Monetisasi Blog

Kapan Seharusnya Anda Mulai Memonetisasi Blog?

“Pada titik mana dalam membangun dan mengelola blog, waktu terbaik untuk mulai memonetisasi?”

Pertanyaan ini sebenarnya sudah pernah saya ulas pada artikel: Kapan Waktu yang Tepat Memonetisasi Blog?

Tapi kali ini saya mencoba melengkapinya, karena selain sering menjadi ‘perdebatan’, juga karena masalah ini sering ditanyakan kepada saya. Dan mungkin Anda termasuk yang masih ragu kapan harus memonetisasi blog Anda.

Pada kenyataannya, jika memang Anda ngeblog dengan tujuan untuk mendapatkan uang, maka adalah ide yang sangat bagus untuk fokus mencurahkan pemikiran dalam hal monetisasi bahkan sebelum Anda membuat blog itu sendiri!

Karena jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog, maka Anda harus melihat blog Anda sebagai bagian tak terpisahkan dari sebuah bisnis, dan Anda butuh rencana yang jelas bagaimana bisnis Anda bisa menghasilkan uang.

Seperti yang saya maksud di artikel pada link di atas, pada poin ketiga saya menyampaikan bahwa:

Adalah ide yang bagus untuk memenuhi ekspektasi pembaca sejak hari pertama.

Meskipun Anda tahu, bahwa sepertinya tidak akan menghasilkan uang di bulan-bulan pertama, setidaknya pastikan pembaca mengetahui bahwa blog Anda bukanlah semata sebagai hobi.

cara memonetis blog baru

Karena, jika Anda ‘mengajarkan’ mereka bahwa semuanya bisa didapatkan dengan gratis selama-lamanya, maka mungkin akan sulit ‘mendapatkan uang mereka’ pada Anda memonetisasinya nanti.

Oleh karena itu, tergantung dari apa niche Anda, beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan:

  • Memilih theme yang sesuai untuk penempatan iklan dengan mudah
  • Fokus untuk menulis artikel review dengan menyertakan link afiliasi
  • Menambahkan halaman ‘hire me’ untuk mempromosikan jasa yang Anda tawarkan
  • Memasang pemberitahuan di sidebar tentang ebook yang Anda garap
dan seterusnya…. dan seterusnya….

Tentu saja, kebanyakan blogger menyadari bahwa mereka tidak akan bisa menghasilkan uang sejak hari pertama. Anda perlu mendesain blog Anda tampil cantik, menulis artikel, serta membuat sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi pembaca.

Tapi itu bukan berarti Anda harus menunggu untuk berpikir memonetisasi blog, setelah berbulan-bulan atau bertahun kemudian.

Tergantung kondisi Anda saat ini:

Jika blog Anda belum diluncurkan

Pastikan Anda telah memikirkan dengan baik dengan cara apa blog Anda akan menghasilkan uang nantinya. Program periklanan dan bisnis afiliasi adalah dua cara yang paling populer dan mudah untuk memulai. Namun, mungkin Anda menemukan bahwa jauh lebih cepat mendatangkan uang dengan menjual jasa atau suatu produk.

Jika blog Anda tergolong baru

Pastikan Anda ‘menyiapkan’ pembaca untuk strategi monetisasi yang akan dijalankan tidak lama lagi. Seperti misalnya, Anda memberitahu tentang ebook atau produk lainnya yang sedang Anda garap.

Jika blog Anda telah dikenal baik

Jangan menunda-nunda lagi untuk segera memonetisasi blog Anda hanya karena khawatir reaksi dari pembaca.

Anda mungkin mendapatkan ‘penolakan’ kecil sementara, tapi kebanyakan pembaca akan menerima (bahkan memberi semangat dan mendukung) monetisasi yang Anda jalankan. Apalagi jika memonetisasi dengan cara yang saling menguntungkan.

Nah, bagaimana pendapat Anda? Pada kesempatan berikutnya, saya akan menulis cara monetisasi yang paling baik bagi blog baru. Agar tidak ketinggalan, silakan berlangganan update melalui email.

Seperti biasa, bagikan pengalaman dan pendapat Anda melalui komentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

18 Komentar

%d blogger menyukai ini: