Google Adsense

Apa ‘Tantangan’ Terbesar Anda Menjalankan Google Adsense?

Satu tahun terakhir atau lebih, saya mengandalkan lebih dan lebih lagi pada Google Adsense sebagai sumber penghasilan.

Dan, nyatanya saat ini hampir 50% penghasilan online saya berasal dari Gooogle Adsense. (Sisanya berasal dari menjual jasa sebagai freelancer, dan sebagaian kecil dari program Afiliasi).

Mengapa demikian?

Seperti yang pernah saya tulis dalam alasan mengapa saya menyukai Adsense, beberapa alasan di antaranya adalah:

  • Saya tidak perlu repot menawarkan / memenej iklan.
  • Iklannya menyesuaikan dengan konten.
  • Penghasilannya termasuk yang paling tinggi dibanding lainnya.
  • Pembayaran yang tepat waktu, dan Anda dapat mengandalkan Google untuk 100% membayar pendapatan yang menjadi hak Anda.

Jadi, ya…. Saya pikir Google Adsense adalah salah satu strategi monetisasi terbaik dari yang ada.

Namun demikian, saya masih juga mendengar blogger/webmaster yang mengeluh, komplain dan ‘membenci’ Adsense. Karena itulah saya menulis posting ini.

Saya ingin mengetahui, ‘apa kendala terbesar yang Anda hadapi dalam menjalankan Adsense?’ย Mungkin Anda kesulitan untuk diterima menjadi publisher? Apakah CTR Anda terlalu rendah? Atau mungkin nilai per klik Anda terlalu kecil?

Coba ceritakan melalui komentar. Saya mengajak Anda untuk mendiskusikannya, dengan harapan Anda ย pun dapat memperoleh hasil ‘memuaskan’ seperti yang telah saya rasakan.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

30 Komentar

  • ikut menyimak mas gee….soalnya saya masih baru dengan adsense yang sudah pasti memiliki kendala dan kebingungan yang cukup signifikan untuk pengoptimalan adsense…jadi izin berselancar di blog penuh mutu ini ya gan..jika berkenan mohon koreksi atas blog saya

  • @crystal.
    tidak ada patokan pasti berapa jumlah nya sebenarnya, yg jelas reputasi saluran telah baik, dan masalah usia saluran jg jadi pertimbangan, biasanya 6 bulan.

  • ow… spertinya video saya masih dianggap sedikit yah?… memang sih masih dibawah 10 buah. rencana sih bisa di atas 100. jumlah video harus brapa ya pak baru bisa daftar lagi ?
    thanks. atas infonya. sukses selalu Pak. GBU

  • halo Bang Gee Jhon, apa kabar semoga sehat dan sukses. amin
    Bang saya mau tanya dong, saya khan mengajukan permohonan program verifikasi konten di youtube atas video karya saya sendiri. setelah lengkap saya isi, dan saya kirim di jawab seperti ini :

    Permohonan Program Verifikasi Konten
    Terima kasih atas minat Anda pada Program Verifikasi Konten. Setelah meninjau aplikasi Anda dan/atau sebelum riwayat penghapusan, kami sudah memutuskan bahwa Anda bukan kandidat yang sesuai untuk alat ini.

    Status Aplikasi: Ditolak

    Angka Konfirmasi: Ziv1rrZV-Xg
    Anda mungkin masih mengajukan pemberitahuan dugaan pelanggaran dengan mengikuti petunjuk ini

    itu kenapa ya pak kok di tolak? salah di mana ya pak?
    adapun tujuan saya mengajukan program verifikasi konten itu supaya apabila ada yang mengupload ulang video karya saya itu saya bisa tahu pak.
    thanks atas bantuannya.
    salam

  • @crystal.
    o0o… entahlah, saya blm pernah mencobanya, jadi tidak bisa kasih pendapat, ๐Ÿ™‚ Ya, kalau dari pengalaman saya sih, hasilnya cukup lumayan dg menjalankannya sendiri.

  • mas Gee Jhon, jasa provider itu yang membantu untuk mengurusi semua video kita sampai bisa di tayangkan di youtube nanti kita tiap bulan dapat income, tapi nanti dipotong 30% kalo gak salah. saya masih ragu soalnya cukup besar potongannya… saya minta pendapat Mas Jhon, menurut pengalaman mas selama ini apakah tanpa jasa provider, kita tetap bisa maksimal memperoleh income dari youtube? gitu mas. Thanks banget buat balesannya. GBU

  • salam kenal Mas Gee Jhon, beruntung saya menemukan Blog Anda yang bermanfaat dan banyak memberi inspirasi kepada saya. saya ingin menanyakan kepada mas Gee, apakah menggunakan jasa partner (provider) menjamin viewer + income kita akan bertambah? mohon saran dari Mas Gee John. Sukses selalu buat Mas Gee Jhon. God Bless You.

  • Pagi Bang Gee, saya baru sebulan nih diterima GA. Masih bingung juga untuk cari rating blog, sampe udah belajar bikin kata kunci segala. Hehe. cara menempatkanniklan GA di dalam posting tulisan itu gimana Bang? Tks atas jawabannya ๐Ÿ™‚

  • @heru.
    betul sekali, jika ctr nya maksimal, misalnya mencapai rata2 3$, maka itu tidak mustahil.

    silakan dicontek, hehe.. semoga makin naik pendapatan adsense -nya..

    @heriyanto.
    ya memang jika kegiatan off-line cukup padat, agak merepotkan juga. tinggal pinter2 saja meluangkan waktu untuk blognya. ๐Ÿ™‚

    wah… berarti bulan ini cair dong, hehe…

    langkah selanjutnya, jika sudah tidak ada status penangguhan pembayaran, dan sudah menentukan pilihan pembayaran, maka tgl 23 – 25 bulan ini sudah bisa diambil. Saran saya, lebih baik pilih western union.

    selamat ya… semoga ke depan bisa po tiap bulan. (y)

  • datang lagi nimba ilmunya mas Gee Jhon, hmm tantangan terbesar bagi saya itu update artikel mas, karena kewajiban didunia nyata yang begitu padat adalah prioritas utama menurut saya.

    Oh iya nih mas, saya pengen banyak ngucapin terimakasih ma mas Gee Jhon yg slama ini sudah membantu dan menjawab pertanyaan2 saya mengenai GA yang kurang saya pahami, hingga kini akhir bulan Juli lalu earning saya sudah mencapai minimum PO $100+, nah lantas apa langkah-langkah selanjutnya yang harus saya lakukan untuk mencairkan earning saya tersebut mas? mohon bimbingannya ๐Ÿ˜€

  • ah jadi mendapatkan 90 klik dengan pv 3000 itu bukan mustahil ya…
    saya kira mendapatkan 8-10 klik perhari itu sudah normal mas…

    terimakasih banyak atas pencerahannya mas… sangat membantu…
    saya bingung kok ya dengan pv segitu udah 2 bulan cuma dapet $30 an, sedangkan bikin postingannya nyampe begadang tiap malam… malah sempet kepikiran mau istirahat aja nge blog… hehee

    BTW saya contek ya mas desain iklan disini… siapa tahu CTR saya bisa meningkat.. hehe

  • @heru.
    ya betul. Mari kita berhitung. Jika misalnya ctr-nya 3%. maka 3000×3% = 90 klik. Kalau kita anggap nilai klik hanya sebesar $0.1 saja, maka akan didapat $9 / hari x 30 hari, sudah $270. Bisa PO setiap bulan. Itu kalau ppc nya sebesar $0.1, sedangkan dari pengalaman saya, rata2 nilai klik bulanan mencapai $0.7.

    Silakan hitung sendiri. ๐Ÿ™‚

    Jadi, ctr 0,15%, itu sangat2 kecil dan belum maksimal. 3% adalah angka yg realistis. ๐Ÿ™‚

  • owh ternyata salah saya mas, saya kira tadi pv = visitor… setelah googling ternyata maksudnya page view toh… hehee
    1300an tadi maksudnya UV… klo PV sudah 3000an rata-rata perhari…

    berarti mestinya saya sudah bisa PO tiap bulan yah… aduh perlu dibenahi ulang berarti nih adsense saya…
    masa CTR saya rata-rata cuma 0,15% perhari… -_-
    buat naikin CTR fokus ke desain iklan dan penempatan itu ya mas?

  • @comtel.
    ya, memang itu momok bagi semua publisher adsense. Apakah sudah dipahami semua apa yang dimaksud dg invalid activity menurut Adsense? Mungkin tidak merasa, tapi tanpa sadar kita melakukan hal2 yg dilarang oleh Adsense, itu itu penting sekali kita terus meningkatkan pengetahuan dasar ttg adsense.

    @heru.
    ya betul. dg pv 2000an, kita bisa dapat 3 – 4$ per hari, dengan ctr 3 – 4%. Tapi memang, kembali tergantung dari topik konten blognya juga. Pada dasarnya dalam menjalankan adsense ada 4 faktor yg mesti dioptimasi:
    1. nilai klik >> berkaitan dg topik / niche
    2. iklan yg relevan >> perbanyak keyword, bila perlu block iklan2 yg tidak relevan.
    3. desain iklan >> berkaitan dg desain blog secara keseluruhan.
    4. penempatan >> uji coba terus, untuk mendapatkan posisi terbaik. namun patokan dasarnya adalah iklan di dalam artikel selalu lebih baik

    Dua hal yg terakhir tadi, berhubungan langsung dg nilai CTR. Usahakan minimal nilainya rata2 3%.

    @mus.
    ctr ideal, menurut saya 3 – 5%. Ya, jelas semakin pv sedikit, maka ctr pasti lebih besar. Makanya meskipun ctr-nya besar, mungkin mencapai 10%, tapi jika trafiknya sangat tinggi, maka tidak akan masalah. beda dg trafiknya yg rendah, ctr di atas 5% saja biasanya akan mendapat perhatian khusus dari adsense.

    mengenai laporan, adsense menyediakan laporan kinerja yg sangat lengkap. Bisa kita lihat ctr setiap blog, setiap saluran khusus, bahkan setiap unit iklan masing2.

    dan untuk analisa sebaiknya, lakukan analisa ctr per blog.

    sukses selalu untuk kita semua.

  • Mas, sebenarnya berapas sih ctr adsense normal itu?

    Saya memasang iklan adsense di banyak blog, ada blog yang pv sedikit tapi banyak klik iklan dan yang pv banyak gak banyak klik iklan. Blog saya yang pv sedikit itu bisa dapat ctr 10%, dan blog satu yang banyak pv bisa dapat ctr 1,9% per hari. Untuk keseluruhannya di laporan adsense harian bila dilihat dari semua blog saya ctr nya sekitar 3%.

    Google melihatnya keseluruhan blog atau satu-satu blog untuk ctr nya?

    Terimakasih mas atas jawabannya.

  • Melihat komentar mas Gee Jhon diatas, apakah benar dengan 2000pv perhari bisa untuk PO tiap bulan? Dengan pv seperti itu mestinya bisa menghasilkan berapa dollar perhari mas?
    Soalnya blog saya punya 1300an pv perhari dan hanya menghasilkan 0,5 dollar dalam seharinya… apakah itu artinya adsense saya belum optimal?

    saya cukup frustasi mas adsense saya sangat sedikit seperti ini… -_-

  • @edi.
    mat pagi juga kawan…
    oke sip kalau begitu. Tinggal perbanyak konten, sabar, dan tetap semangat. Pada akhirnya akan terbayar ๐Ÿ™‚ Dari pengalaman saya, sehari dapat 2000pv, itu sudah cukup untuk bisa PO tiap bulan dari Adsense. Sukses selalu…

    @dozi.
    hehe… ya memang saya juga sama seperti itu. Tapi yang penting tetap menulis.

    Sebenarnya untuk mengatasi kesulitan yg satu ini, sejak awal membuat blog, kita sudah memiliki strategi dalam membuat kontennya kelak. dan saya pernah menulis strategi jitu bagaimana menyiapkan konten blog sejak awal membuatnya. Silakan baca:

    http://portal-uang.blogspot.com/2013/09/menyiapkan-konten-niche-blogging.html

    jika mengikutinya, saya yakin tidak akan kesulitan dalam menyajikan konten blog, karena sejak awal kita sudah memiliki semacam 'peta' dari konten blog kita.

    Tetap semangat, sukses selalu….

%d blogger menyukai ini: