Google Adsense

Haruskah Saya Menjalankan Iklan Adsense di Blog Baru?

Apakah Anda termasuk blogger yang tidak memonetisasi blognya karena merasa saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk menjalankannya?

Oke, saya pun dulu pernah mengalaminya. Saya tidak berusaha memonetisasi blog menggunakan Adsense ataupun program periklanan lainnya di awal-awal membangun blog dulu.Alasannya: khawatir mengganggu kenyamanan pembaca.

Kini pertanyaannya adalah:

“Haruskah saya menjalankan iklan Adsense di blog baru?”

Beberapa waktu yang lalu, ada obrolan menarik antara saya dengan salah seorang teman blogger. Dia bercerita bahwa telah mendaftar ke Google Adsense dan telah disetujui. Namun, sampai sekarang ia belum juga menjalankan Adsense di blognya.

Berikut intisari percakapan saya dengannya:

Saya: “Kenapa?”

Teman: “Karena blog saya masih baru. Dengan memasang iklan di blog tersebut, saya khawatir pembaca menganggap saya ngeblog semata untuk mencari uang, padahal yang utama adalah saya hanya ingin berbagi.”

Saya: “Lalu kenapa Anda mendaftar ke Adsense, padahal tidak berniat memonetisasi blognya?”

Teman: “Saya akan menjalankannya nanti, setelah saya mendapat trafik yang cukup tinggi.”

Saya: “Lalu, apa bedanya antara memasang iklan sekarang dengan nanti? Apakah persepsi pembaca akan berubah setelah Anda mendapat trafik tinggi satu saat nanti?”

Obrolan saya terhenti setelahnya karena beberapa hal. Tapi dari obrolan itu, saya juga sempat berpikir: Benarkah demikian?

Saya menulis artikel ini, karena merasa bukan hanya teman blogger saya itu tadi yang merasa demikian, namun mungkin banyak blogger lain pun merasakan hal yang sama.

Pertanyaannya adalah: Mengapa tidak mulai dari sekarang? Mengapa harus nanti?

Menghasilkan uang blog, tidak serta-merta membuat Anda menjadi blogger yang kehilangan gairah atau pun seorang blogger ‘mata duitan’. Namun, ia lebih seperti menghasilkan sesuatu dari hal yang Anda sukai. Coba Anda pikirkan baik-baik: Apakah itu salah?

Bila Anda memiliki blog yang dapat dimonetisasi, sedangkan Anda sendiri perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tagihan internet, bayar hosting dan lain sebagainya, monetislah sejak sekarang!Ya, kemungkinan besar Anda hanya akan mampu menghasilkan $10 – $100 dengan sebuah blog baru, tapi paling tidak Anda mulai menghasilkan uang dari blog Anda!

Sekarang, mari kita berpikir sebaliknya:

Jika sebuah iklan tampil di blog Anda, dan iklan tersebut relevan dengan topik yang Anda tulis, maka secara tidak langsung, ia juga sedikit banyak akan membantu pembaca. Anda memberi mereka informasi tempat yang tepat guna mencari produk yang mereka mungkin tertarik terhadapnya.

Inti dari yang ingin saya sampaikan kali ini adalah, sesungguhnya tidak ada namanya ‘waktu yang tepat’ untuk memulai memonetisasi blog. Tapi, satu-satunya yang mesti Anda camkan baik-baik adalah:

Tidak ada salahnya menjalankan iklan pada sebuah blog baru sekalipun. Yang terpenting, jangan menjalankan iklan dengan cara yang mengganggu kenyamanan pengunjung dan atau menutupi konten Anda, atau jumlah iklan yang terlalu banyak, sehingga terkesan blog Anda berisi iklan semata.

Nah, itulah pendapat pribadi saya mengenai usaha memonetis blog baru menggunakan program ads-network. Anda dapat membaca lebih jauh tentang hal ini, pada artikel yang pernah saya tulis sebelumnya, yaitu:Β Kapan Waktu yang Tepat Memonetisasi Blog?

Sukses selalu untuk kita semua. Bagi Anda yang tertarik menjalankan Google Adsense dengan baik dan sukses, silakan baca panduan dasar lengkapnya di:

Panduan Lengkap Menjalankan Google Adsense bagi Pemula

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

20 Komentar