Monetisasi Blog

Kapan Waktu yang Tepat Memonetisasi Blog?

Pertanyaan yang sering diajukan: ‘Kapan waktu yang tepat untuk mulai memonetisasi blog?’

Pertanyaan ini muncul, karena memang ada sebagian blogger lebih menyukai untuk membuat blognya ‘sempurna’ dulu, membangun komunitas dan pembaca setia, baru mulai memikirkan cara menghasilkan uang dari blog mereka. Harapannya, kelak penghasilannya jadi maksimal.

Mereka mengatakan: jangan terburu-buru memonetisasi blog.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan strategi itu. Tapi, jika memang sejak awal blog dibuat adalah untuk menghasilkan uang dari internet, maka menurut saya yang terbaik adalah mulai memonetisasi blog sejak awal (apapun jenis monetisasi yang dipilih), alias sejak posting pertama kita publish.

Setidaknya ada 3 keuntungan yang diperoleh, jika kita sejak awal sudah memikirkan dan menentukan cara mendapatkan uang online dari blog kita.

Kita bisa langsung mendapatkan uang

Memang tidak akan banyak yang bisa didapat dari sebuah blog baru. Tapi, paling tidak kita telah menghasilkan uang dari blog kita. Sedikit selalu lebih baik dari pada tidak sama sekali bukan?

Dan, dari pengalaman saya sendiri, meskipun hasilnya sedikit, tapi itu cukup membuat lebih bersemangat lagi untuk terus mengembangkan blog menjadi lebih baik.

Kita banyak belajar dari pengalaman

Dengan melakukan berbagai uji coba, seperti misalnya, penempatan iklan yang bagus dan lain sebagainya, kita akan mendapatkan banyak pengalaman berharga. Itu jika kita memonetisasi blog sejak awal, sehingga ketika blog kita menjadi ‘sempurna’, kita telah memiliki pengalaman yang cukup untuk memaksimalkan pendapatan dari blog tersebut.

Mengenalkan sejak awal kepada pembaca bahwa blog kita dimonetisasi

Menurut saya ini jauh lebih baik. Biasanya, para pembaca lebih menyukai blog tanpa monetisasi, seperti space iklan, tawaran afiliasi dan lain sebagainya, karena mereka berpikir bahwa ini blog yang ‘tulus’, just sharing, tidak mengharapkan imbalan apapun.

Lalu tiba-tiba, mereka -para pembaca- akhirnya merasa kecewa bahwa ternyata blog idamannya tersebut akhirnya harus dipasangin iklan misalnya.

Nah, jika sejak awal kita melakukan monetisasi blog, maka hal ini tidak akan terjadi, karena sejak awal pembaca telah mengetahui bahwa blog kita dimonetisasi.

Jadi menurut saya: tidak ada yang namanya ‘terlalu pagi’ untuk langsung mendapatkan uang dari blog baru.

Sehingga mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah:

Bagaimana cara kita menghasilkan uang dari blog sejak posting pertama?

Mari kita ambil contoh:
Misalkan kita bertujuan untuk menjual space iklan secara langsung kepada sponsor (pemasang iklan), tentu saja untuk bisa dilakukan, dibutuhkan trafik yang cukup tinggi agar pengiklan mau bekerja sama, dan itu tidaklah mungkin bagi sebuah blog baru.

Nah, sebelum trafik dan reputasi blog yang bisa dicapai, sebagai gantinya anda bisa memasang iklan dari jaringan iklan seperti Google Adsense, Geniee, dan Chitika.

Atau misalnya, kita membuat blog dengan tujuan untuk menjual produk (e-book misalnya), maka sebagai langkah awal, kita bisa menjual produk orang lain dulu dengan menjadi afiliasi mereka. sambil kita mempersiapkan produk kita sendiri.

Bagaimana? Sudah siap memonetisasi blog baru Anda sejak awal?

Sekarang kembali ke pertanyaan awal:

Kapan waktu yang tepat memonetisasi blog baru?

Saya sudah menyampaikan pendapat, bagaimana dengan Anda? Ditunggu sharing-nya melalui komentar di bawah. Semoga bermanfaat, sukses buat kita.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

38 Komentar

  • Hampir semua blogger menginginkan agar blognya dapat menghasilkan uang. memonetisasi blog tentu merupakan salah satu cara ampuh agar blog menghasilkan. Terimakasih mas sudah berbagi artikel yang menarik ini

  • Pendapat para master-master memang berbeda-beda, tapi kalau saya seorang pemula lebih memimilih membangun traffic dulu baru memikirkan bagaimana saatnya blog tersebut di monetisasi.

    Karena yang sulit adalah membangun traffic di banding memonetisasi.
    Padahal faktanya ada traffic maka ada uang alias banyak peluang.

    Yang menjadi kendala para banyak pemula adalah, masalah Fokus.
    Baru buat blog, kemudian sibuk memikirkan mau di monetisasi iklan apa.

    Di tengah-tengah jalan lesu karena pendapatan yang di idam-idamkan tidak kunjung datang. karena traffic blog tersebut datangnya senin kamis.

    Tapi ada juga blog yang di monetisasi iklan terlebih dahulu ( google adsense ), walau traffic masih sedikit, mungkin positifnya mereka akan lebih terpacut lagi semangatnya karena setiap hari lihat banner iklan adsensenya.

    Setelah itu giat membangun dan mendatangkan banyak traffic dengan membuat konten-konten yang bermanfaat.

    Jadi perpedaan pendapat adalah wajar, indonesia kan negara demokrasi, hehehe…….

  • saya setuju dengan pendapat mas Gee.
    Bahkan sebelum membeli domain untuk membuat website, saya rasa perlu dipikirkan bagaimana nanti blognya akan di monetasi.

    Ad selling kah, affliate kah (amazon, chitibank, dll) , service atau sell own product.
    Karena tujuan kt bangun blog selain sharing, tentu utk menghasilkan uang bukan? 😀

    kalau tujuan dari blog itu sendiri sudah jelas (misalnya nanti mau pake Google Adsense), ngejalaninnya juga enak.

    Terlebih lagi kalau untuk monetasi affiliate amazon.
    Masa kita sudah capek2 bikin review produk, tungguin traffic besar dulu baru dimasukin link affiliasi, kan ga lucu hehehe…

  • gan, saya dulu daftar GA memakai youtube. Saya juga sudah daftarkan blog saya di adsense tapi waktu saya ceck blog saya iklannya tidak nampak, Ketika saya buka account GA saya ada peringatan seperti ini, “Your AdSense account is enabled only to show ads on YouTube. If you want to show ads on a different site, you’ll need to provide us with the URL of the site you want to monetize. Learn more. ACTION.”. apa maksudnya ya gan… apakah ini maksudnya GA saya hanya untuk youtube.. trus gimana memonetize blog saya ya gan…

    • di situ sudah cukup jelas bos, “If you want to show ads on a different site, you’ll need to provide us with the URL of the site you want to monetize” artinya jika ingin menampilkan iklan di blog, maka ajukan blognya untuk direview. Jika disetujui maka iklan baru akan muncul. Silakan baca: cara daftar google adsense.

  • mantab artikele masGee Jhon, ini juga yg menjadi pertanyaan saya, berarti lebih cepat lebih baik di memonetisasi, klo ada waktu silahkn mampir ke blog saya mas…cahayaterang86.blogspot…saya msih awam bgt…trimakasih sbelumnya

  • kalau menurut saya sih mas, traffic pastinya no.1, lalu penempatan iklan dan kesesuaian niche/topik blog dengan iklan. Terus saya mau tanya neh mas, di bawah blog (atas footer) mas ini ada satu iklan dari CPM adversal ya? itu kira-kira earningnya berapa mas perharinya?soalnya sy coba di blog saya kecil earningnya (karena traffik indo walau pv sudah 1k lebih).

  • Kalau sy masih fokus belajar isi konten dulu mas, nanti kalau traffic udah keliatan naek baru mikirin monetasinya 🙂 soalnya suka ga fokus, tar bentar2 malah cek earning heheh

  • @aisah.
    dalam hal ini blogger2 top sekalipun saling berbeda pendapat. Dan memang masing2 strategi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing2. Dan kebetulan saya memilih (jika memungkinkan) untuk memonetisasi blog sejak awal blogging. 🙂

    sukses selalu.. untuk kita semua. 🙂

  • Menurut saya si tergantung monetasinya dulu mas, kalau pilih adsense saya rasa kurang cocok, tapi jika memilih metode lain seperti afiliasi saya rasa sah2 aja walau memang belum tentu menghasilkan dalam waktu singkat juga

    beda lagi jika menggunakan konten berbahasa inggris, seperti beberapa hari lalu saya siapkan blog berbahasa inggris dan baru posting 3 artikel tapi diartikel saya sisipkan link ke amazon 🙂 Alhamdulillah ada 1 sales

  • @smuainfo. ya memang masing2 strategi ada sisi baik dan buruknya, dan saya pnya argumen knp sy bilang bagus juga utk memonetisasi sejak awal. spt yg saya uraikan dlm artikel ini. dan nyatanya memang beberapa blog sya , saya monetis sejak posting pertama, =D

  • blog yang usianya 2 jam aja udah layak untuk di monetisasi… contohnya saja seperti menjual ebook, posting beberapa produk ebook tawarin ke temen-temen..

    blog sudah di monetisasi.. 🙂 heheheh

  • terima kasih juga sudah berkenan untuk berkomentar. Mmmm… apa yg dimaksud dengan blog baru susah dimonetisasi? Bukankah banyak cara utk memonetis blog mas?

  • Betul sekali mas kiky, jauh lebih baik dipersiapkan sejak awal dan tentukan dulu jenis monetisasi untuk blog kita yang baru.. sukses buat mas kiky…