Saya pernah iseng-iseng menanyakan tentang program Google Adsense kepada beberapa blogger, baik yang masih baru ataupun blogger yang ‘kawakan’.

Jawabannya beragam.

Ada yang mengatakan sangat menyukai Adsense, ada yang biasa-biasa saja, dan ada juga yang sepertinya benci banget sama Adsense, karena tampaknya belum mendapatkan hasil yang memuaskan dari Adsense, sudah berbulan-bulan pendapatannya tidak lebih dari $10.

Atau mungkin saja karena berkali-kali mendaftar selalu ditolak sama Adsense, atau mungkin juga benci karena berkali-kali akunnya dibanned oleh Google, hehehee….. Bagi Kamu yang mengetahui apa itu Google Adsense, silakan baca ulasang tentang Adsense.

Saya sendiri, adalah termasuk golongan yang pertama, yaitu yang menyukai program Adsense. Saya punya alasan tersendiri kenapa saya menyukai Adsense dibandingkan program sejenis lainnya. Inilah 8 alasan itu:

  • Mudah dan cepat untuk memulai. Kebanyakan ads network lain memberi persyaratan sulit untuk bisa ikut ambil bagian, seperti harus ada minimum trafik, PR, Alexa Rank dan sebagainya, juga proses setup yang rumit.Kebalikannya Adsense sangat cepat, tidak lebih dari 5 menit setelah memasang kode, iklan akan segera muncul. Adsense juga bisa dipasang di website kecil / blog dengan pengunjung berapa pun. Hanya dengan pengunjung di kisaran 5000 per bulan, sudah cukup menghasilkan rata-rata $20 – 30 setiap bulannya.
  • Materi iklan yang ramah. Adsense hanya menyediakan konten iklan yang ramah untuk segala umur, segala golongan. Tidak seperti yang lain, yang seringkali tidak memfilter iklan. Di Adsense tidak akan kita temukan iklan seronok dan “esek-esek”.
  • Sesuai untuk trafik global. Kebanyakan ads network yang lain, hanya terbatas pada target negara tertentu saja, seperti USA dan Kanada. Tidak dengan Adsense, dengan geo targetting, iklan di blog kita akan tetap berpotensi menghasilkan uang dari manapun trafik berasal.
  • Nilai pendapatan cukup besar. Meski yang mengklaim dapat memberikan hasil yang lebih besar, namun secara keseluruhan pendapatan dari Adsense masih belum terkalahkan.
  • Inventori pengiklannya sangat banyak. Ini mungkin karena nama besar Google juga, sehingga lebih dipercaya oleh para advertiser. Ini juga berarti, apapun topik blog kita, akan selalu ada iklan yang relevan, karena memang jumlah pengiklannya banyak dan sangat beragam. Ads network lain? Belum bisa seperti itu.
  • Iklannya benar-benar tertarget. Ini masih berhubungan dengan poin di atas. Karena banyaknya stok pengiklan, maka hampir semua niche blog bisa mendapatkan iklan yang sesuai.
  • Desain iklan yang bagus. Kita bisa leluasa mengkustomasi unit iklan yang akan ditampilkan untuk disesuaikan dengan desain blog kita masing-masing. Di samping itu, Adsense sendiri terus-menerus melakukan perbaikan dan inovasi terhadap desain dan tampilan iklannya. Saya melihat, iklan Adsense dapat membaur dengan baik tanpa merusak keindahan desain blog.
  • Pembayaran yang tepat waktu. Adsense memiliki komitmen tinggi untuk selalu membayar para publishernya.

Itulah alasan saya pribadi kenapa saya menyukai Adsense dibanding dengan program periklanan lainnya. Bagaimana?

Kamu termasuk ke dalam golongan yang mana?

Yang suka?

Yang Benci?

Bagi pengalaman pendapat Kamu tentang Adsense melalui komentar di bawah. Sukses selalu buat kita semua.

Salam.
  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

26 Komentar

  • karena blog saya masih minim artikel, jadi susah “ngimpiin” macam2 ttg adsense,
    cuma ada sisi lain yg harus saya akui , ketika saya dapat akun adsense ada sesuatu yang tersirat disana,
    semacam ke bahagiaan bahwa kita bisa melakukannya, secara adsense gampang2 susah, susah2 gampang.
    seneng pokoknya punya adsenes padahal lom banyak pengunjung… : ) seneng aja..

  • ini sangat membantu dan sebagai blog pemula saya masih sangat membutuhkan bantuan dari para blogger yang sudah berpengalaman dari nol sampai cara pemasangan kode iklan di blog

  • saya memang gaptek soal IT walaupun saudah lama mengenal IT, banyak tawaran yang menghasilkan uang, namun masih jadi tanda tanya, dan tidak tahu bagaimana caranya, mendapatkan uang tersebut.
    kami ingin diberikan alur mulai pendaftaran sampai tahap berikutnya, sehingga pemula seperti saya bisa menjalankan kegiatan ini

  • Sy termsk yang menyukai google adsense. Kalo ga, ga mungkin sampe nunggu 2 tahun sampe akhirnya di approve… Makasih atas artikelnya. Sy setuju dengan point-point mas sebutkan. Dengan begitu memang akun goole adsense pantas dijaga baik-baik. Smoga sukses mas…

  • selamat malam mas gejhon katakan Adsense sangat cepat, tidak lebih dari 5 menit setelah memasang kode, iklan akan segera muncul. tetapi kenapa saya setelah memasang kode berbulan bulan hanya ruang kosong dan setelah itu pun dapat email penolakan. saya harap penjelasanya untuk apa yang terjadi. terima kasih

  • Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua…..mas Gee Jhon saya bukan termasuk diantara keduanya….namun saya suka mencoba dan mencoba dan terus mencoba…dan mencari tutorial lainnya juga dari youtube…….untuk itu semoga mas Gee Jhon selalu bersedia menularkan ilmunya kepada saya yang new bie ini….makasih pokoknya artikelnya Gee Jhon siip membantu sekali

  • Maksih om admin utuk pencerahannya,,, Om ane masih bingung ini tau kenapa om,, blog udah punya lumayan lah walaupun hasil belajar hehe tapi masalahnya setiap ane daftar adsense di tolak mulu hihi miris dah mungkin agak telat nih untuk kesuksesan ane…sedihhh..

  • Saya sudah dua tahun om bergelut di dunia Blogger tapi sayang belum bisa fokus sama sekali karena berbenturan dengan jam kerja, padahal saya sangat hobby dengan online marketing

  • Alhamdulillah untuk daftar google adsense saya tidak terlalu lama hanya satu hari. Tetapi untuk tahap ke dua ini (permohonan iklan adsense) di tolak terus udah 7 x saya di tolak. Faktor apa saja yah yang mempengaruhi hingga Adsense belum menyetujui menampilkan iklan di blog saya?

  • Betul sekali… perlahan tapi pasti, yg penting buat blog berkualitas. Insya Allah income akan mengalir.

  • @numvank.
    ya semoga saja ada manfaatnya, salam sukses juga.

    cara cepat bikin artikel? entahlah, saya sendiri ya cuma berusaha nulis setiap hari. lama2 kan jadi banyak… 🙂 Capek?? mungkin ya, tapi kalau kita menikmatinya, saya kita tidak terlalu terasa..

  • pa saya baca artikel di atas mudahan ada manfaat bagi saya …salam sukses….

    mau nanya admin……cara cepat bikin artikel banyak,,,,,,,biar kita nggak terlalu capai gitu,,,,mohon solusinya……..terima kasih banyak?

  • @ama.
    saya lebih suka pake istilah: sulit2 gampang… 🙂

    masalah kumpulin uang online, itu tidak mudah, saya sangat setuju, tapi betapapun sulitnya, jika kita mau, bekerja keras, dan pantang menyerah, saya kira tidak ada yg tidak mungkin. Sukses selalu…

  • gampang2 sulit mas. gampang kalo blog kita isinya lumayan bagus, punya hit bagus, informatif. cuma itu.. kumpulin dolar itu gak semudah yg dibayangkan orang. pelan pelan… sabar sabar…

  • @edi.
    sebenarnya bisa2 aja, tapi sepertinya susah kali ya, ngeblog dg hp.

    @mujib.
    apa alasannya penolakannya?

    @nardi.
    hehe… ya sama dong kalau gitu? oke, sukses selalu deh.

  • Aku tetep cintA google adsense…cepetbanget kumpul dolarnya ,,,,gak seperti yang lain….distrocollectionnardiblogspot.com

  • saya masih cinta mas, buktinya sampe sekarang masih nyoba daftar GA meski di tolak terus hehe
    makasih ilmunya 🙂