Google Adsense

10 Langkah Panduan Sukses Adsense untuk Pemula

Alhamdulillah, akhirnya aku disetujui juga jadi penayang Adsense, begitu Anda berkata dalam hati. Ada kegembiraan tersendiri pada akhirnya disetujui oleh Adsense. Betul?

Ya, Anda baru saja di-approve oleh Google menjadi penayang Adsense. Anda sudah membayangkan bahwa ke depan akan mampu mendulang uang dari blog Anda.

Selamat! Selamat datang di dunia Adsense yang penuh ‘tantangan’ sekaligus penuh peluang.

Bagi Anda yang baru terjun di dunia Adsense, mungkin bingung ‘apa yang harus saya lakukan selanjutnya?’

Nah artikel kali ini, saya ingin berbagi pengalaman dan menyajikan panduan Adsense khusus bagi Anda yang baru saja diterima menjadi publisher ads network terbesar di dunia ini.

Inilah 10 langkah yang dapat Anda jadikan panduan:

1. Akademi Adsense

Langkah pertama yang sangat sangat saya rekomendasikan adalah untuk mengikuti Akademi Adsense. Di dalamnya Anda akan menemukan banyak sekali panduan dasar untuk menjalankan bisnis Adsense ke depannya, mulai dari memasang kode, masalah pembayaran, optimasi dan lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai ini, baca: tentang akademi Adsense.

Setelah sedikit memahami, mulailah untuk memasang kode iklan di blog. Ada panduan dalam bentuk slideshow cara memasang kode iklan ini. Meskipun inteface Adsense lama, tapi menurut saya tidak masalah, karena pada prinsipnya tetap sama.

2. Pasang iklan di blog lainnya

Setelah Anda memasang kode iklan di blog pertama, mungkin Anda juga ingin memasangnya di blog / situs lainnya milik Anda.Kenapa saya tentang hal ini di poin kedua ini? Karena masih ada yang belum mengetahui bahwa sekali kita disetujui oleh Adsense, maka kita bisa memasang iklan di situs/blog manapun yang kita miliki.

Silakan lihat panduanย cara menambahkan lebih banyak situs ke akun. Saya juga pernah mengulasnya bahwa satu akun adsense sudah cukup untuk banyak blog.

3. Pembayaran

Setelah iklan tayang dan tampil baik di blog Anda, sekarang saatnya kita memikirkan mengenai pembayaran. Anda dapat mencari informasi lengkap seputar pembayaran di halamanย Pengantar pembayaran AdSense. Satu hal yang mesti diperhatikan adalah, untuk menerima pembayaran Anda harus:

  • Memasukkan pin verifikasi alamat.
  • Memilih jenis metode pembayarannya. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan Western Union, selain cepat, juga bisa memangkas biaya bank.

Tapi untuk dapat mengisi dan setting itu, Anda harus sedikit bersabar menunggu sampai pendapatan Anda mencapai $10.

4. Melihat iklan yang tidak diinginkan, bagaimana ini?

Tenang, jika tidak menginginkan suatu iklan tertentu tampil di blog Anda, Anda bisa memblokirnya. Silakan cara memblokir iklan yang tidak diinginkan.

5. Pemecahan masalah

Jika mengalami masalah (99% pasti Akan mengalaminya) seputar iklan Adsense di blog Anda, identifikasi masalah cari pemecahannya di halamanย pemecahan masalah iklan.

6. Produk Adsense lainnya

Saatnya sekarang Anda menambah potensi penghasilan Adsense dengan mencoba produk Adsense lainnya. Seperti Adsense untuk penelusuran, AdSense untuk penelusuran seluler, Adsense untuk video, Adsense untuk game. Dan satu lagi, tampilkan juga iklan di blog versi mobile untuk menambah pendapatan.

7. Jaga keutuhan akun

Selalu memberi perhatian terhadap keutuhan akun Adsense. Saya melihat begitu banyak publisher baru tidak mampu bertahan lama, akunnya dinonaktifkan oleh Adsense karena telah melakukan berbagai pelanggaran kebijakan.

Anda dapat mempelajari kebijakan Adsense, dan berusaha untuk selalu mematuhinya. Hindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan publisher Adsense.

8. Optimasi

Sekarang saatnya Anda melakukan optimasi. Ini langkah yang sangat menentukan sukses tidaknya menjalankan program Adsense.

Jika bingung harus mulai dari mana, saya telah membuat kompilasi tips optimasi Adsense untuk Anda. Saya sarankan Anda memulainya dari sana. Perhatikan juga kartu skor di akun Adsense Anda, itu adalah saran dari Adsense sendiri untuk optimasi pendapatan Anda.

Usahakan agar nilainya jangan merah, syukur-syukur semua biru, tapi paling tidak harus nilai 3 warna biru. Namun, jika Anda yakin dengan optimasi dan telah melakukan eksperimen dengan baik, maka kartu skor tidaklah mesti jadi patokan.

panduan sukses adsense untuk pemula

9. Sumber informasi

Ada tempat yang selalu siap diakses kapan saja, lengkap dan terpercaya mengenai segala hal tentang Google Adsense, yaitu halaman support Adsense. Sumber penting lainnya bisa Anda temukanย Sumber Informasi Terpercaya Tentang Google Adsense.

10. Berlangganan tips di Portal Uang

Hehehe… ini juga penting, untuk memastikan Anda mendapatkan tips sukses Adsense dari saya. Insya Allah saya akan selalu berbagi tips bermanfaat berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam menjalankan Adsense.

Nah, itulah 10 langkah panduan sukses Adsense. Jika Anda telah mulai memetik hasil dari kerja keras Anda, silakan berbagi melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

46 Komentar

  • saya lagi coba coba gan. baik blog dan lagi mencari sesuatu tentang adsense. semua baru gan kekeurangan apa diblog saya juga masih bingung. tolong di kasih pencerahan tentang blog sya dan apa bisa melanjut ke adsense.

  • mas, kalo saya udah daftar ke adsense tapi ada tulisan gini.. “Account Not Active
    An AdSense account does not exist for this login, as your application is currently in review. Within a week of your application date, we’ll review your application and follow-up with you via email. Once you are approved to join AdSense, you’ll be able to log in to your account and get started. ” kenapa ya?..

  • Pak bos bantuin unyil dong… unyil kurang paham langka2nya trus unyil bingung ko pendapatan berkurang naik turun kmrn liat 48 dollar liat sblhnya cuma 2 dollar liat yg ini kosong trus liat saldo 4 dollar aneh ga paham mana sbnrnya yang ngasilin dollar mana yang td aja di cek udah beda lagi nurun drastis dollarnya… ini bikin malles ngepost artikel pak bos….

    1 lagi…googgle adsense bisa d buka lewat aplikasi resmi adsense di android juga d browser d android tapi ga bisa di buka dii blog (detail penghasilan adsense) di klik cuma loadiiiiiinnggg trus d tungguin ampe pagi juga ga nongol2 itu batang idungnya….

    Unyil ucapin Makasih sblmnya ya pa bos…

    Artikel yang sangat membantu tp dasar unyilnya aja yang oon hehe d balas secepatnya ya pak bos
    Blog ini udah unyil borkmark

    Hatur nuhun

    • itu kan penghasilan hari ini, kemarin, bulan ini bos ๐Ÿ™‚ kalau mau sukses jangan patang menyerah bos semua gak ada yang instan kecuali modal banyak ๐Ÿ™‚

  • Salam kenal dan sukses dari saya.
    Saya ingin menanyakan tentang informasi seputar edsense diatas. Apakah masih berlaku untuk edsense saat ini(2016). Saya belum tau edsense dan ingin mencobanya. dan mohon tinjau blog saya, apakah layak untuk edsense atau belum?

  • Terimakasih mas buat artikel nya, sangat membantu untuk pemukla adsense. Tapi mas itu internal link yang di artikel kok semua redirect ke homepage portal uang toh? mau cari artikel yg di link di sini jadi susah mas.

  • Pak saya mau tanya, tlg d jwb yaa.
    Saya bru brgbung di adsense tgl 5 mei 2016,pndptan youtube sudah $95. tapi d adsense pendapatan tertaksir tetap saja nol, pdahal kan dh lwat tgl 14 juni skrg.
    Knapa y pak kok bisa kek gitu.?
    Apa yang salah dari akun saya?
    trmksh

  • terimakasih untuk informasinya. Sangat membantu dan memotivasi. ๐Ÿ™‚ Semoga kesuksesan Mas Gee Jhon bisa membuat teman – teman yang lain bisa mengikuti jejak Mas Gee. Sekali lagi terimakasih.

  • Akhirnya bisa singgah di sini. Sepertinya banyak step yang saya lewatkan sejak mendapatkan akun Google Adsense belum lama ini. Maklum, pengennya langsung Gaspoll (abisnya liat postingan para Senior tiap kali gajian bikin ‘ngeces’ aja, heheee). Btw, terima kasih buat mas Gee Jhon yang udah share ‘Poin’ penting ini sebagai langkah awal mengenal lebih dalam tentang Google Adsense. Mudah-mudahan cepet ‘Nular’ ilmunya heheee

  • Mas Gee, sy diterima adsense dgn TLD, CMS WordPress. Apakah untuk menayangkan di blog gratisan blosgspot.com harus ada verifikasi lg ya? Krn kalau ngga salah ingat saya pernah baca artikel, ada yg bilang seperti itu.
    Atau kita bebas saja di blog manapun termasuk blogspot.com

    Ada pula yg bilang juga tidak usah dipasang di tumblr.com
    Mohon pencerahannya. Tq

  • @sutrisno.
    sama2…..

    @hakayuci.
    pasang dimana saja tidak masalah, tapi sebaiknya di header atau sidebar. jumlah maksimal sesuai kebijakan Adsense, yaitu 3 iklan konten, tapi klo untuk keperluan review, pasang satu saja dulu sudah cukup.

  • @anissa.
    saya telah cukup banyak menulis ttg adsense, saya kira bisa hampir segala aspek ttg adsense, sudah pernah saya bahas,,, silakan pelajari.. ๐Ÿ™‚

  • Bermanfaat sharingnya…
    Mohon infonya, gimana kalau mau belajar step by step menjalankan google adsense mulai dari nol… terimakasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

  • @filter.
    saya tidak punya tips mas.. tapi menurut saya, asalkan semua sudah memenuhi syarat pasti diterima. Kalau pun maksa minta tips, hehe… yang penting kontennya, jmlah artikel mencukupi dan panjang artikel minimal 500 kata. Hal lain, saya kira tidak terlalu bermasalah.

  • @fens.
    dear Fens….

    pin ver alamat, dikirim sampe 3x, JIKA surat pertama tidak sampai dalam waktu krg lbh 1 bulan, dan Anda meminta PIN lagi. pin-nya memang sama. sekali sudah terverifikasi, maka sudah, Google tidak akan pernah kirimi pin lagi.

    jika sudah mencapai mencapai ambang pembayaran, maka tinggal menunggu dapat PIN WU, biasanya setiap tgl 23. dan pin wu bisa lgsung dilihat di halaman pembayaran.

  • Dear Jhon ,

    No Pin Veritifikasi alamat , hanya dapat satu kali aja ya.. kok saya dapat kiriman surat dr google sbyk 2x dengan no pin yang sama.
    Dan tiap kali kami capai ambang pembayaran , apakah kami hanya tunggu no WU nya keluar aja?tanpa harus dpt kiriman surat dr google?
    Jika kita dah tautkan adsense kami dengn email youtube yg lain , jadi penghasilannya digabung ya?
    minta petunjuk dr anda ya..hehe

  • @fens.
    dear jg fens… ๐Ÿ™‚

    maksudnya ditautkan ke akun mana? di blogger? youtube? dengan email berbeda? sebenarnya tidak masalah di manapun, krn caranya hampir sama… tinggal tautkan, nanti pada waktu memilih, pilih menggunakan email lainnya, lalu login dg email adsense, sisanya ikuti petunjuk yg ada… gampang kok.

  • Dear Jhon ,

    Saya memiliki google adsense dgn email yg pertama , sekarang saya mau tautkan email kedua saya ke google adsese , jd gimana caranya?

  • @m.khoirul.
    hhmmm… sayang pendaftaran murid barunya sudah ditutup, hehe…. Hayok, kita sama2 belajar aja mas.. sayapun sama, masih tahap belajar.. ๐Ÿ™‚
    tuk alamat FB, bisa dilihat di halaman 'Tentang Portal Uang'

  • @fresh.
    ok mas… memang untuk mendapatkan payment agak lumayan dari satu blog hrs punya trafik paling tidak 2k/hari… di bawah itu, kayaknya masih blm bisa dpt gajian setiap bulan. ๐Ÿ™‚

  • Saya jug punya adsense msih aktif cm bgung mw diapain udah hmpir 3 thun pnya akun adsense dan masih blm dpt payment yg memuaskan. ๐Ÿ˜€

    Thaanks infonya