12 Tips & Ide Bisnis Kue ( Makanan Ringan ) Kering / Basah Kekinian

Bisnis apapun saat ini sangat mudah entah bisnis kue, bisnis baju dan bisnis lainnya. Karena dengan adanya perkembangan teknologi seperti social media ( facebook, isntagram, pinterest ) dan search engine ( google, yahoo ) kita jadi lebih mudah memasarkan bisnis kita.

Sadar atau tidak bisnis kue jajanan saat ini sudah banyak berubah, entah dari sisi penjual dan pembeli. Saat ini banyak orang yang sudah beralih membeli dengan cara mencari di internet (social media  atau search engine ). Yang paling penting dengan adanya fasilitas COD. Mereka pesan tanpa ke tempat penjual dan makanan datang sendiri tanpa harus pergi jauh – jauh.

Contoh Ide Bisnis Kue Kering / Basah  ( Makanan Ringan )

Berikut ini contoh – contoh ide bisnis kue kering maupun basah makanan ringan :

1. Mie Lidi

Ide Bisnis Kue Kering atau Basah Mie Lidi

Mie lidi jajanan jadul ini dikemas sedemikian rupa dan tentu harganya pun naik. Lihat saja mie lidi saat ini banyak dicari dan bahkan sudah banyak dijual secara online. Sudah banyak produk mie lidi yang terekenal : mie lidi njedir, lidi geli.

2. Donat

Bisnis kue donat

Bisnis kue donat ini juga bagus untuk dicoba dengan beberapa resep dan penyajian yang berbeda akan banyak mengundang konsumen untuk membeli. Contoh dengan bahan dasar ketela, beberapa pilihan toping, sampai membuat tulisan di donat ini sudah menjadi nilai tersendiri.

3. Keripik

Bisnis Keripik

Keripik bisa dibuat dari pisang, ubi, singkong, tempe, bayam, gandum. Dari keripik yang biasa anda bisa merubahnya menjadi luar biasa. Contoh ditambahkan berbagai pilihan rasa, kemasan yang menarik dan tentunya rasa dari keripik itu sendiri harus menggoda.

4. Lumpia

Usaha bisnis Lumpia pedes

Anda juga bisa mencoba usaha jualan lumpia, lumpia ini ternyata sangat banyak juga penggemarnya. Apalagi lumpia berbagai level tingkat kepedasannya. Bisa juga dengan menambah isi lumpia dengan bahan lain agar lebih menarik dimata konsumen.

5. Pentol Bakar

Bisnis Pentol Bakar

Tahun lalu pentor bakar ini banyak dicari oleh konsumen. Namun karena tidak ada inovasi lebih lanjut akhirnya sekarang pentol bakar ini biasa saja. Nah anda bisa mencoba mengembangkan usaha pentol bakar ini. Inovasinya seperti apa coba anda pikirkan seunik mungkin agar banyak peminatnya.

Tips Bisnis Kue Kekinian

Banyak orang yakin bahwa jika membuat kue yang paling enak dan indah kepada pelanggan akan menuai pujian dan akan terkenal hanya melalui kata-dari mulut ke mulut. Meskipun publisitas dari mulut ke mulut sangat penting untuk bisnis Anda, kebenarannya adalah bisnis kue Anda perlu dikembangkan.

Media sosial adalah alat yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Anda perlu mengetahui apa yang paling banyak disukai orang melalui komentar, retweet, berbagi, dll. Dan apa yang paling banyak diklik melalui situs webnya. Mau tahu ide bisnis melalui sosial media? Berikut adalah tipsnya.

1. Foto Kue

foto-bisnis-kue

Entah Anda mengembangkan resep baru dan terlihat bagus atau baru saja mengirim kue lain ke luar dengan pelanggan yang senang, bagikan foto-foto fantastis ini untuk menunjukkan betapa hebatnya kue Anda!

2. Testimonial

testimoni-bisnis-kue

Buatlah testimoni dengan berbagi foto kue. Testimoni dari orang mendukung daya tarik visual dari kue Anda. Dengan bukti sosial ini orang lain menjadi penasaran dengan kue Anda. Adanya testimoni juga membantu calon pelanggan untuk lebih yakin memilih kue Anda.

3. Beri Penawaran Khusus

diskon-bisnis-kue

Apakah Anda baru saja kembali dari pasar atau pameran dengan beberapa sisa kue tambahan? Selama masih segar dan indah, bagikan penawaran khusus untuk kue yang tersisa dengan ajakan untuk membelinya sekarang.

Bagikan penawaran apa pun yang berjalan dengan pembelian biasa, misalnya cupcakes gratis dengan kue khusus. Anda juga bisa mengirimkannya ke daftar email bisnis Anda!

4. Berbagi Wawasan tentang Kehidupan Memasak Anda

Berbagi wawasan tentang kehidupan memasak Anda akan membantu orang untuk melihat apa yang sebenarnya di balik kue. Membagikan hal ini membuat Anda lebih mudah berhubungan, membangun hubungan dan yang penting berpotensi membangun kepercayaan pelanggan.

5. Atur Jam Posting

jam-posting-bisnis-kue

Aturlah jam posting ke media sosial lokal Anda untuk di bagikan ke komunitas Anda, termasuk bisnis lain seperti tempat acara, perencana pesta, fotografer, dll yang bisa merekomendasikan Anda atau bekerja dengan Anda.

6. Bergabung dengan Komunitas

komuniti-bisnis-kue
Bergabunglah dengan beberapa komunitas bisnis UMKM kue. Anda akan bertemu dengan pembuat roti lain, mendapatkan tips yang baik tentang kue dan bahkan saran bisnis yang dapat membantu!

7. Foto Pengantin Pria dan Wanita

bisnis-kue-pengantin

Jika Anda bekerja di industri kue pengantin, menunjukkan foto kue dengan pengantin mereka – misalnya ketika kue dipotong – akan membantu calon pengantin lain dan calon pengantin pria untuk melihat kebahagiaan yang dibawa oleh kedua pasangan tersebut.

8. Konten Kata Kunci untuk Sosial Media

Saat menyematkan gambar ke sosial media seperti Pinterest, pastikan Anda mengisi deskripsi gambar dengan kata kunci yang Anda inginkan agar gambar dan akun Pinterest Anda muncul.

9. Hashtag yang Relevan untuk Instagram

promosi-bisnis-kue

Setiap kali Anda memposting foto ke Instagram, komentari foto dengan hashtag yang relevan. Hasthtag yang menarik dapat mencakup hal-hal seperti #instabake, #instayum, atau #baker untuk beberapa nama.

Jika Anda perlu bantuan untuk membuat satu merek dan tema yang kohesif untuk kue Anda di Instagram, atau lihat hashtag trending di situs allhastag.com.

10. Ceritakan Awal Anda Merintis Bisnis

bisnis-kue-murah

Jika Anda baru saja mencapai tahun keempat dari bisnis Anda atau sudah menekuni bisnis Anda dengan jalan yang tidak mudah, bagikan saja cerita Anda. Cerita Anda akan dianggap mengagumkan dan akan membuat Anda lebih ramah jika Anda juga mau berbagi keterampilan Anda, dan membangun hubungan dengan calon pelanggan.

11. Promosikan di Grup Facebook

bisnis-kue-facebook

Selain menjual secara tradisional Anda juga bisa menjualnya di grup Facebook. Ada baiknya jika Anda memahami Facebook Ads untuk lebih mempromosikan bisnis Anda.

12. Tautan ke Situs Web Anda

bisnis-kue-website

Media sosial Anda perlu mengirim orang ke situs web Anda di mana mereka dapat memesan dari Anda. Jadi pastikan Anda berbagi tautan ke situs web Anda yang menarik orang untuk meng-klik secara rutin.

Apakah 12 tips bisnis kue di atas membantu Anda? Tidak ada yang serba instan di dunia ini, semua butuh proses. Jadi dalam menekuni bisnis ini, Anda perlu sabar dan konsisten.

Keuntungan Bisnis Kue Kering / Basah

Bisnis kue ini banyak keuntungannya daripadi kerugian yang ditanggung. Lah ko bisa, silahkan baca beberapa keuntungan bisnis kue dibawah ini.

  1. Modal kecil
  2. Target Konsumen sangat luas
  3. Kue sangat gampang dibuat
  4. Dengan modal yang minim anda bisa meraup banyak keuntungan
  5. Bahan – bahan mudah didapat
  6. Alat – alat untuk membuat kue mudah didapat
  7. Banyak tutorial resep kue di internet yang bisa anda coba dan inovasi
  8. Memasarkan kue juga mudah ( baca tips diatas ) anda juga bisa membaca :

Bagaimana ingin memulai bisnis kue kering atau basah.

 

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar