Peluang Bisnis

45 Usaha Makanan Ringan Serba 2000 yang Bikin Untung Abis !

Saat ini banyak sekali peluang usaha yang dapat dicoba untuk kemudian dikembangkan. Salah satunya ada di bidang kuliner, yakni jajanan ringan. Kuliner tidak harus mahal, murah asalkan enak dan bersih itu akan banyak sekali disukai oleh orang.

Dengan modal yang tak terlalu besar, Kamu bisa membuat usaha dan mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Salah satu usaha yang bisa Kamu jalankan adalah usaha makanan ringan. Tak perlu dijual mahal, 2000 per bungkus saja sudah cukup. Ada banyak ide usaha makanan ringan serba 2000 yang bisa Kamu coba.

Berikut ini akan disampaikan beberapa ide usaha makanan ringan serba 2000 yang dapat Kamu coba di rumah.

Lihat juga : Franchise Makanan dan Minuman di Indonesia.

45 Usaha Makanan Ringan Serba 2000 yang Bisa Bikin Untung !

1. Kerupuk Seblak

Kerupuk Seblak

Salah satu bisnis makanan ringan yang bisa Kamu jual dengan harga murah adalah kerupuk seblak. Cara pengolahannya tak sulit. Kamu bisa langsung menggoreng dan membumbuinya saja lalu dijual. Keripik seblak ini tentu sangat menguntungkan karena rasanya yang pedas dan enak membuat orang menyukainya. Apalagi, untuk mereka yang suka rasa pedas, ya!

Jika biasanya seblak terbuat dari kerupuk dan aneka macam bahan makanan lainnya yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu pedas, maka beda halnya dengan kerupuk seblak berikut ini. Kerupuk seblak tidak perlu direndam terlbih dahulu di dalam air, namun bisa langsung digoreng dan dibumbui setelah kerupuknya matang.

Menjual keripik seblak ini akan sangat menguntungkan. Sebab rasanya yang pedas akan sangat banyak disukai oleh penikmat kuliner yang doyan dengan segala sesuatu yang memiliki cita rasa pedas. Kamu dapat mencobanya di rumah, dengan kemasan kecil bisa dijual seharga Rp. 2000 saja. Murah meriah dan menguntungkan sekali.

Menggoreng kerupuk seblak ini jangan sampai gosong sebab rasanya akan menjadi pahit dan tidak enak, sebentar saja sampai warnanya menjadi cantik dan kerupuk menjadi mekar.

2. Basreng

cara unlock bootloader redmi note 3 pro tanpa sms

Kamu tahu basreng? Basreng adalah singkatan dari bakso goreng. Merupakan salah satu camilan yang memiliki banyak sekali penggemar. Camilan yang satu ini meskipun bakso, namun cara menikmatinya tidak ribet. Tidak perlu menggunakan kuah dan sambal, mengkonsumsi basreng cukup dengan tusuk bakso saja, sebab basreng sudah dicampur dengan bumbu pedas.

Kamu bisa menjual camilan ini dengan menggunakan plastik perempatan, ukuran bakso jangan dibuat terlalu besar sebab harga dari basreng ini hanya Rp. 2000 saja. Basreng ini akan menjadi favorit anak-anak untuk menemani mereka bermain-main. Kamu bisa manambahkan aneka varian bumbu lainnya. Tidak harus melulu pedas saja. Bisa keju, ayam dan lain sebagainya.

3. Keripik Singkong

Keripik Singkong

Keripik merupakan jajanan yang tidak asing lagi, hampir semua orang di Indonesia mengetahui dan paham apa itu keripik, bahkan kebanyakan dari mereka juga suka dan menjadikan keripik sebagai camilan peneman aktivitas sehari-hari. Misalnya nonton tv, bersantai dan lain sebagainya.

Usaha jualan keripik singkong ini adalah usaha yang menarik untuk dicoba, di Bandung sendiri ada pemuda yang berjualan keripik pedas dan hasilnya keripik tersebut sangat disukai oleh masyarakat. Kamu bisa membuat keripik singkong dengan kemasan yang kecil-kecil. Selanjutnya bumbu taburnya bisa disesuaikan dengan varian yang Kamu minati.

Dengan pemasaran yang baik, maka Kamu bisa memperoleh banyak sekali pembeli. Potongan singkong Kamu jangan dibuat terlalu tebal, sebab akan menjadi keras dan alot, buatlah tipis-tipis agar renyah ketika di kunyah. Selamat mencoba usaha makanan ringan serba 2000 ini.

4. Kuaci

Siapa tidak tahu kuaci? Banyak sekali orang yang menjadikan kuaci sebagai teman bersantai mereka, bukan hanya teman bersantai namun juga teman mengobrol di kala senggang. Sambil mata memperhatikan hal yang lain, tangan otomatis mengupas kulit kuaci. Makan kuaci sebanyak apapun juga tidak akan menjadikan perut kenyang apalagi badan yang gendut.

Usaha berjualan kuaci ini bisa dicoba. Kamu bisa bekerja sama dengan petani kuaci, kemudian membuat kemasan kuaci yang menarik. Kuaci terkenal memiliki harga yang murah meriah, oleh karena itu banyak sekali yang menjadikan kuaci sebagai cemilan.

5. Makaroni

Makaroni

Makaroni ini juga sangat terkenal, banyak sekali orang yang menjadikan makaroni sebagai kawan nyemil di dalam kondisi apapun. Yang menjadi kunci dari kesuksesan makaroni adalah bumbu tabur yang digunakan. Kamu bisa mengkombinasikan aneka bumbu tabur sebagai varian rasa dari makaroni. Bisa keju, bbq, ayam panggang dan lain sebagainya. Buatlah kemasan makaroni semenarik mungkin agar lebih diliirik oleh orang lain. Makaroni ini tidak akan rugi kalau dijual 2000-an saja.

6. Mi Lidi

Bagi yang kelahiran tahun 1990-an, tentunya akrab dengan makanan yang satu ini. Meski sekarang sudah susah ditemukan, Kamu bisa memulai usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu mi lidi ini. Dipastikan, akan banyak yang mencari makanan satu ini terlebih yang kelahiran 90-an. Sebab, mereka bisa bernostalgia dengan makanan unik yang satu ini.

7. Siomai Kering

Ternyata, bukan hanya seblak dan bakso saja yang bisa dijadikan makanan ringan dan dijual dalam bentuk kering. Siomay juga bisa. Makanan yang satu ini bisa digoreng dan dimasukkan dalam kemasan lalu dijual dengan harga 2000 per bungkus. Modal yang harus dikeluarkan juga tak terlalu besar dan Kamu tetap bisa untung dengan menjual siomay ini.

8. Gurilem

Snack yang satu ini umumnya memiliki rasa pedas. Kerupuk yang dengan warna putih dan berbentuk batang ini cukup mudah membuatnya. Cukup dengan campurkan tepung terigu dan garam dengan perbandingan tertentu lalu diadon dengan air. Setelah itu, tinggal cetak dan dijemur sampai kering sebelum digoreng. Tambahkan bumbu untuk menambah cita rasanya.

9. Kembang Goyang

Kue tradisional yang satu ini pasti banyak yang menyukainya. Biasanya, makanan ini ditemukan pada saat lebaran. Meski begitu, di luar lebaran pun Kamu juga bisa menemukan makanan ringan yang satu ini. Rasanya gurih dan cukup enak. Kalau mau menjualnya, Kamu juga bisa melakukannya. Cukup dengan 2000 per buah saja Kamu sudah bisa untung, kok!

10. Kacang Polong

Kacang dengan warna hijau yang satu ini memang paling pas disantap sebagai camilan. Oleh sebab itu, makanan ini bisa dijadikan peluang usaha makanan ringan serba 2000. Kacang polong ini bisa dengan mudah Kamu temukan di pasaran. Tinggal olah dan beri cita rasa, Kamu bisa menjualnya dalam pak tertentu dan meraih keuntungan.

11. Stik Keju

Stik keju adalah makanan ringan yang kaya akan vitamin seperti vitamin A, B1, B6, B12, C, D, E dan K serta zat besi dan beberapa kandungan gizi lainnya. Cara membuatnya pun sederhana. Kamu tetap bisa menjualnya dengan harga 2000 rupiah per bungkus meski menggunakan keju asli. Tentu saja, dengan porsi yang kecil.

12. Stik Talas

Talas adalah umbi yang sangat mudah ditemukan di sekitar rumah. Cara mengolahnya juga mudah. Kamu hanya perlu memotong-motongnya dengan ukuran kecil atau berbentuk korek api. Goreng talas dalam minyak dan beri bumbu. Setelah jadi stik seperti ini, Kamu bisa menjualnya dan mendapat untung. Tapi, pastikan talasnya dibersihkan dengan benar, ya!

13. Permen Cokelat Chaca

Makanan yang satu ini sangat populer baik di kalangan anak-anak maupun di kalangan orang dewasa. Rasanya yang manis dan berwarna menarik menjadi daya tarik orang membelinya. Kamu juga bisa memulai bisnis yang satu ini dan jual dengan 2000 rupiah per bungkus. Hanya saja, perlu mesin khusus untuk membuat camilan yang satu ini agar bentuknya cantik.

14. Pisang Sale

Pisang sale atau disebut juga dengan rimpi adalah makanan ringan yang terkenal sebagai buah tangan. Namun, siapa sangka Kamu bisa memanfaatkannya sebagai makanan ringan serba 2000. Kamu cukup buat pisang sale ini dengan cara mengiris tipis pisang yang matang lalu dikeringkan dan dilumuri dengan margarin dan bumbu lainnya sebelum dijual.

15. Seblak Kering

Bukan hanya kerupuk seblak saja yang bisa Kamu jual. Seblak kering juga. Jajanan khas Bandung ini sekarang bisa dengan mudah Kamu temukan. Tak hanya memakai kerupuk, Kamu juga bisa memanfaatkan mie untuk membuat seblak kering ini. Setelah itu, beri cita rasa yang berbeda sehingga seblak kering Kamu unik dan banyak yang menyukainya.

16. Keripik Tempe

Usaha makanan ringan keriuk yang satu ini juga bisa Kamu coba. Modal awalnya hanya 200 rupiah per papan tempe dan ditambah dengan minyak goreng dan bumbu dapur sederhana saja. Dalam satu papan tempe, Kamu bisa menghasilkan keripik tempe yang banyak. Namun, saat menjualnya, pastikan Kamu menyimpan keripik tempe dengan rapat agar tahan lama.

17. Keripik Tahu

Selain tempe, Kamu juga bisa memulai dengan menjual keripik tahu. Bisnis rumahan yang satu ini sebenarnya juga cukup menjanjikan karena banyak orang yang menyukainya. Sama seperti halnya tempe, Kamu hanya perlu memotong tahu dalam ukuran yang kecil dan digoreng memakai minyak panas yang banyak. Setelah itu, Kamu bisa langsung menjualnya.

18. Keripik Pisang

Lalu, Kamu juga bisa menjual keripik pisang. Keripik yang satu ini biasanya ditemukan sebagai makanan ringan tradisional yang enak. Kamu bisa menambahkan berbagai cita rasa untuk keripik pisang yang Kamu jual dengan harga yang cukup terjangkau. Dijamin, akan ada banyak orang yang akan menyukainya baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

18. Qtela

Qtela adalah sebutan makanan yang dibuat dari umbi ketela poton atau singkong yang dipotong kecil panjang seperti korek api lalu direbus dan digoreng. Setelah itu, diberi berbagai bumbu seperti bumbu BBQ atau ayam goreng dan lainnya. Makanan ini biasanya ditemukan di perempatan jalan atau di sekolah-sekolah karena yang menyukainya anak-anak.

19. Keripik Kentang

Meski untung yang bisa Kamu dapat dari usaha makanan ringan serba 2000 keripik kentang ini tak sebanyak yang lainnya, Kamu juga bisa mencobanya. Kenapa untungnya tak banyak? Tentu saja karena harga kentang yang cukup mahal. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat bungkusan kecil untuk keripik kentang Kamu dan dijual ke pelanggan.

20. Keripik Sukun

Buah sukun biasanya terasa hambar dan kurang enak bila dimakan langsung atau hanya dijadikan gorengan saja. Namun, bila Kamu menjadikannya sebagai keripik, rasanya cukup mantap. Tentu saja, Kamu perlu memberi cita rasa tambahan agar keripik sukun buatan Kamu laku. Selain itu, biasanya bahan baku sukunnya juga agak susah dicari karena musiman.

21. Keripik Bayam

Keripik dari sayuran ini juga cukup menjanjikan untuk sebuah usaha yang dimulai dengan modal awal kecil. Keripik bayam. Rasanya enak dan gurih serta renyah dan cocok dijadikan makanan pendamping di saat santai. Kamu bisa membeli bahannya di pasar dengan harga murah dan menjual kembali dengan harga 2000 per bungkus dan tetap dapat untung lumayan.

22. Rempeyek Kacang

Saat sedang bicara makanan ringan, tentunya makanan yang satu ini tak bisa Kamu lewatkan. Rempeyek kacang. Makanan yang satu ini biasanya disajikan di acara santai atau di meja makan sebagai tambahan lauk pauk. Harga jualnya cukup murah, biasanya sekitar 1000 hingga 2000 per buah. Tentunya, modalnya juga tak terlalu banyak, kok!

23. Rempeyek Teri

Selain rempeyek kacang, Kamu juga bisa membuka usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu rempeyek teri. Makanan yang satu ini juga memiliki peluang usaha yang besar sama seperti halnya rempeyek kacang. Hanya saja, Kamu harus mengeluarkan modal lebih besar dibanding rempeyek kacang karena harga teri yang memang lebih mahal dari kacang.

24. Rempeyek Rebon

Selain rempeyek kacang dan teri, Kamu juga bisa coba menjual rempeyek rebon. Rempeyek rebon memang tak terlalu sering didengar karena kalah pamor dengan dua jenis rempeyek lainnya. Namun, meski begitu bukan berarti prospeknya suram, ya! Kamu bisa menjual rempeyek rebon ini dengan harga 2000-an per buah dan dapat untung yang lumayan.

25. Kacang Bawang

Makanan ringan dengan bahan baku kacang yang satu ini sangat disukai penikmat camilan. Cara pembuatannya juga mudah dan Kamu bisa meraih omset yang besar dengan memulai usaha yang satu ini meski harga jualnya juga murah. Makanan yang satu ini biasanya juga dijadikan teman makan di segala acara karena rasanya yang enak dan gurih.

26. Kacang Kulit Rebus

Kalau pergi ke pasar malam, biasanya pasti Kamu akan menemukan orang yang menjual kacang kulit rebus. Harganya pun juga murah. Per porsi biasanya hanya dihargai 2000 rupiah saja. Nah, Kamu bisa memulai usaha jualan kacang kulit rebus ini. Caranya juga mudah. Cukup rebus kacang kulit mentah saja dan tinggal jual. Tak ada langkah yang susah, kan?

27. Kacang Atom

Bagi Kamu yang bisa membuat kacang atom, usaha yang satu ini juga bisa Kamu mulai. Kacang atom juga dibuat dari bahan utama kacang tanah yang dibalut dengan tepung terigu yang sudah diberi berbagai bumbu. Tinggal goreng saja dan bungkus dengan ukuran kecil. Kamu bisa menjualnya dengan harga 2000-an per kemasan dan untungnya juga lumayan.

28. Kacang Mete

Kacang mete juga merupakan salah satu camilan ringan yang bisa Kamu coba dan jual dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa membelinya di pasar dan dimasak dengan cara digoreng. Setelah itu, tinggal bungkus sesuai ukuran yang diinginkan. Kamu bisa menjualnya di perempatan jalan, di rumah atau di sekolah saja agar lebih cepat laku.

29. Kacang Telur

Sama seperti kacang atom, kacang telur juga merupakan jenis camilan yang bisa dimakan di saat apa saja dan terbuat dari bahan utama kacang yang dibalut dengan tepung terigu yang sudah diberi bumbu. Bedanya, kacang telur ini memiliki cita rasa manis. Sedangkan kacang atom pada umumnya adalah cita rasa asin dan gurih.

30. Usus Krispi

Di beberapa daerah, usus ayam bisa dijadikan sebagai lauk pauk tambahan yang enak. Nah, Kamu bisa memanfaatkan usus ayam yang biasanya terbuang menjadi ide usaha makanan ringan serba 2000 unik dengan modal minim. Cukup bersihkan usus lalu rebus hingga setengah matang. Bumbui dengan bumbu dasar dan goreng lagi setelah itu siap dijual.

31. Tahu Goreng

Camilan yang satu ini adalah yang paling umum ditemui di Indonesia. Salah satu gorengan yang bisa Kamu temukan adalah goreng tahu. Biasanya, harganya sangat terjangkau. Dengan 2000 rupiah, Kamu bisa mendapat dua hingga empat buah goreng tahu. Itu sebanding dengan modal usahanya yang memang minim sekali namun sangat menghasilkan.

32. Tempe Goreng

Selain itu, Kamu juga bisa memulai usaha goreng tempe. Sama halnya dengan goreng tahu, jenis gorengan yang satu ini banyak sekali penggemarnya. Selain karena harganya yang murah meriah, rasanya yang enak juga jadi alasan orang memilihnya. Untuk 2000 rupiah, Kamu bisa mendapatkan goreng tempe sekitar 2 hingga 4 buah. Terjangkau sekali, kan?

33. Pisang Goreng

Masih dari menu gorengan, kali ini ada goreng pisang. Harga goreng pisang ini biasanya juga hanya sekitar 2000 rupiah untuk dua hingga empat buah. Ada banyak jenis pisang yang digunakan untuk goreng pisang ini. Pada umumnya adalah pisang kepok. Namun, Kamu juga bisa menggunakan jenis pisang lain untuk dijadikan goreng pisang.

34. Goreng Bakwan

Kamu juga bisa memulai usaha usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu goreng bakwan. Jenis gorengan yang satu ini juga banyak peminatnya karena rasanya pada umumnya memang sangat enak. Harganya yang murah juga menjadi daya tarik utama makanan ringan yang satu ini laku. Kamu bisa mendapatkan dua hingga empat buah untuk 2000 rupiah.

35. Pisang Molen

Masih dari bahan dasar pisang, Kamu bisa memulai usaha makanan ringan serba 2000 dengan membuka usaha pisang molen. Pisang molen cara pembuatannya mudah dan Kamu tetap bisa untung lumayan meski harga jualan Kamu terjangkau. Biasanya, pisang molen ini dijual di tempat yang sama dengan beberapa jenis gorengan di atas ditemukan.

36. Goreng Ubi

Masih dari keluarga goreng-gorengan, ubi goreng atau disebut juga goreng ubi seringkali ditemukan di tempat orang yang menjual gorengan. Makanan ringan yang satu ini juga pas digunakan untuk teman makan di segala acara. Harganya yang murah juga jadi daya tariknya. Kamu yang usaha ini pun tetap akan untung meski harga jualnya cukup murah.

37. Pempek Bakar

Pempek bakar pada umumnya dijual dengan cara keliling ataupun di rumah. Bahan utama pembuatan pembuatan pempek bakar ini hanya tepung sagu, rebon dan sedikit bumbu dapur. Untuk membuatnya memang perlu keahlian khusus karena salah adonan, pempek tak akan jadi. Harga jualnya biasanya berkisar antara 1000 hingga 2000 rupiah per buah.

38. Pempek Adaan

Pempek adaan adalah pempek yang dibuat dengan campuran santan dan daun bawang serta ikan giling bersama tepung sagu di dalamnya. Rasa pempek ini sungguh gurih terlebih bila dipadukan dengan cuka asam pedas. Kamu bisa membuka usaha usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu pempek adaan ini dan meraih untung yang lumayan.

39. Pempek Lenjer

Masih dari keluarga pempek, kali ini pempek lenjer. Pempek yang memiliki bentuk panjang ini biasanya dibanderol dengan harga 1000 rupiah per buah. Kamu bisa membuka usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu pempek lenjer ini karena biasanya menu ini laris manis. Apalagi, untuk cara membuat pempek yang satu ini tidak terlalu susah.

40. Pempek Telur

Jenis pempek lainnya yang bisa Kamu gunakan sebagai salah satu usaha makanan ringan serba 2000 adalah pempek telur. Bahan dari pempek telur ini sebenarnya sama saja dengan pempek lenjer. Hanya saja, di bagian tengah pempek ini ditambahkan telur yang sudah diorak-arik. Kamu bisa menjualnya dengan harga 1000 rupiah per buah dan tetap untung.

41. Pempek Kulit

Beda lagi dengan jenis pempek yang satu ini. Pempek kulit pada umumnya dibuat dengan bahan dasar ikan laut yang sudah digiling sehingga warnanya agak hitam. Namun jangan salah, pempek ini bisa jadi menu usaha makanan ringan serba 2000 yang laris karena rasanya yang sangat gurih. Hanya saja, pempek ini cenderung lebih alot dari yang lainnya.

42. Cireng

Cireng adalah salah satu makanan khas Sunda yang bisa Kamu buat dengan mudah dengan bahan dasar tepung kanji dan tepung tapioka. Makanan ini cukup terkenal dan pada umumnya bisa Kamu temukan dengan mudah di penjaja makanan keliling. Untuk harga, biasanya makanan ini hanya dibanderol cukup murah, sekitar 2000an per porsinya.

43. Cimol

Sama halnya dengan cireng, cimol juga merupakan sebuah makanan ringan yang enak sekali disantap dengan tambahan bumbu seperti rasa BBQ dan lainnya. Cimol ini berasal dari Sunda, sama seperti cireng. Untuk bahan adonannya yang agak berbeda. Bila cireng dicampur dengan tepung tapioka, makanan ringan yang satu ini hanya tepung kanji saja.

44. Putu

Kue putu adalah salah satu jenis makanan tradisional berupa kue yang dibuat dengan tepung beras dengan butiran kasar dan di dalamnya ada isian berupa gula merah atau gula aren. Untuk menambah cita rasa, maka diberikanlah taburan kelapa parut di atasnya. Harga makanan yang satu ini juga cukup terjangkau, hanya 1000 hingga 2000 rupiah per buah.

45. Bakso Bakar

Bila biasanya bakso ditemukan dalam bentuk yang berkuah atau paling tidak digoreng, di beberapa tempat di Indonesia Kamu akan mudah menemukan yang namanya bakso bakar. Seperti bakso pada umumnya, bakso ini berbentuk bulat namun disajikan seperti halnya satai dan ditambah saos tertentu. Harga makanan yang satu ini berkisar 2000an saja per buah.

Baca juga : 5 Jenis Bisnis Minuman Kekinian.

Nah, ternyata ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Kamu jadikan usaha makanan ringan serba 2000, kan? Modal untuk melakukannya pun tak perlu banyak. Hanya saja, Kamu perlu keahlian khusus untuk membuat semua jenis makanan tersebut dan menjualnya. Kamu dapat mencoba peluang usaha makanan ringan serba 2000 ini di rumah. Semoga sukses!

Sudah dapat ide ! sudah saatnya menyusun proposal usaha Kamu, berikut ini beberapa contoh kata pengatar proposal usaha.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar