Peluang Usaha Makanan

Peluang Usaha Makanan

Berikut ini berbagai peluang usaha makanan yang dapat Anda coba, mulai dari :

Usaha Makanan Ringan Serba 5000

Berikut ini berbagai usaha makanan ringan serba 5000 untuk menarik minat konsumen dan mendatangkan laba :

1. Cilok dan Cimol

Cilok dan Cimol - Usaha makanan ringan serba 5000
by cookpad.com

Salah satu makanan ringan yang bisa Anda jadikan sebuah usaha yang menguntungkan adalah usaha cilok dan cimol. Makanan asli Sunda ini terbuat dari tepung kanji dan divariasikan dengan cara digoreng lalu diberi perasa seperti rasa BBQ dan lainnya. Setelah itu, ditusuk dan dicelupkan dalam saus. Harga per porsinya, bisa Anda banderol Rp5.000,-.

2. Tahu Bulat

Tahu Bulat
by cookpad.com

Makanan lain yang bisa Anda jadikan bisnis adalah tahu bulat. Usaha makanan yang satu ini sedang ramai dibicarakan tahun lalu dan masih berlanjut tahun ini. Tahu bulat sendiri adalah tahu biasanya yang dibentuk bulat dan digoreng dalam minyak mendidih lalu diberi bumbu tertentu. Untuk rasa, tentu saja enak meski banderol harganya hanya 5000-an saja.

3. Cakwe

Penganan dari tepung yang satu ini juga bisa Anda jadikan ide bisnis yang menjanjikan. Cakwe memiliki bentuk yang panjang dan bisa dibelah pada bagian tengahnya sehingga untuk satu buah bisa dinikmati oleh dua orang. Untuk harga, tentu saja cukup terjangkau dan cara membuat makanan ini juga tak terlalu susah sehingga Anda bisa menirunya.

4. Kue Bantal Manis

Jajanan kekinian yang bisa Anda jadikan usaha makanan ringan serba 5000 adalah kue bantal manis. Makanan yang satu ini adalah makanan yang terbuat dari tepung yang dibentuk dan digoreng menyerupai bantal lalu diberi taburan gula bubuk. Rasanya yang manis menjadi daya tarik utama makanan yang satu ini sehingga banyak yang menyukainya.

5. Kue Basah

Ada beragam kue basah yang bisa Anda jadikan usaha makanan ringan yang menjanjikan seperti kue putu, putu ayu, dan masih banyak lagi. Jenis kue ini tentunya sangat menarik untuk dijual. Anda juga bisa menjadikannya snack box bila ada yang memesan. Meski hanya 5000 per box, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan karena modelnya juga tak banyak.

6. Soes

Ada banyak macam soes yang bisa Anda temukan sekarang. Mulai dari soes polos hingga yang ber-topping warna-warni dan dibuat dengan susu dan lainnya. Kue ini berisikan cream vanilla yang juga kadang diganti dengan beragam varian rasa cream lain. Bisnis yang satu ini tentunya sangat menjanjikan meski sekalipun Anda menjualnya dengan harga murah.

7. Risoles

Risoles juga bisa Anda jadikan ide usaha yang menjanjikan. Ada banyak isian risoles yang bisa Anda pilih. Bisa sayur, ayam hingga daging. Menyantap ini tatkala lapar mendera di jam nanggung, tentunya sangat membantu. Anda bisa menjualnya dalam bentuk snack box yang dibanderol 5000 rupiah per box atau satuan dengan harga yang lebih murah, ya!.

8. Lemper

Jajanan tradisional yang satu ini juga bisa dijadikan ide usaha makanan ringan serba 5000 yang menguntungkan. Pasalnya, kue yang berisikan nasi yang dipadatkan lalu diisi daging ini adalah favorit banyak orang. Anda bisa menjualnya dalam bentuk snack box dan dipadukan dengan beberapa kue lainnya dan mendapatkan untung yang lumayan dari itu.

9. Nasi Uduk

Meski sebenarnya nasi termasuk dalam makanan berat, namun bila Anda hanya mengonsumsinya dalam jumlah sedikit atau kecil, itu bisa dihitung sebagai pengganjal juga, ya! Nah, biasanya, nasi uduk akan dimakan pada waktu sarapan untuk memberi tenaga yang cukup. Aroma pandannya yang khas dan cita rasanya yang gurih adalah daya tarik dari ini.

10. Nasi Kuning

Sama halnya dengan nasi uduk, nasi kuning biasanya disantap saat sarapan sebagai pengganjal perut dan untuk memberi tenaga yang cukup ketika bekerja. Nasi kuning ini memiliki ciri yang khas dengan aroma yang khas juga. Itu sebabnya nasi kuning ini adalah ide usaha makanan ringan serba 5000 yang sangat menguntungkan bila Anda mau coba.

11. Nasi Goreng

Masih dari makanan nasi, kali ini ada nasi goreng. Pada umumnya, Anda bisa dengan mudah menemukan pedagang nasi goreng di pinggir jalan. Potensi nasi goreng ini memang cukup besar untuk bisnis terlebih kebanyakan orang Indonesia menyukainya. Anda bisa menjual dengan harga murah dan mendapat untung yang lumayan dari menjual nasi goreng ini.

12. Nasi Gila

Bukan nasi yang bisa membuat pemakannya menjadi gila, ya! Nasi gila sendiri hanya sebutan untuk nasi yang diolah dengan campuran telur orak-arik dan disajikan dengan beberapa lauk lainnya seperti sosil, ati ampela dan lainnya. Untuk harga, tergantung lauk yang Anda buat. Anda bisa memulai menjual nasi gila ini dengan harga 5000 per porsinya.

13. Bakpao Buah

Pindah ke makanan kekinian, Anda bisa menemukan bakpao buah yang sebenarnya adalah bakpao biasanya namun memiliki bentuk yang sangat mirip dengan buah. Isi dari bakpao ini sama saja seperti bakpao pada umumnya. Biasanya, bila Anda menemukan bakpao ini di penjual, mereka akan menjual dalam bentuk box. Anda bisa menjualnya dalam bentuk sama.

14. Belalang Goreng

Siapa yang suka makanan ekstrem? Kalau Anda adalah termasuk salah satunya, cobalah untuk memakan belalang goreng atau menjual belalang goreng. Makanan yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di wilayah Wonosari, Yogyakarta. Harganya juga cukup terjangkau. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai bumbu dasar seperti cabe dan lainnya.

15. Wagashi

Bagi pecinta makanan Jepang, nama wagashi pastinya tak akan mudah dilupakan. Makanan ini adalah camilan yang mirip dengan permen dan memiliki rasa yang manis. Biasanya, makanan ini disajikan bersama teh hangat di saat santai. Nah, Anda bisa membuatnya dan menjualnya dengan harga terjangkau. Dijamin, akan banyak yang suka.

16. Cokelat Dodol

Cokelat dodol, seperti namanya memang perpaduan dari dua jenis makanan tersebut. Makanan ini cukup enak dan banyak penggemarnya sehingga bila Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, pastinya sangat menguntungkan. Tak usah dijual dengan harga mahal, cukup dengan 5000 saja sudah cukup. Untuk ukuran, buat saja yang ukurannya kecil.

17. Rempeyek Jangkrik

Kembali ke menu ekstrem, cobalah untuk membuat usaha makanan ringan serba 5000 dengan menu rempeyek jangkrik. Meski terdengar tak lazim, di beberapa tempat rempeyek ini bisa dengan mudah ditemukan dan sangat laris, lo! Oleh sebab itu, Anda bisa memulai usaha yang satu ini dan mendapat keuntungan yang lumayan.

18. Semangka Goreng

Kalau buah pisang digoreng itu adalah hal yang biasa. Bagaimana dengan semangka goreng? Terdengar tak lazim, kan? Namun itu benar ada, kok! Ini malah menjadi salah satu camilan yang banyak dicari orang. Anda membutuhkan campuran tepung terigu, maizena, putih telur dan beberapa bahan lain untuk membuatnya menjadi camilan yang enak dan laris, ya!.

19. Rambut Nenek

Rambut nenek lebih dikenal dengan nama arum manis. Makanan ringan yang satu ini jelas sudah tak asing lagi di telinga Anda, kan? Camilan ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu, gula pasir dan minyak goreng. Meski sudah berusia tua, camilan yang satu ini tetap banyak sekali penggemarnya dan Anda bisa memanfaatkan itu untuk memulai usaha.

20. Dadar Gulung Cokelat

Dadar gulung warna hijau sudah biasa, cobalah dadar gulung cokelat. Dadar gulung yang berwarna cokelat dan diisi dengan cokelat ini pastinya bisa menarik perhatian pelanggan Anda. Untuk membuat kulitnya, gunakan cara biasa. Tambahkan pewarna cokelat dan cokelat asli saja di dalamnya. Anda bisa menjualnya dalam snack box dengan harga mulai 5000-an.

21. Black Burger

Jika burger biasa berwarna kuning, kali ini Anda bisa menemukan burger dengan warna hitam pekat. Isiannya, sama saja dengan burger warna kuning yakni keju, selada, beef, kentang, telur dan lainnya. Harganya bisa Anda variasikan tergantung dari lapisan dan isi burger tersebut. Anda bisa menjualnya dengan mudah kalau dibanderol dengan harga murah.

22. Brownies Beku Stik

Jika biasanya brownis bertekstur lembut, kali ini Anda bisa membuat brownis dengan bentuk yang berbeda. Beku dan dipasangi stik. Camilan yang satu ini sedang tren belakangan ini dan Anda bisa menjadikannya ide usaha makanan ringan serba 5000. Cukup buat brownis seperti biasa lalu bekukan dalam freezer dan jangan lupa ditusuk.

23. Dadih

Dadih adalah yoghurt yang berasal dari fermentasi susu kerbau. Makanan ringan yang satu ini memang kurang populer bila dibandingkan dengan yoghurt dari fermentasi susu sapi. Namun, percayalah. Anda bisa menjadikan ini ide usaha yang menarik bila Anda kreatif. Salah satunya dengan cara menambahkan topping buah dan lainnya sebagai penariknya.

24. Banana Chocolate Stik

Tak hanya brownis saja yang bisa Anda jadikan camilan beku yang enak, Anda juga bisa menjadikan pisang seperti demikian. Namanya adalah Banana Chocolate Stick. Makanan yang satu ini untuk membuatnya tidak perlu modal banyak. Untuk menarik minat pelanggan, Anda bisa menambahkan berbagai topping menarik seperti mesis seres, kacang dan lainnya.

25. Oreo Goreng

Siapa bilang oreo hanya bisa diputar, dijilat dan dicelupin? Anda salah. Sekarang, ada jajanan kekinian yakni oreo goreng. Untuk mengolahnya, sebelumnya oreo harus dimasukkan dalam lemari es lebih dulu lalu ditambahkan gula dan telur serta dimasukkan susu cair sebelum digoreng. Rasanya dijamin enak dan akan banyak pembeli yang menyukainya.

26. Minuman Pencuci Piring

Ini tak seperti yang Anda pikirkan. Meski bentuk dan kemasannya sama dengan sabun pencuci piring yang biasa Anda temui, namun isi dari kemasan tersebut sebenarnya hanyalah jus buah. Kemasannya yang unik ini menjadi daya tarik dan Anda bisa menjadikannya sebagai usaha makanan ringan serba 5000 yang tentunya menjanjikan.

27. Bakso Ayam

Bila bakso sapi tak memungkinkan untuk dijual dengan harga 5000-an, maka beralihlah ke jenis daging lain yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya adalah daging ayam. Daging ayam yang murah bisa jadi alternatif untuk membuat menu bakso yang menarik dan dijamin banyak yang menyukainya. Anda bisa buatnya secara manual ataupun memakai mesin, ya!

28. Tekwan

Bila Anda adalah orang Palembang, cobalah buka usaha makanan ringan serba 5000 dengan menu tekwan. Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung sagu dan ikan yang dibuat sedemikian rupa dan berkuah. Makanan ini sangat enak dan bisa dijadikan pengganjal perut yang efektif di saat waktu kejepit lapar, lo!

29. Model Tahu

Model tahu juga merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang bisa Anda coba jadikan ide bisnis dengan harga penjualan cukup dengan 5000 rupiah per porsi. Sama dengan tekwan, makanan ini juga dibuat dari olahan tepung sagu dan ikan. Namun bedanya, bentuk makanan tersebut. Model tahu memiliki isian berupa tahu putih yang sudah digoreng atau direbus.

30. Model Telur

Lain lagi dengan model telur. Makanan yang sama-sama berasal dari Palembang ini masih satu rumpun dalam resepnya. Hal yang membedakannya adalah isiannya. Untuk model telur yang juga disajikan dalam kuah yang nikmat, tentu saja isiannya adalah telur. Harga per porsinya hanya 5000 rupiah saja dan rasanya dijamin enak dan juga mengenyangkan.

31. Pempek Kapal Selam

Kebanyakan pempek di Palembang dibentuk dengan ukuran kecil dan hanya cukup satu hingga dua kali gigit saja. Namun, berbeda dengan pempek kapal selam. Untuk menghabiskannya, Anda membutuhkan waktu lama karena ukurannya yang besar. Jangan salah, harga satu pempek kapal selam di kota aslinya hanya sekitar 5000-an saja per buah.

32. Angkringan

Bagi Anda yang berasal dari Yogya, mungkin akan sangat mengenal tempat yang satu ini. Angkringan memang tempat makan serba murah yang sangat pas untuk kantong siapa saja. Nah, Anda juga bisa usaha makanan ringan serba 5000 dengan bisnis angkringan ini. Anda bisa menjual berbagai makanan di sini seperti sate usus, sate hati dan lainnya.

33. Gorengan

Siapa bilang bisnis gorengan ini adalah bisnis murahan? Tidak juga. Anda tetap bisa mendapat keuntungan dari bisnis gorengan ini. Namun, jangan hanya satu gorengan saja yang Anda sediakan. Berbagai gorengan seperti gorengan tahu, gorengan tempe, bakwan dan lainnyalah yang harus Anda sediakan sehingga orang bisa dengan mudah memilihnya.

34. Bubur Ayam

Kalau Anda suka makan bubur, maka membuka bisnis bubur ayam bisa jadi pilihan terbaik. Bubur ayam juga bisa diterima siapa saja baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Untuk memulainya, Anda juga tak butuh modal banyak dan keuntungan yang bisa Anda dapat dari usaha makanan ringan serba 5000 ini juga cukup lumayan, kok!

35. Gado-Gado

Gado-gado adalah salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan dan bisa mendatangkan untung yang lumayan, lo! Sebab, makanan ini tergolong sehat dan harganya juga murah. Anda bisa menjualnya dnegan harga 5000-an saja dan tetap bisa mendapat untung dari itu. Apalagi, sebenarnya modal yang dibutuhkan untuk gado-gado ini juga tak terlalu banyak.

36. Karedok

Sama halnya dengan gado-gado, karedok juga merupakan salah satu makanan sehat yang terbuat dari sayuran dan disiram dengan kuah kacang yang enak. Untuk memulai usaha makanan ringan serba 5000 yang satu ini juga tak terlalu susah karena modal yang dibutuhkan tak banyak. Sama halnya dengan gado-gado, usaha ini juga jelas menjanjikan.

37. Keripik

Berbagai olahan keripik juga bisa Anda ambil idenya untuk dijual. Keripik yang bisa Anda jual ada banyak. Mulai dari keripik singkong, keripik kentang dan masih banyak lagi. Anda bisa membuatnya dalam kemasan yang sedang bila dijual dengan harga 5000-an. Sedangkan bila ingin harga dijual dengan harga yang lebih murah, tentu saja kemasan lebih kecil.

38. Jagung Bakar

Jualan jagung bakar juga bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan untuk camilan. Terlebih, bila Anda menjualnya di saat malam tahun baru atau di pasar malam. Harga jagung biasanya cukup terjangkau dan Anda bisa menjual satu buah jagung bakar dengan harga 5000-an saja. Dijamin, Anda akan mendapat untung yang lumayan bila berjualan jagung bakar ini.

39. Jagung Rebus

Selain jagung bakar, Anda juga bisa menjual jagung rebus. Sama seperti jagung bakar, modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini tidak terlalu besar dan Anda tetap bisa mendapat untung yang lumayan. Apalagi, cara mengolah jagung dengan cara ini lebih mudah bila dibandingkan di bakar. Bahan yang dibutuhkan pun juga lebih sedikit.

40. Pisang Ijo

Pisang ijo adalah sajian kuliner asal Makassar yang bisa Anda temukan dengan mudah di banyak kota saat ini. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan ide usaha makanan ringan serba 5000 yang menjanjikan. Minuman segar yang satu ini bisa jadi sajian yang sangat enak dan menguntungkan karena ada banyak orang yang menyukainya.

41. Roti Unyil

Selain itu, Anda juga bisa memulai usaha roti unyil yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan. Roti unyil sendiri pertama kali dikenal di wilayah Bogor dan sampai sekarang sudah bisa ditemukan di banyak tempat. Roti yang satu ini juga banyak penikmatinya sehingga sangat besar kemungkinan bisnis Anda akan maju bila berjualan roti unyil ini.

42. Qtela

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan makanan murah di sekitar Anda seperti singkong. Anda bisa membuatnya menjadi qtela yang merupakan olahan singkong yang sudah direbus lalu digoreng lagi dan diberikan bumbu tertentu. Rasanya yang enak membuat usaha makanan ringan serba 5000 laris manis dan banyak diburu orang dari segala usia.

43. Es Teler

Es teler memang jadi kuliner favorit banyak orang sejak dulu. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda memulai bisnis yang satu ini untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi usaha makanan ringan serba 5000 yang satu ini juga tak butuh modal yang terlalu banyak untuk membuatnya dan makanan ini juga disukai banyak orang.

44. Spesial Sambal

Bagi Anda yang pintar memasak, membuat beragam jenis sambal untuk teman makan dan teman makan makanan ringan juga bisa dilakukan. Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan terlebih bila Anda bisa membuat berbagai jenis sambal dari berbagai daerah di Indonesia. Jual secara daring dan Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

44. Seblak

Seblak adalah makanan berkuah dengan cita rasa pedas yang menggugah selera. Makanan yang satu ini memang belum lama populer di Indonesia. Namun, Anda bisa memulai bisnis dengan menjual seblak. Cara membuatnya juga tak susah dan bahan-bahan yang diperlukan juga tak begitu sulit didapat. Untuk keuntungan yang bisa didapatpun cukup lumayan, kok!

45. Miswan

Bagi orang Jambi, atau lebih tepatnya salah satu provinsi yang ada di Jambi, pasti sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Mie dengan tambahan bihun, tahu, telur dan berbagai sayuran ini jelas sangat menggoda. Makanan yang satu ini masih jarang dijual di tempat lain sehingga Anda bisa menjadikannya bisnis yang lumayan menjanjikan.

Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Berikut ini beberapa ide usaha makanan ringan serba 2000 yang dapat Anda coba di rumah :

1. Kerupuk Seblak

Kerupuk Seblak

Salah satu bisnis makanan ringan yang bisa Anda jual dengan harga murah adalah kerupuk seblak. Cara pengolahannya tak sulit. Anda bisa langsung menggoreng dan membumbuinya saja lalu dijual. Keripik seblak ini tentu sangat menguntungkan karena rasanya yang pedas dan enak membuat orang menyukainya. Apalagi, untuk mereka yang suka rasa pedas, ya!

Jika biasanya seblak terbuat dari kerupuk dan aneka macam bahan makanan lainnya yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu pedas, maka beda halnya dengan kerupuk seblak berikut ini. Kerupuk seblak tidak perlu direndam terlbih dahulu di dalam air, namun bisa langsung digoreng dan dibumbui setelah kerupuknya matang.

Menjual keripik seblak ini akan sangat menguntungkan. Sebab rasanya yang pedas akan sangat banyak disukai oleh penikmat kuliner yang doyan dengan segala sesuatu yang memiliki cita rasa pedas. Anda dapat mencobanya di rumah, dengan kemasan kecil bisa dijual seharga Rp. 2000 saja. Murah meriah dan menguntungkan sekali.

Menggoreng kerupuk seblak ini jangan sampai gosong sebab rasanya akan menjadi pahit dan tidak enak, sebentar saja sampai warnanya menjadi cantik dan kerupuk menjadi mekar.

2. Basreng

cara unlock bootloader redmi note 3 pro tanpa sms

Anda tahu basreng? Basreng adalah singkatan dari bakso goreng. Merupakan salah satu camilan yang memiliki banyak sekali penggemar. Camilan yang satu ini meskipun bakso, namun cara menikmatinya tidak ribet. Tidak perlu menggunakan kuah dan sambal, mengkonsumsi basreng cukup dengan tusuk bakso saja, sebab basreng sudah dicampur dengan bumbu pedas.

Anda bisa menjual camilan ini dengan menggunakan plastik perempatan, ukuran bakso jangan dibuat terlalu besar sebab harga dari basreng ini hanya Rp. 2000 saja. Basreng ini akan menjadi favorit anak-anak untuk menemani mereka bermain-main. Anda bisa manambahkan aneka varian bumbu lainnya. Tidak harus melulu pedas saja. Bisa keju, ayam dan lain sebagainya.

3. Keripik Singkong

Keripik Singkong

Keripik merupakan jajanan yang tidak asing lagi, hampir semua orang di Indonesia mengetahui dan paham apa itu keripik, bahkan kebanyakan dari mereka juga suka dan menjadikan keripik sebagai camilan peneman aktivitas sehari-hari. Misalnya nonton tv, bersantai dan lain sebagainya.

Usaha jualan keripik singkong ini adalah usaha yang menarik untuk dicoba, di Bandung sendiri ada pemuda yang berjualan keripik pedas dan hasilnya keripik tersebut sangat disukai oleh masyarakat. Anda bisa membuat keripik singkong dengan kemasan yang kecil-kecil. Selanjutnya bumbu taburnya bisa disesuaikan dengan varian yang Anda minati.

Dengan pemasaran yang baik, maka Anda bisa memperoleh banyak sekali pembeli. Potongan singkong Anda jangan dibuat terlalu tebal, sebab akan menjadi keras dan alot, buatlah tipis-tipis agar renyah ketika di kunyah. Selamat mencoba usaha makanan ringan serba 2000 ini.

4. Kuaci

Siapa tidak tahu kuaci? Banyak sekali orang yang menjadikan kuaci sebagai teman bersantai mereka, bukan hanya teman bersantai namun juga teman mengobrol di kala senggang. Sambil mata memperhatikan hal yang lain, tangan otomatis mengupas kulit kuaci. Makan kuaci sebanyak apapun juga tidak akan menjadikan perut kenyang apalagi badan yang gendut.

Usaha berjualan kuaci ini bisa dicoba. Anda bisa bekerja sama dengan petani kuaci, kemudian membuat kemasan kuaci yang menarik. Kuaci terkenal memiliki harga yang murah meriah, oleh karena itu banyak sekali yang menjadikan kuaci sebagai cemilan.

5. Makaroni

Makaroni

Makaroni ini juga sangat terkenal, banyak sekali orang yang menjadikan makaroni sebagai kawan nyemil di dalam kondisi apapun. Yang menjadi kunci dari kesuksesan makaroni adalah bumbu tabur yang digunakan. Anda bisa mengkombinasikan aneka bumbu tabur sebagai varian rasa dari makaroni. Bisa keju, bbq, ayam panggang dan lain sebagainya. Buatlah kemasan makaroni semenarik mungkin agar lebih diliirik oleh orang lain. Makaroni ini tidak akan rugi kalau dijual 2000-an saja.

6. Mi Lidi

Bagi yang kelahiran tahun 1990-an, tentunya akrab dengan makanan yang satu ini. Meski sekarang sudah susah ditemukan, Anda bisa memulai usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu mi lidi ini. Dipastikan, akan banyak yang mencari makanan satu ini terlebih yang kelahiran 90-an. Sebab, mereka bisa bernostalgia dengan makanan unik yang satu ini.

7. Siomai Kering

Ternyata, bukan hanya seblak dan bakso saja yang bisa dijadikan makanan ringan dan dijual dalam bentuk kering. Siomay juga bisa. Makanan yang satu ini bisa digoreng dan dimasukkan dalam kemasan lalu dijual dengan harga 2000 per bungkus. Modal yang harus dikeluarkan juga tak terlalu besar dan Anda tetap bisa untung dengan menjual siomay ini.

8. Gurilem

Snack yang satu ini umumnya memiliki rasa pedas. Kerupuk yang dengan warna putih dan berbentuk batang ini cukup mudah membuatnya. Cukup dengan campurkan tepung terigu dan garam dengan perbandingan tertentu lalu diadon dengan air. Setelah itu, tinggal cetak dan dijemur sampai kering sebelum digoreng. Tambahkan bumbu untuk menambah cita rasanya.

9. Kembang Goyang

Kue tradisional yang satu ini pasti banyak yang menyukainya. Biasanya, makanan ini ditemukan pada saat lebaran. Meski begitu, di luar lebaran pun Anda juga bisa menemukan makanan ringan yang satu ini. Rasanya gurih dan cukup enak. Kalau mau menjualnya, Anda juga bisa melakukannya. Cukup dengan 2000 per buah saja Anda sudah bisa untung, kok!

10. Kacang Polong

Kacang dengan warna hijau yang satu ini memang paling pas disantap sebagai camilan. Oleh sebab itu, makanan ini bisa dijadikan peluang usaha makanan ringan serba 2000. Kacang polong ini bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. Tinggal olah dan beri cita rasa, Anda bisa menjualnya dalam pak tertentu dan meraih keuntungan.

11. Stik Keju

Stik keju adalah makanan ringan yang kaya akan vitamin seperti vitamin A, B1, B6, B12, C, D, E dan K serta zat besi dan beberapa kandungan gizi lainnya. Cara membuatnya pun sederhana. Anda tetap bisa menjualnya dengan harga 2000 rupiah per bungkus meski menggunakan keju asli. Tentu saja, dengan porsi yang kecil.

12. Stik Talas

Talas adalah umbi yang sangat mudah ditemukan di sekitar rumah. Cara mengolahnya juga mudah. Anda hanya perlu memotong-motongnya dengan ukuran kecil atau berbentuk korek api. Goreng talas dalam minyak dan beri bumbu. Setelah jadi stik seperti ini, Anda bisa menjualnya dan mendapat untung. Tapi, pastikan talasnya dibersihkan dengan benar, ya!

13. Permen Cokelat Chaca

Makanan yang satu ini sangat populer baik di kalangan anak-anak maupun di kalangan orang dewasa. Rasanya yang manis dan berwarna menarik menjadi daya tarik orang membelinya. Anda juga bisa memulai bisnis yang satu ini dan jual dengan 2000 rupiah per bungkus. Hanya saja, perlu mesin khusus untuk membuat camilan yang satu ini agar bentuknya cantik.

14. Pisang Sale

Pisang sale atau disebut juga dengan rimpi adalah makanan ringan yang terkenal sebagai buah tangan. Namun, siapa sangka Anda bisa memanfaatkannya sebagai makanan ringan serba 2000. Anda cukup buat pisang sale ini dengan cara mengiris tipis pisang yang matang lalu dikeringkan dan dilumuri dengan margarin dan bumbu lainnya sebelum dijual.

15. Seblak Kering

Bukan hanya kerupuk seblak saja yang bisa Anda jual. Seblak kering juga. Jajanan khas Bandung ini sekarang bisa dengan mudah Anda temukan. Tak hanya memakai kerupuk, Anda juga bisa memanfaatkan mie untuk membuat seblak kering ini. Setelah itu, beri cita rasa yang berbeda sehingga seblak kering Anda unik dan banyak yang menyukainya.

16. Keripik Tempe

Usaha makanan ringan keriuk yang satu ini juga bisa Anda coba. Modal awalnya hanya 200 rupiah per papan tempe dan ditambah dengan minyak goreng dan bumbu dapur sederhana saja. Dalam satu papan tempe, Anda bisa menghasilkan keripik tempe yang banyak. Namun, saat menjualnya, pastikan Anda menyimpan keripik tempe dengan rapat agar tahan lama.

17. Keripik Tahu

Selain tempe, Anda juga bisa memulai dengan menjual keripik tahu. Bisnis rumahan yang satu ini sebenarnya juga cukup menjanjikan karena banyak orang yang menyukainya. Sama seperti halnya tempe, Anda hanya perlu memotong tahu dalam ukuran yang kecil dan digoreng memakai minyak panas yang banyak. Setelah itu, Anda bisa langsung menjualnya.

18. Keripik Pisang

Lalu, Anda juga bisa menjual keripik pisang. Keripik yang satu ini biasanya ditemukan sebagai makanan ringan tradisional yang enak. Anda bisa menambahkan berbagai cita rasa untuk keripik pisang yang Anda jual dengan harga yang cukup terjangkau. Dijamin, akan ada banyak orang yang akan menyukainya baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

18. Qtela

Qtela adalah sebutan makanan yang dibuat dari umbi ketela poton atau singkong yang dipotong kecil panjang seperti korek api lalu direbus dan digoreng. Setelah itu, diberi berbagai bumbu seperti bumbu BBQ atau ayam goreng dan lainnya. Makanan ini biasanya ditemukan di perempatan jalan atau di sekolah-sekolah karena yang menyukainya anak-anak.

19. Keripik Kentang

Meski untung yang bisa Anda dapat dari usaha makanan ringan serba 2000 keripik kentang ini tak sebanyak yang lainnya, Anda juga bisa mencobanya. Kenapa untungnya tak banyak? Tentu saja karena harga kentang yang cukup mahal. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat bungkusan kecil untuk keripik kentang Anda dan dijual ke pelanggan.

20. Keripik Sukun

Buah sukun biasanya terasa hambar dan kurang enak bila dimakan langsung atau hanya dijadikan gorengan saja. Namun, bila Anda menjadikannya sebagai keripik, rasanya cukup mantap. Tentu saja, Anda perlu memberi cita rasa tambahan agar keripik sukun buatan Anda laku. Selain itu, biasanya bahan baku sukunnya juga agak susah dicari karena musiman.

21. Keripik Bayam

Keripik dari sayuran ini juga cukup menjanjikan untuk sebuah usaha yang dimulai dengan modal awal kecil. Keripik bayam. Rasanya enak dan gurih serta renyah dan cocok dijadikan makanan pendamping di saat santai. Anda bisa membeli bahannya di pasar dengan harga murah dan menjual kembali dengan harga 2000 per bungkus dan tetap dapat untung lumayan.

22. Rempeyek Kacang

Saat sedang bicara makanan ringan, tentunya makanan yang satu ini tak bisa Anda lewatkan. Rempeyek kacang. Makanan yang satu ini biasanya disajikan di acara santai atau di meja makan sebagai tambahan lauk pauk. Harga jualnya cukup murah, biasanya sekitar 1000 hingga 2000 per buah. Tentunya, modalnya juga tak terlalu banyak, kok!

23. Rempeyek Teri

Selain rempeyek kacang, Anda juga bisa membuka usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu rempeyek teri. Makanan yang satu ini juga memiliki peluang usaha yang besar sama seperti halnya rempeyek kacang. Hanya saja, Anda harus mengeluarkan modal lebih besar dibanding rempeyek kacang karena harga teri yang memang lebih mahal dari kacang.

24. Rempeyek Rebon

Selain rempeyek kacang dan teri, Anda juga bisa coba menjual rempeyek rebon. Rempeyek rebon memang tak terlalu sering didengar karena kalah pamor dengan dua jenis rempeyek lainnya. Namun, meski begitu bukan berarti prospeknya suram, ya! Anda bisa menjual rempeyek rebon ini dengan harga 2000-an per buah dan dapat untung yang lumayan.

25. Kacang Bawang

Makanan ringan dengan bahan baku kacang yang satu ini sangat disukai penikmat camilan. Cara pembuatannya juga mudah dan Anda bisa meraih omset yang besar dengan memulai usaha yang satu ini meski harga jualnya juga murah. Makanan yang satu ini biasanya juga dijadikan teman makan di segala acara karena rasanya yang enak dan gurih.

26. Kacang Kulit Rebus

Kalau pergi ke pasar malam, biasanya pasti Anda akan menemukan orang yang menjual kacang kulit rebus. Harganya pun juga murah. Per porsi biasanya hanya dihargai 2000 rupiah saja. Nah, Anda bisa memulai usaha jualan kacang kulit rebus ini. Caranya juga mudah. Cukup rebus kacang kulit mentah saja dan tinggal jual. Tak ada langkah yang susah, kan?

27. Kacang Atom

Bagi Anda yang bisa membuat kacang atom, usaha yang satu ini juga bisa Anda mulai. Kacang atom juga dibuat dari bahan utama kacang tanah yang dibalut dengan tepung terigu yang sudah diberi berbagai bumbu. Tinggal goreng saja dan bungkus dengan ukuran kecil. Anda bisa menjualnya dengan harga 2000-an per kemasan dan untungnya juga lumayan.

28. Kacang Mete

Kacang mete juga merupakan salah satu camilan ringan yang bisa Anda coba dan jual dengan harga yang terjangkau. Anda bisa membelinya di pasar dan dimasak dengan cara digoreng. Setelah itu, tinggal bungkus sesuai ukuran yang diinginkan. Anda bisa menjualnya di perempatan jalan, di rumah atau di sekolah saja agar lebih cepat laku.

29. Kacang Telur

Sama seperti kacang atom, kacang telur juga merupakan jenis camilan yang bisa dimakan di saat apa saja dan terbuat dari bahan utama kacang yang dibalut dengan tepung terigu yang sudah diberi bumbu. Bedanya, kacang telur ini memiliki cita rasa manis. Sedangkan kacang atom pada umumnya adalah cita rasa asin dan gurih.

30. Usus Krispi

Di beberapa daerah, usus ayam bisa dijadikan sebagai lauk pauk tambahan yang enak. Nah, Anda bisa memanfaatkan usus ayam yang biasanya terbuang menjadi ide usaha makanan ringan serba 2000 unik dengan modal minim. Cukup bersihkan usus lalu rebus hingga setengah matang. Bumbui dengan bumbu dasar dan goreng lagi setelah itu siap dijual.

31. Tahu Goreng

Camilan yang satu ini adalah yang paling umum ditemui di Indonesia. Salah satu gorengan yang bisa Anda temukan adalah goreng tahu. Biasanya, harganya sangat terjangkau. Dengan 2000 rupiah, Anda bisa mendapat dua hingga empat buah goreng tahu. Itu sebanding dengan modal usahanya yang memang minim sekali namun sangat menghasilkan.

32. Tempe Goreng

Selain itu, Anda juga bisa memulai usaha goreng tempe. Sama halnya dengan goreng tahu, jenis gorengan yang satu ini banyak sekali penggemarnya. Selain karena harganya yang murah meriah, rasanya yang enak juga jadi alasan orang memilihnya. Untuk 2000 rupiah, Anda bisa mendapatkan goreng tempe sekitar 2 hingga 4 buah. Terjangkau sekali, kan?

33. Pisang Goreng

Masih dari menu gorengan, kali ini ada goreng pisang. Harga goreng pisang ini biasanya juga hanya sekitar 2000 rupiah untuk dua hingga empat buah. Ada banyak jenis pisang yang digunakan untuk goreng pisang ini. Pada umumnya adalah pisang kepok. Namun, Anda juga bisa menggunakan jenis pisang lain untuk dijadikan goreng pisang.

34. Goreng Bakwan

Anda juga bisa memulai usaha usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu goreng bakwan. Jenis gorengan yang satu ini juga banyak peminatnya karena rasanya pada umumnya memang sangat enak. Harganya yang murah juga menjadi daya tarik utama makanan ringan yang satu ini laku. Anda bisa mendapatkan dua hingga empat buah untuk 2000 rupiah.

35. Pisang Molen

Masih dari bahan dasar pisang, Anda bisa memulai usaha makanan ringan serba 2000 dengan membuka usaha pisang molen. Pisang molen cara pembuatannya mudah dan Anda tetap bisa untung lumayan meski harga jualan Anda terjangkau. Biasanya, pisang molen ini dijual di tempat yang sama dengan beberapa jenis gorengan di atas ditemukan.

36. Goreng Ubi

Masih dari keluarga goreng-gorengan, ubi goreng atau disebut juga goreng ubi seringkali ditemukan di tempat orang yang menjual gorengan. Makanan ringan yang satu ini juga pas digunakan untuk teman makan di segala acara. Harganya yang murah juga jadi daya tariknya. Anda yang usaha ini pun tetap akan untung meski harga jualnya cukup murah.

37. Pempek Bakar

Pempek bakar pada umumnya dijual dengan cara keliling ataupun di rumah. Bahan utama pembuatan pembuatan pempek bakar ini hanya tepung sagu, rebon dan sedikit bumbu dapur. Untuk membuatnya memang perlu keahlian khusus karena salah adonan, pempek tak akan jadi. Harga jualnya biasanya berkisar antara 1000 hingga 2000 rupiah per buah.

38. Pempek Adaan

Pempek adaan adalah pempek yang dibuat dengan campuran santan dan daun bawang serta ikan giling bersama tepung sagu di dalamnya. Rasa pempek ini sungguh gurih terlebih bila dipadukan dengan cuka asam pedas. Anda bisa membuka usaha usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu pempek adaan ini dan meraih untung yang lumayan.

39. Pempek Lenjer

Masih dari keluarga pempek, kali ini pempek lenjer. Pempek yang memiliki bentuk panjang ini biasanya dibanderol dengan harga 1000 rupiah per buah. Anda bisa membuka usaha makanan ringan serba 2000 dengan menu pempek lenjer ini karena biasanya menu ini laris manis. Apalagi, untuk cara membuat pempek yang satu ini tidak terlalu susah.

40. Pempek Telur

Jenis pempek lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu usaha makanan ringan serba 2000 adalah pempek telur. Bahan dari pempek telur ini sebenarnya sama saja dengan pempek lenjer. Hanya saja, di bagian tengah pempek ini ditambahkan telur yang sudah diorak-arik. Anda bisa menjualnya dengan harga 1000 rupiah per buah dan tetap untung.

41. Pempek Kulit

Beda lagi dengan jenis pempek yang satu ini. Pempek kulit pada umumnya dibuat dengan bahan dasar ikan laut yang sudah digiling sehingga warnanya agak hitam. Namun jangan salah, pempek ini bisa jadi menu usaha makanan ringan serba 2000 yang laris karena rasanya yang sangat gurih. Hanya saja, pempek ini cenderung lebih alot dari yang lainnya.

42. Cireng

Cireng adalah salah satu makanan khas Sunda yang bisa Anda buat dengan mudah dengan bahan dasar tepung kanji dan tepung tapioka. Makanan ini cukup terkenal dan pada umumnya bisa Anda temukan dengan mudah di penjaja makanan keliling. Untuk harga, biasanya makanan ini hanya dibanderol cukup murah, sekitar 2000an per porsinya.

43. Cimol

Sama halnya dengan cireng, cimol juga merupakan sebuah makanan ringan yang enak sekali disantap dengan tambahan bumbu seperti rasa BBQ dan lainnya. Cimol ini berasal dari Sunda, sama seperti cireng. Untuk bahan adonannya yang agak berbeda. Bila cireng dicampur dengan tepung tapioka, makanan ringan yang satu ini hanya tepung kanji saja.

44. Putu

Kue putu adalah salah satu jenis makanan tradisional berupa kue yang dibuat dengan tepung beras dengan butiran kasar dan di dalamnya ada isian berupa gula merah atau gula aren. Untuk menambah cita rasa, maka diberikanlah taburan kelapa parut di atasnya. Harga makanan yang satu ini juga cukup terjangkau, hanya 1000 hingga 2000 rupiah per buah.

45. Bakso Bakar

Bila biasanya bakso ditemukan dalam bentuk yang berkuah atau paling tidak digoreng, di beberapa tempat di Indonesia Anda akan mudah menemukan yang namanya bakso bakar. Seperti bakso pada umumnya, bakso ini berbentuk bulat namun disajikan seperti halnya satai dan ditambah saos tertentu. Harga makanan yang satu ini berkisar 2000an saja per buah.

Dari daftar diatas juga dapat Anda kemas dengan harga 500 – 10000 lho. Jadi tidak ada patokan harga pastinya, tergantung sekreatif apa Anda.

Usaha Makanan Ringan Unik

Berikut ini pilihan jenis makanan ringan unik dan menguntungkan :

1. Ceker Mercon

Contoh Usaha Makanan Ringan Unik ceker mercon
sumber : www.youtube.com

Banyak sekali inovasi dari contoh usaha makanan ringan unik, yang membuat Anda terkadang tidak terpikirkan lagi untuk membuatnya seperti ceker mercon ini.

2. Tahu Mercon

contoh usaha makanan ringan unik tahu mercon
sumber : www.youtube.com

Saat ini banyak sekali orang yang membuat menu makanan ekstrim dengan citarasa yang pedas, sebagai salah satu bagian dari usaha makanan ringan unik yang dapat memberikan keuntungan besar, terutama untuk Anda yang baru saja ingin memulai usaha.

3. Bakso Mercon

contoh usaha makanan ringan unik Bakso mercon

Rasa yang pedas pada kuahnya, membuat beberapa orang ketagihan untuk membeli terutama dengan rasa yang gurih dari baksonya,

4. Baso ACI

contoh usaha makanan ringan unik Baso aci
sumber : shopee.co.id

Pernah membuat beberapa orang penasaran dengan rasanya, hingga saat ini baso aci tidak pernah sepi dari pengunjung tempat makanan yang menyediakannya.

5. Rujak Cireng

contoh usaha makanan ringan unik Rujak cireng
sumber : www.elevenia.co.id

Anda bisa menemukan jajanan ini dimanapun tempat tinggal Anda, sebagai salah satu usaha makanan ringan serba 5000atau usaha makanan ringan serba 1000 dipinggir jalan, bahkan hingga saat ini penjual dari menu jajanan rujak cireng semakin meningkat.

6. Salad Buah

Sebuah menu salad memang identik sebagai salah satu menu khas dari negara bagian barat, akan tetapi menu jajanan ini tidak pernah sepi pengunjung yang menikmatinya di Indonesia.

7. Pecel Sayuran

Untuk Anda yang penasaran dengan rasanya, Anda dapat menemukan penjual pecel ini dengan mudah dimanapun, sebagai salah satu usaha yang bisa dititipkan di warung, sehingga tidak sulit ditemukan.

8. Piscok Meler

Membuat beberapa orang semakin penasaran dengan rasa serta bentuknya, piscok meler hingga saat ini selalu menjadi jajanan paling favorit di kalangan masyarakat.

9. Pisang Keju

Biasanya para penjual akan menjajakan makanan ini sebagai usaha makanan ringan serba 2000 yang memiliki keunikan tersendiri.

10. Roti Bakar

Saat ini menu roti bakar memiliki pamor yang meningkat, seiring dengan banyaknya cafe baru yang berdiri untuk menjual menu makanan ini sebagai potensi usaha yang menguntungkan.

11. Singkong Thailand

Menjadi makanan yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, membuat Anda yang ingin menjualnya akan memiliki keuntungan yang besar.

12. Stik Coklat Pisang

Dibentuk seperti es krim, menu jajanan ini tidak pernah sepi dari pelanggan khususnya anak-anak yang memang hobi untuk jajan.

13. Churros

Makanan khas dari negara Spanyol ini, memiliki rasa manis yang pas sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang Indonesia, sebagai menu jajanan yang menguntungkan.

14. Martabak Aneka Rasa

Saat ini sajian martabak tidak hanya berpatokan pada beberapa rasa saja, dimana aneka ragam rasa dapat ditemukan pada olahan martabak.

15. Rainbow Cake

Menjadi olahan kue yang terkenal, serta dengan resepnya yang mudah akan memberikan Anda peluang usaha yang sangat menguntungkan.

16. Singkong Keju

Olahan singkong sebagai makanan khas Indonesia, tidak hanya berpatokan dengan rasnaya yang gurih dimana saat ini Anda dapat memberikan sentuhan kekinian, dengan menambahkan keju, meses, dan susu.

17. Takoyaki

Berasal dari negara Jepang tentunya takoyaki tidak pernah sepi dari peminat yang membeli, sehingga membuat Anda memiliki potensi berjualan yang besar.

18. Chicken Katsu

Meski di negara asalnya makanan ini terkenal sebagai menu berat, di Indonesia chicken katsu yang dijual sering dijadikan sebagai makanan ringan.

19. Seblak Basah

Sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat Indonesia untuk mencoba olahan ini, dengan rasa kuah yang gurih serta lembutnya kerupuk ketika dimakan.

20. Siomay

Saat ini menu siomay tidak pernah luput dari santapan masyarakat Indonesia, yang sudah familiar dengan kenikmatan rasanya.

Usaha Makanan Ringan Kriuk

Berikut ini pilihan untuk berjualan makanan kriuk denganmodal kecil :

1. Jamur Krispy

usaha makanan ringan kriuk Jamur krispy
sumber : www.youtube.com

Tidak pernah ada yang menyangka jika jamur crispy saat ini merupakan salah satu usaha makanan ringan unik. Dengan memberikan beberapa sentuhan unik pada makanan ini, Anda bisa menemukan keuntungan yang sangat besar dengan berjualan jamur crispy.

2. Stik Kentang Kering

usaha makanan ringan Stik kentang kering
sumber : www.youtube.com

memang sudah ada banyak orang yang mampu untuk menjual menu makanan ringan ini, akan tetapi ada beberapa cara untuk membuat makanan Anda laris, tentunya dengan menambahkan varian rasa baru.

3. Siomay Kering

sumber : www.youtube.com

Selain mampu untuk menjadi salah satu contoh usaha makanan ringan unik, ternyata jamur crispy juga merupakan salah satu jajanan kriuk yang menyehatkan.

4. Keripik Pisang

sumber : tokopedia.com

Banyaknya nutrisi yang diberikan dari menu makanan ini, membuat Anda yang masih bingung untuk melakukan inovasi, mungkin Anda dapat memberikan sesuatu yang baru pada ragam pilihan rasa yang diberikan oleh Anda.

5. Ceker Kriuk

sumber : www.youtube.com

Tidak heran lagi jika menu ceker memang menjadi pilihan terbaik dari makanan ringan khas Indonesia, sehingga membuat beberapa orang rela untuk mencobanya karena penasaran.

6. Rujak Cireng

Banyak peluang Anda untuk membuka usaha makanan yang bisa dititipkan di warung, dengan bermodalkan uang yang kecil ketika mengolah rujak cireng, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menjualnya di warung.

7. Rempeyek Udang

Dengan menjadi salah satu jenis usaha makanan ringan yang sering dijual di warung, menjadi usaha makanan ringan serba 1000rupiah ini, Anda sudah bisa merasakan kenikmatan dari rempeyek udang ini yang sangat gurih serta kriuk dimulut.

8. Aneka gorengan

Selain dengan harga satuan yang murah, biasanya Anda juga bisa mendapatkan aneka gorengan yang dijual dengan harga yang murah, sebagai ikon jajanan khas Indonesia.

9. Keripik Pisang

Biasanya para penjual rempeyek udang akan membuat usaha makanan ringan serba 2000, sehingga ketika Anda membelinya akan mendapatkan beberapa potong rempeyek, yang sudah dibungkus dengan plastik sehingga Anda dapat menikmatinya.

10. Kerupuk Kemplang

Sebagai salah satu jenis kerupuk khas dari Sumatera Selatan ini, yang memiliki banyak peminat hampir dari seluruh bagian Indonesia, biasanya penjual kerupuk kemplang akan menjual makanan ini sebagai usaha makanan ringan serba 5000, dengan rasa yang nikmat serta gurih.

11. Jamur Krispy

Jajanan ini tidak pernah terdengar asing dengan banyaknya penggemar, yang saat ini sering membeli jamur krispy dengan beragam pilihan rasa.

12. Kulit Ayam Krispy

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini kulit ayam lebih digemari dibandingkan dagingnya, hal ini terjadi karena olahan kulit ayam krispy mampu memberikan rasa yang lebih gurih ketika dimakan.

13. Kerupuk Warna Warni

Tentunya kerupuk yang sering dijadikan sebagai bahan seblak ini, memiliki rasa yang nikmat ketika Anda mampu mengolahnya dengan baik sehingga rasanya menjadi gurih.

14. Kuaci

Jajanan kriuk memang paling banyak diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah kuaci dengan rasa yang gurih ketika dimakan.

15. Kacang Polong

Memang kacang polong terkenal dengan kelembutannya ketika dimasak dengan sayur, meskipun Anda juga dapat membuatnya menjadi kriuk ketika digoreng dengan rasa yang gurih.

16. Tahu Kremes

Olahan tahu pada masakan sudah biasa, tetapi olahan tahu yang digoreng kering bahkan kriuk ini memiliki rasa yang khas ketika dimakan.

17. Batagor

Tidak ada yang menyangkal jika olahan batagor selalu laris manis untuk dijual, rasanya yang gurih serta kriuk disertai dengan bumbu kacang akan membuatnya laris.

18. Oreo Goreng

Tidak hanya dapat dibuat menjadi olahan makanan manis yang lembut, atau disajikan dengan minuman saja. Anda bisa mengolah oreo dengan digoreng menggunakan kulit pelapis, sehingga menjadi kriuk ketika dimakan.

19. Risol Kriuk

Olahan risol tidak hanya memiliki ciri khas yang lembut, saat ini Anda bisa membuat olahan risol yang kriuk dengan mengganti bahan pasa kulitnya.

20. Onion Ring

Makanan kriuk khas dari negara bagian barat ini, membuat beberapa orang penasaran untuk mencobanya sehingga laris dipasaran dengan rasanya yang gurih dan nikmat.

Sudah dapat ide usaha ! sudah saatnya menyusun proposal usaha Anda, berikut ini beberapa contoh kata pengatar proposal usaha.