasarkan Wikipedia, Surat penjualan adalah bagian dari surat langsung yang dirancang untuk membujuk pembaca untuk membeli produk atau layanan tertentu tanpa adanya penjual.

Manfaat Sales Letter

Berikut ini manfaat membuat sales letter :

  1. Memberikan penjelasan mengenai produk yang dijual. Sales letter juga merupakan solusi yang tepat bagi calon konsumen mengenai gambaran produk yang akan dibeli.
  2. Memberikan daya tarik yang lebih kuat terhadap produk yang dijual. Dengan sales letter yang menarik, maka dapat menarik minat calon konsumen untuk segera melakukan aksi.
  3. Mereferensikan hingga menjelaskan detail dari produk yang dijual.
  4. Membangun list building untuk menjaring calon-calon konsumen. Dapat juga dibuat dengan ajakan untuk mencantumkan alamat email calon konsumen.
  5. Menjadi wadah atau sebagai sarana presell bagi produk yang akan diluncurkan sebelum ahirnya resmi launching.

Contoh Sales Letter

Berikut ini contoh sales letter :

Contoh Sales Letter
by : templatelab.com

Pada contoh diatas ada yang kurang, yaitu headline yang kurang menarik. Untuk memperbaikinya silahkan baca cara buat sales letter dibawah ini.

Cara Membuat Sales Letter

Dilihat dari fungsi dan manfaatnya, maka sudah tentu halaman seperti sales letter harus memiliki daya tarik yang sangat hebat dan ampuh. Sehingga saat calon konsumen membacanya akan langsung menarik minat untuk melakukan aksi. Untuk itulah mengapa membuat halaman sales letter dikatakan sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan.

Untuk Anda yang penasaran dan membutuhkan referensi untuk membuatnya, maka dapat mengikuti beberapa tahapan berikut ini.

  1. Buat Judul. Buat judul atau headline yang singkat, jelas dan menarik. Tugas judul disini, agar pembaca mau membaca lebih banyak lagi penjelasan yang Anda berikan.
  2. Buat Penawaran. Disini Anda harus menjelaskan keuntungan, manfaat, keunggulan dari produk atau jasa Anda. Caranya pertama – tama letakkan kalimat yang menjelaskan manfaat terbesar yang didapat pembaca. Setelah itu diikuti dengan menjelaskan keuntungan dan manfaat lainnya.
  3. Berikan Bukti. Contoh sederhananya adalah seperti “100 orang sudah membeli produk ini dan puas” atau dapat juga “Produk tidak sesuai deskripsi kami akan mengembalikan uang Anda 100%”. Kemudian bisa diikuti dengan testimoni pelanggan. Seperti “Pelanggan kami mengatakan, produk benar – benar bagus dan murah, saya suka”.
  4. Membujuk Untuk Bertindak. Pada bagian ini bujuk pembaca agar mau menghubungi Anda atau kontak yang disediakan. Contoh “Hubungi Kami Sekarang! Di ……………….., dan dapatkan penawaran menarik lainnya”.
  5. Terakhir Bagian Postscript. Pada bigan Postscript (P.S.), berikan kalimat bujukan kembali yang menyebabkan fear motivation. Contoh “Jangan sampai kehabisan! Promo cuci gudang hanya berlaku hari ini!”. Mengenai fear motivation dapat dibaca di kata – kata promosi.

2 Komentar

close