Cara Investasi Uang

Tren investasi diyakini akan semakin booming dan tumbuh positif di negara Indonesia. Hal ini ditandai dari peningkatan jumlah investor yang signifikan dan variasi instrumen yang ditawarkan.

Namun, bukan berarti Anda harus langsung terpicu trend dan abai dengan cara investasi yang benar. Ada banyak cara investasi yang bisa dijajaki, tetapi semuanya tetap harus dimulai dengan strategi dasar yang tepat dan benar sejak awal. Konsultasi kan segera kebutuhan asuransi dan investasi terbaik Anda untuk cara investasi yang mudah, efisien dan maksimal. segera kunjungi situs PFI Mega Life!

Cara Investasi Uang Yang Benar

Apa yang membedakan antara investor unggul dan asal? Simak dulu enam cara investasi uang yang benar, mudah dan efisien berikut:

Langkah 1 : Dikelola Sendiri VS Pihak Lain

Berpikir cara investasi yang benar adalah yang harus dikelola sendiri? Jawabannya adalah tidak mutlak. Bagaimanapun, setiap individu punya pengetahuan, akses, waktu dan faktor berbeda-beda dalam memilih cara investasi yang memang mudah dan efisien.

Cara investasi yang dibantu dikelola lembaga keuangan atau penasehat finansial bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memulai investasi dengan tepat. Ini karena memang tidak semua orang punya fundamental cukup kuat untuk memulai salah satu jenis instrumen investasi.

Karena itu, coba kaji ulang seberapa banyak bantuan yang Anda butuhkan sebelum mulai berinvestasi. Jika instrumen yang ingin dicoba bukan sesuatu hal yang dikuasai, tidak ada salahnya mempercayakan kepada advisor atau profesional yang sudah ahlinya. Sebaliknya, jika Anda sudah cukup memahami, mampu konsisten dalam waktu serta mengedukasi diri dari berbagai sumber, investasi bisa dikelola sendiri secara langsung.

Dalam hal ini, tidak ada kata benar atau salah jika memilih sebuah pihak/perusahaan finansial atau dikelola sendiri. Hal terpenting adalah, dana investasi dikelola orang yang tepat dan paham tentang instrumen yang sedang dihadapi. Jika Anda tidak yakin, pilihlah cara investasi oleh para profesional yang tetap bisa dipantau secara rutin.

Langkah 2 : Pahami Risk of Appetite (Ketahanan atas Risiko)

Investasi tentu tidak jauh dari risiko. Ini sebabnya cara investasi yang benar harus mempertimbangkan kemampuan atau daya tahan Anda terhadap adanya potensi kerugian.

Dalam istilah finansial, risk of appetite artinya kadar ketahanan seseorang terhadap risiko yang dihadapi. Dengan mengetahui kapasitas risiko sebagai seorang investor, Anda akan punya arah lebih jelas, ketahanan, dan tidak gegabah jika terjadi fluktuasi tidak nyaman atas investasi.

Daya tahan seseorang atas risiko investasi berbeda. Karena itu,  ada baiknya setiap investor tahu jumlah uang yang diinvestasikan, durasi investasi, dan komitmen finansial lainnya. Jika Anda tidak memiliki risk of appetiteyang rendah, prioritaskan instrumen investasi yang aman.

Langkah 3 : Tentukan Target Investasi

Tujuan berinvestasi adalah mendapatkan hasil yang diharapkan dalam kurun waktu tertentu. Dari segi lamanya investasi, ada dua target yang bisa ditentukan:

  • Target jangka panjang: Salah satunya adalah pensiun, tetapi ada juga yang bersifat jangka panjang seperti mengumpulkan uang muka demi pembelian aset bernilai besar, dana pendidikan, atau liburan impian.
  • Target jangka pendek: Investasi yang sudah bisa didapatkan hasilnya dalam kurun waktu 1-3 tahun.

Dengan mengetahui target investasi, pilihan cara investasi bisa disesuaikan dengan lebih akurat. Pengaturannya juga lebih mudah, efisien, dan lebih sesuai ekspektasi.

Langkah 4 : Diversifikasi Investasi

Banyak cara investasi yang kemudian telah bisa dipilih setelah paham atas pengaturan (sendiri atau dikelola orang lain), risiko dan target investasi yang diinginkan. Dari eksplorasi cara investasi ini, perkuat efisiensi investasi dengan cara diversifikasi.

Diversifikasi investasi adalah memperluas pilihan atau instrumen investasi yang dijalankan. Tujuannya membantu Anda mengurangi risiko, meningkatkan hasil, serta menyeimbangkan portofolio investasi sehingga lebih merata.

Dengan memiliki variasi investasi, Anda tidak mempertaruhkan semua aset pada jenis instrumen yang sama. Misalnya, 20 persen pada saham, 20 persen pada reksadana, 20 persenpada asuransi, dan sisa 40 persen pada deposito; pembagian ini dapat menjadikan investasi lebih maksimal.

Langkah 5 : Rutin Berinvestasi

Cara investasi paling akan efektif adalah teratur dan rutin dilakukan. Lebih baik berinvestasi sejumlah kecil tetapi konstan dilakukan daripada bernilai besar, tetapi hanya sekali penempatan. Jadikan investasi sebagai salah satu prioritas bulanan dengan rutin, misalnya menabung saham, membayar premi, dan menyisihkan tabungan.

Dengan rutin berinvestasi, Anda juga menjalankan cost-averagingyang sangat efisien dan menguntungkan untuk sistem saham atau unit link. Contohnya, premi akan dialokasikan untuk membeli lebih banyak unit saat nilainya turun sehingga harga rata-ratanya semakin turun pula.

Langkah 6 : Lebih cepat, lebih baik

Sudah tahu efek compounding?Istilah ini mengacu pada nilai imbalan yang terus berlipat ganda karena bergulir terus dalam investasi yang sama. Karena itu, semakin cepat Anda mulai menjalankan cara investasi, semakin besar peluang meraup keuntungan yang semakin cepat tumbuh banyak.

Investasi dini pada usia muda juga berarti Anda bisa lebih agresif karena memiliki modal waktu untuk mengejar ketinggalan sekiranya terjadi loss. Jika berinvestasi sejak usia muda, bukan tidak mungkin Anda bisa mencapai kebebasan finansial penuh jauh sebelum usia pensiun.

Kendati demikian, tetap tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi. Jalankan cara investasi yang bijaksana, sesuai daya tahan risiko masing-masing. Tentukan target dan terus edukasi diri supaya bisa terus melakukan diversifikasi secara rutin.

Bonus : Cara Investasi Efisien bersama PFI Mega Life

cara investasi uang

Sebagai salah satu perusahaan keuangan berbentuk asuransi dan investasi, PFI Mega Life hadir untuk memberi solusi mudah dan efisien untuk keluarga Indonesia. Selain beberapa produk asuransi jiwa dan kesehatan yang paling ringkas dan fleksibel, PFI Mega Life juga hadir dengan produk unit link yang menguntungkan.

Manfaatkan Mega Prima Link yang merupakan produk asuransi jiwa plus investasi untuk persiapan finansial masa mendatang. Dengan lima pilihan jenis investasi, termasuk salah satunya PFI Mega Life Amanah Balanced Fund, dana premi akan dikelola secara strategis pada beberapa instrumen seperti pasar uang, reksadana, efek, dana campuran, dan syariah.

Selain itu, ada Mega Investa Link yang juga tidak kalah unit karena terdiri dari pilihan investasi berbentuk mata uang dolar AS. Produk ini berbiaya rendah dan juga sudah termasuk asuransi jiwa. Produk ini juga cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi praktis dengan pembayaran premi hanya sekali saja.

Baca Lebih Banyak Seputar : Uang