Tips Youtube

Tahukah Anda: Youtube itu Lebih Populer dari Wikipedia? Kenapa?

fakta pengguna youtube kompas

Tampilan gambar (screenshoot) di atas saya ambil dari website Kompas.com edisi tanggal 20 Oktober 2015. Banyak hal yang membuat saya tercengang di mana dituliskan bahwa terjadi peningkatan hingga 130% waktu rata-rata orang Indonesia dalam menonton Youtube. Itu berarti sudah jelas bahwa orang Indonesia saat ini gemar menonton Youtube. Kalau menurut saya alasannya sangat jelas:

Iklan
  1. Akses yang begitu mudah bisa dari manapun
  2. Internet tidak terlalu mahal
  3. Video menceritakan lebih detil dan mudah dipahami
  4. Sangat kecil terjadi pemalsuan atau penipuan isi video
  5. Video tutorial menjadi incaran karena mudah dimengerti

Ada beberapa alasan lagi, tapi kelima poin di atas sudah mewakili alasan mengapa orang Indonesia saat ini lebih suka menonton Youtube.

Selain fakta di atas, ada juga fakta yang lebih mencengangkan, yaitu bahwa saat ini terjadi peningkatan hingga 250% atau 2.5 kali lipat penonton Youtube menggunakan smartphone dibanding tahun lalu.

Itu artinya akses ke Youtube melalui smartphone semakin digemari orang. Gambaran sederhananya begini, kalau ada sesuatu yang dicari orang, maka dia akan mencari di Google atau Youtube. Youtube menjadi pilihan kedua setelah Google dikarenakan Youtube adalah mesin pencari berbasis video. Dengan video orang akan lebih mudah mengerti dan memahami.

Belum habis sampai di situ, saat ini orang Indonesia menghabiskan waktunya rata-rata dalam menonton Youtube di atas 40 Menit dalam satu hari. Waaww… itu data yang sangat luar biasa Sobat.

Iklan

Apa yang mendorong Youtube menjadi pilihan?

Kalau dulu kita mengetahui bahwa situs Wikipedia menjadi salah satu situs terbesar di dunia yang isinya adalah kebenaran, fakta dengan gaya penulisan yang sangat baik. Tapi tampaknya seiring dengan pergeseran waktu dan jaman, orang-orang tidak mau lagi menghabiskan waktunya untuk berlama-lama membaca. Saat ini orang lebih suka melihat, mendengarkan lalu memahami apa yang mereka lihat, dan itu bisa didapatkan dari Youtube.

Alasan lain yang membuat Youtube menjadi pilihan adalah munculnya saluran-saluran (channel) berkualitas baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

Sebut saja SkinnyIndonesian24, Edho Zell, Raditya Dika, LDP Production dan masih banyak lagi yang lainnya. Belum lagi munculnya channel pertelevisian di Youtube yang pada akhirnya mendorong orang untuk menonton. Alasannya sederhana saja, bahwa kalau kita menonton dari Youtube, kita bisa menontonnya berkali-kali kapanpun kita mau. Sementara kalau menonton di televisi, kita tidak bisa melihatnya setelah acaranya lewat. Otomatis Youtube menjadi pilihan utama.

Dengan adanya channel-channel yang bermanfaat tersebut, maka Youtube menjadi lebih populer daripada Wikipedia yang kadang-kadang memiliki penjelasan “njlimet”. Belum lagi kalau ada literatur dari berbagai sumber, maka bagi Anda yang malas membaca akan sangat membosankan membaca Wikipedia.

Youtube lebih aplikatif dan inspiratif

Kamu pernah mencari di Google kalimat berikut ini “Cara mengganti ban mobil by: wiki”. Jika belum pernah, silahkan kamu coba dan lihat apakah ada penjelasan dari situs Wikipedia tentang cara mengganti ban mobil.

Saya jamin tidak ada! Sementara kalau kamu mencarinya di Youtube, saya bisa pastikan kamu akan mendapatkannya. Tidak percaya? Silakan coba sendiri, ada banyak sekali video yang menjelaskan cara mengganti ban mobil, bahkan mulai versi sederhana sampai versi detilnya. Bahkan ada video dengan versi menghibur dan unik.

Selain itu Youtube juga bisa menjadi sumber inspirasi loh Sob. Lihat saja banyak sekali video-video kreatif di Youtube. Masih dalam seputar cara mengganti ban, coba kamu lihat video yang dibuat channel UpdateTerus TV dengan channel MalesBanget.com, bisa dipastikan kamu akan terinspirasi dengan menonton video mereka.

Masih mau mencari sesuatu dari Wikipedia? Saat ini sudah ada pilihan yang lebih baik, yaitu: Youtube! Selamat memilih Sob 🙂

Iklan

Tentang penulis

Jos Siant

Saya hanya seorang guru privat matematika dan fisika biasa, yang tidak pernah mengenal kata berhenti dalam belajar. Hobi nulis blog dan ada bisnis internet kecil-kecilan saja, seperti Bisnis Travel Online. Pembuat website terkenal Marketingjoss

Tulis komentar

5 Komentar