Monetisasi Blog

Apa Cara Terbaik Memonetisasi Blog Baru?

Anda baru saja membuat blog baru, mungkin baru terbit beberapa hari atau beberapa minggu lalu.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk memonetisasinya?

(Jika Anda ragu, apakah memonetisasi blog baru adalah sesuatu yang bagus atau tidak, silakan baca pendapat saya pada artikel: Kapan Seharusnya Anda Mulai Memonetisasi Blog Anda? dan Kapan Waktu yang Tepat Memonetisasi Blog?)

Dari apa yang salah lihat dan alami, saya melihat ada 2 cara utama untuk menghasilkan uang dari blog baru, yaitu:

1. Link afiliasi

Meski program afiliasi kadang membutuhkan usaha lebih untuk mengelolanya, namun ia merupakan salah satu cara mudah untuk bisa langsung menghasilkan uang dari blog. Dan bila dilakukan dengan tepat, bisa memberikan kondisi saling menguntungkan antara Anda, pembaca Anda dan pemilik produk.

Banyak sekali produk digital, seperti ebook, software dan kenggotaan situs tertentu menawarkan program afiliasi, dimana Anda bisa memperoleh pendapatan dari setiap penjualan yang Anda berikan.

Jika Anda ingin menawarkan produk fisik, program afiliasi dari Bhinneka dan Lazada dapat menjadi pilihan. Ini akan bekerja dengan sangat baik, terlebih jika Anda yang menulis topik tentang laptop, handphone, kamera digital atau apapun, dimana pembaca bersedia dan berniat membeli produk dengan harga yang cukup tinggi.

Program afiliasi ini pula yang saya pilih pada salah satu blog terbaru saya, yaitu StudioBagus, yang baru saya luncurkan beberapa minggu yang lalu. Dan meski belum banyak, namun sudah ada terjadi beberapa transaksi, atau dengan kata lain sudah mulai memberi hasil.

Tips:
Promosikanlah hanya produk-produk yang Anda miliki dan Anda sukai. Jangan pernah bergabung dengan program afiliasi dari produk yang Anda sendiri tidak pernah memakainya. Karena ia akan menjadi bumerang ketika pembaca kecewa setelah membeli atas rekomendasi Anda.

Selalu jujur dalam mereview suatu produk dan biarkan pembaca Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang Anda tawarkan.

2. Menawarkan jasa

Membuat produk sendiri, mungkin butuh banyak waktu dan merepotkan, tapi bagaimana jika Anda menawarkan suatu jasa atau layanan tertentu?

Anggap Anda memiliki ‘sedikit’ keahlian sesuai topik Anda. Kenapa tidak untuk menawarkan jasa kepada pembaca secara langsung?

Jangan menganggap remeh kemampuan Anda sendiri. Keahlian yang mungkin Anda anggap sebagai biasa-biasa saja, bisa jadi sangat berguna bagi orang lain.

Taruh kata, sebelumnya Anda telah berhasil membuat 10 blog dengan wordpress. Dan kini Anda telah menguasai dengan baik bagaimana cara menginstall wordpress, mengatur plugin-plugin, mengoprek theme, dan sebagainya. Maka Anda bisa menawarkan jasa kepada mereka yang tidak suka dengan pekerjaan teknis semacam ini.

Tips:
Anda bisa menawarkan jasa Anda secara gratis kepada beberapa orang yang Anda pilih, dan mintalah mereka untuk memberi tanggapan agar Anda bisa meningkatkan pelayanan lagi. Mintalah kepada mereka berupa testimoni yang kemudian bisa Anda pajang di blog Anda. Ini semua akan sangat membantu Anda meraih pelanggan potensial berikutnya.

Nah, itulah 2 cara yang saya anggap paling baik untuk memonetisasi sebuah blog baru.

Oke, mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa saya tidak menyebutkan satu cara yang paling banyak dibicarakan para blogger, yaitu menjalankan iklan di blog?

Banyak sekali blogger yang ingin menjalankan program periklanan (semisal Adsense) pada blog baru mereka. Tapi bisa saya katakan bahwa cara ini sangat jarang memberi pendapatan yang memadai.

Anda butuh trafik yang tinggi untuk memperoleh hasil lumayan dari program ads-network yang mungkin agak sulit dicapai oleh sebuah blog yang baru berjalan beberapa minggu.

Sebagai contoh, saya butuh waktu lebih dari 8 bulan untuk meraih $100 pertama dari Google Adsense, tapi jumlah yang yang sama dapat saya raih hanya dalam beberapa minggu dari membuat desain logo sebagai freelancer.

Nah, semua kembali kepada Anda. Dan jika Anda termasuk yang baru saja meluncurkan blog baru, cara monetisasi apa yang Anda pilih? Sampaikan pendapat Anda melalui  komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

21 Komentar

  • Sobat, saya baru buat blog sekalian mengembangkan profesi saya sebagai trainer driver panggilan. Blog saya masih baru, dan nggak pernah disetujui adsense. Apa kira2 masalahnya. Ini alamatnya:
    _Https://multidriving.blogspot.com
    Mohon bantuannya ya, salam Multi

  • makasih mas ide nya. program afiliasi apa yg bagus. buat blog berbahasa inggris. memang traffiknya kebanyakan indonesia
    tapi ya. selain lazada. blog saya teknokia.blogspot.com. udah pasang adsense. tpi bth waktu 4 bln tuk bisa cair. 100$

    • Tuk blog baru dg trafik yg msh rendah, sy rekomen tuk jalankan afiliasi program. Jika ingin ppc, ada banyak pilihan, spt geniee, revenuehits, atau sulvo. Tp lagi2 ppc hanya bs jalan baik dg trafik yg ckp. Jika tdk, gakan ada hasilnya

  • ah gilaa brooo manteb artikel,nyaa,,,lngsung saya praktekin ini ide, naasnya, kenapa baru baca sekarang,, astagaaa…. -____- klo boleh saya pasang juga artikel ini di blog saya yaa 😀 sumber tertulis kok ,,

  • @crusher.
    ya itu pilihan yang bagus, tapi lebih bagus lagi kalau digabung jg dg afiliasi. 🙂

    @admin.
    ya betul begitu, makanya ada nilai plus minus dari semua metode monetisasi yg ada. Insya Allah saya akan mengulasnya nanti, 🙂 tunggu aja .

  • betul sekali mas gee jhon, banner dari affiliasi sangat berbeda dengan iklan ppc, walaupun banyak orang yang meng- klik banner kita, kalau tidak bisa di konversi menjadi pembeli tidak akan mendapat apa-apa dari lazzada.

    Mungkin saya akan menunggu artikel dari mas gee tentang cara mengkonversi pengunjung blog menjadi pembeli produk yang kita tawarkan.

  • @admin sugek.
    insya Allah mudah2an secepatnya saya bisa menulis tentang tips meningkatkan penjualan afiliasi. Namun terlepas dari itu semua, ctr pada afiliasi memang rata2 kecil, jadi kembali ujung2nya adalah trafik.

    tingkat conversi yg tinggi jug hanya bisa dicapai jika melakukan strategi secara tepat dan benar. Jangan berharap hanya dengan memasang banner affiliasi di sidebar lalu sudah bisa menghasilkan, Saya jamin tidak akan jika hanya seperti itu.

  • Sebenarnya saya berminat sekali mas menjalankan program affiliasi. Salah satu sub domain sugek.com juga ada iklan dari affiliasi lazada. Sudah dua minggu saya menjalankannya tapi belum pernah ada transaksi satupun. Mungkin mas gee jhon mau menerangkan secara detail agar bisa menghasilkan.

  • Ia Mas, Benar banget, untuk blog baru kita tidak menargetkan visitor yang banyak. kedua point di atas sangat penting apalagi untuk blogger pemula seperti saya. Affiliasi dan jasa merupakan hal yang tepat untuk di perhatikan. sukses terus mas Gee Jhom

  • @indra.
    oke. itu semua jadi pelajaran yg bagus. sukses selalu mas Indra.

    @moch.
    jika begitu silakan mulai dijalankan .. ya betul, portaluang skr pake domain baru. 🙂

    @jhony.
    tidak usah terburu-buru daftar adsense. apalagi artikel baru 5, pengunjung sehari mungkin ga nyampe 50 orang.

    klo pun diterima, gak akan ngasilin duit. jadi fokus saja dulu pada promosi dan konten blog, setelah trafik mulai naik, daftar adsense itu perkara mudah saja,

  • Mas gee Jhon, saya bln ini aktif buat artikel di blog baru saya, skrang ada skitar 5 artikel, apa uda boleh didaftarkn ke google adseens mas…blog saya ; cahayaterang86.blogspot.

  • info yg bermanfaat mas.
    aku dulu waktu pertama punya blog baru 2 bulan pernah pasang iklan dari bidvertiser,..
    tapi Alhamdulillah, akhirnya baru bisa diterima Adsense beberapa bulan yg lalu setelah blogku udah berumur kira2 1 tahunan.. Hehehe..