Bisnis

Bisnis

Berikut ini penjelasan tentang bisnis, mulai dari :

Apa Itu Bisnis?

Bisnis adalah usaha perorangan maupun organisasi untuk mendapatkan untung.

Pengertian bisnis menurut Wikipedia, Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Pengertian bisnis menurut para ahli :

  • Menurut Peterson, bisnis adalah merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa secara konsisten.
  • Menurut Prof.L.R.Dicksee, bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
  • Menurut Hooper, bisnis adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.
  • Menurut Urwick dan hunt, bisnis adalah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan, ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.
  • Menurut Prof. Owen, bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.

Tujuan Bisnis

Tujuan utama dari bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, Selain itu tujuan bisnis lainnya adalah :

  1. Produksi atau pengadaan barang sesuai permintaan masyarakat.
  2. Menciptakan lapangan kerja.
  3. Meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  4. Menunjukkan prestise dan prestasi.

Fungsi Bisnis

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dari bisnis :

  1. Form Utility.
  2. Place Utility.
  3. Possessive Utility.
  4. Time Utility.

Jenis Bisnis

Berikut ini jenis atau klasifikasi bisnis :

  1. Bisnis Agraris.
  2. Bisnis Ekstraktif.
  3. Bisnis Industri.
  4. Bisnis Jasa.
  5. Bisnis Manufaktur.
  6. Bisnis Konstruksi.
  7. Bisnis Perdagangan.
  8. Bisnis Transportasi.

Elemen Bisnis

Berikut ini elemen bisnis, terdiri dari :

  1. Modal.
  2. Bahan.
  3. Sumber Daya Manusia.
  4. Ketrampilan.

Kepemilikan Bisnis

Beradasarkan kempilikan bisnis dibagi menjadi :

  1. Perusahaan perseorangan. Artinya kepemilikannya dipegang oleh satu orang.
  2. Persekutuan. Artinya bentuk bisnis di mana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.
  3. Perseroan. Artinya kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur.
  4. Koperasi. Artinya bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Hambatan Dalam Bisnis

Berikut ini hambatan – hambatan dalam bisnis :

  1. Kendala modal.Yang pertama merupakan hambatan yang dinilai klasik,yaitu kendaladalam modal yang memang untuk sebuah bisnis modal ibarat air yang diperlukan ikan di kolam. Biasnya banyak pebisnis yang justru malahan gulung tikar karena sulitnya mendapatkan suplai modal, dan kekurangan modal. Memang ada beberapa jenis bisnis yang tidak memerlukan banyak modal, atau tanpa modal sama sekali. Namun bagi Anda seorang wirausahawan, memang untuk modal merupakan hal yang perlu untuk dipikirkan dan dipersiapkan secara matang.
  2. Bisnis hanya mengekor orang lain. Memang untuk bisnis dengan peluang usaha yang baik itu, merupakan salah satu jenis bisnis yang sedang trend saat ini. Akan tetapi, jika Anda hanya mengekor kepada trend atau orang lain, sehingga tidak memiliki identitas dalam berbisnis. Hal ini hanya bisa mendatangkan keuntungan yang sebentar saja, akan tetapi jika trend tersebut sudah pudar, bisnis Anda pun akan redup.
  3. Mudah menyerah. Memang untuk memulai sebuah bisnis memerlukan sebuah keuletan dan kegigihan, karena ketika bisnis baru dijalani, maka hal ini tidak sera merta bahwa bisnis Anda akan berjalan dan berkembang langsung pesat, akan tetapi memerlukan banyak hal yang mana Anda dituntut agar tidak mudah menyerah untuk menjalankannya. Maka mudah menyerah inilah yang justru menjadi kendala dalam Anda melakukan bisnis.
  4. Salah perhitungan biaya operasional di awal. Yang selanjutnya adalah faktor kesalahan dalam perhitungan biaya operasional di awal. Biasanya untuk pebisnis yang baru mulai menjalankan usaha, banyak yang mengalokasikan modalnya untuk lebih banyak cenderung memenuhi perlengkapan operasionalnya. Memang ini merupakan hal yang perlu, akan tetapi, jika hal ini salah perhitungan, maka Anda akan memiliki stok yang limit, sehingga keuntungan pun akan semakin sedikit.

Contoh Bisnis

Berikut ini beberapa contoh bisnis :

  1. Bisnis Baju.
  2. Bisnis Makanan.
  3. Bisnis Minuman.
  4. Bisnis Kendaraan.
  5. Bisnis Waralaba.
  6. Bisnis Laundry.
  7. Bisnis Jual Beli Rumah.
  8. Bisnis Ayam.
  9. Bisnis Ikan Hias.
  10. Bisnis Beras.

Untuk lebih banyak contoh usaha atau bisnis, dapat dilihat di artikel peluang usaha.

Tampilkan Komentar

Tulis komentar

close