Monetisasi Blog

Google Adsense – Primadona Para Blogger

Ketika membicarakan hal mencari uang dari internet, tidak afdhol rasanya jika tidak membicarakan Google Adsense, atau biasa disebut dengan Adsense saja.

Siapa yang tidak tahu Adsense! Sampai saat ini, Adsense masih merupakan primadona bagi para pencari uang melalui blog. Dengan nama besar Google, dan integrasi yang baik dengan segala layanan Google yang lainnya, membuat Adsense menjadi pilihan utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kesimpulannya, tidak diragukan lagi, sumber pemasukan yang satu ini sangat layak untuk dicoba dan ditekuni dengan serius. Sudah banyak orang yang sangat-sangat sukses dan mendapat penghasilan yang lebih dari cukup dari Adsense.

Google Adsense termasuk dalam kategori Pay per Click atau biasa disingkat PPC, kalau diterjemahkan secara bebas berarti kita akan dibayar setiap kali ada yang mengklik iklan yang ditayangkan.

Cara kerja PPC secara singkat adalah, sebagai publisher atau penayang, kita akan mendapatkan kode iklan yang boleh kita tempatkan di situs atau blog milik kita. Kemudian jika ada orang yang tertarik dan mengklik iklan tersebut, kita akan mendapatkan bayaran. Dan setelah mencapai 100$, kita bisa mencairkannya dengan cek atau pun melalui Western Union.

Mudah dan mengasyikkan bukan? Kita seperti memiliki sumber penghasilan pasif, ketika kita sedang tidur sekalipun, uang akan tetap mengalir ke kantong kita. Mmmmm… impian kita semua bukan?

Rahasia Cari Uang Internet | Google Adsense
www.google.com/adsense

Untuk mendaftar Adsense tentunya kita harus lebih dulu memiliki situs web atau blog, karena nantinya kita akan menempatkan iklan di situs tersebut.

Tidak ada batasan berapa banyak situs yang boleh kita pasangi iklan, sekali kita disetujui sebagai penayang oleh Adsense maka kita boleh menempatkan iklan di situs manapun yang kita miliki, tentu saja situs-situs tersebut semuanya tidak boleh ada yang melanggar kebijakan Adsense.

Menyangkut kebijakan Adsense ini, banyak blogger atau penayang yang frustasi dan mengatakan bahwa mendaftar Adsense itu sulit. Padahal menurut saya tidaklah demikian. Kebanyakan karena tidak memahami betul apa saja yang boleh dan tidak boleh oleh Adsense.

Jika telah memahami dan tidak ada hal yang melanggar kebijakan Adsense, maka mudah saja untuk menjadi penayang Adsense, blog sesederhana apapun, jika memenuhi syarat dari Adsense, akan segera disetujui.

Beberapa hal yang paling perlu diperhatikan menyangkut kebijakan Adsense ini adalah:

  • Konten asli alias bukan hasil copas dari tempat lain.
  • Materi berhak cipta, jika merasa itu bukan milik kita sebaiknya jangan dipasang di situs / blog kita.
  • Konten dewasa. Adsense tidak membolehkan situs dewasa menjadi penayang Adsense.

Dan masih ada beberapa lainnya, tapi menurut saya, tiga hal di atas yang paling banyak menjadi alasan mengapa kita ditolak sebagai penayang Adsense. Silakan googling, banyak sekali blog / situs yang membahas secara panjang lebar mengenai Google Adsense ini.

Beberapa hal mengenai Adsense:

  • Konten iklan yang muncul, akan disesuaikan secara otomatis dengan kata kunci pada situs / blog kita, sehingga secara keseluruhan menyatu dengan baik antara iklan dan konten blog.
  • Sampai saat ini mendaftar Adsense adalah gratis, jadi bisa dibilang tidak ada resiko untuk mencoba.
  • Status kepemilikan akun Adsense tidak ada batas waktu.
  • Ada fasilitas untuk filter iklan, untuk mencegah iklan yang tidak kita inginkan.

Sekali lagi, dengan nama besar Google, jika kita saat ini telah memiliki blog / situs dan ingin mendapatkan uang tambahan dari blog / situs tersebut, Adsense bisa jadi pilihan utama untuk tujuan tersebut.

Segera daftar blog anda situs Adsense, dan mulailah menikmati manisnya dolar dari internet.

Anda tertarik tapi belum tahu mulai dari mana? Baca: Panduan Lengkap Menjalankan Adsense dari Nol sampai Sukses.

Selamat dan sukses buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

51 Komentar