Mengawali artikel saya kali ini, yuk kita berandai-Andai sejenak.

Anggap saja ada orang yang sirik sama kita, dia tidak mau melihat kita sukses ngeblog dengan menjadi publisher Adsense.

Terus dia ‘curi’ tuh ID pub Adsense kita, terus dia pasang di blog/situs yang jelas-jelas melanggar kebijakan Adsense, seperti situs perjudian, situs dengan konten dewasa, blog 100% copas, dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira menurut Kamu, bagaimana ‘perasaan’ Google?

Tentu saja, Google pasti tidak senang dengan hal ini, mending kalau sekadar tidak senang, bagaimana kalau langsung main banned?

Waduh, tamat deh riwayat kita. (Maaf, ini skenario yang buruk sebenarnya, tapi namanya juga lagi berandai-Andai kan? Hehehe…) Namun jelas, kemungkinan itu bisa saja terjadi.

Lalu, bagaimana cara kita mengantisipasi hal ini? Bersyukurlah karena Adsense sendiri telah memperhitungkan kemungkinan hal seperti ini dengan menyediakan fitur otorisasi situs untuk menampilkan iklan Adsense.

Yaitu sebuah fitur yang mengatur situs mana saja yang boleh menayangkan iklan Adsense Kamu. Dengan cara ini, walaupun ada yang sirik (atau iseng?) seperti skenario di atas, tidak akan lagi berpengaruh.

Cara mengaturnya sangat mudah, Kamu tinggal login ke akun Adsense Kamu, kemudian pada bagian Account Setting lihat kelompok Access and authorization, tepat di bawahnya ada tulisan Sites authorized to show ads. Nah, di situ kita bisa menentukan situs mana saja yang kita ijinkan untuk memasang iklan Adsense akun kita.

Otorisasi situs yang menampilkan iklan Adsense

Jika sudah, sekarang kita bisa tidur dengan tenang, tanpa takut akun kita ‘dibajak’ oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, hehehe….

Oya, sebenarnya dengan mengotorisasi situs ini, tidak berarti iklan dari akun Adsense kita tidak bisa tampil di situs lain, iklannya tetap tampil tapi kita tidak akan mendapatkan earning dari situs-situs selain yang telah kita beri otorisasi.

Tips tambahan, jika Kamu melihat ada aktivitas yang mencurigakan di situs/blog Kamu, terutama mengenai klik tidak valid (bom klik) pada iklan Adsense, segera laporkan hal ini kepada Google melalui Formulir Kontak Klik Tidak Valid. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

20 Komentar

  • @galih.
    ya betul, jika mau mengirim artikel ke portaluang, dan ingin penghasilan dari iklan Adsense-nya, maka harus memasukkan portal-uang.com ke otorisasi situs, jika tidak maka penghasilannya tidak akan dihitung oleh adsense.

    hal ini sama sekali tidak jadi masalah dg blog sebelumnya.

    intin dari otorisasi situs ini adalah menyatakan pd adsense bahwa iklan Anda boleh dihitung di situs yg ada di dalam daftar, krn itu adlaah situs yg terpecaya.

    ttg blognya, sya lihat bagus, kontennya jg bagus, cuma 1 yg perlu diperbaiki, yaitu masalah kategori, Saya pikir terlalu banyak kategori. Kategori itu adalah untuk mengelompokkan artikel sejenis atau dg topik yg saling terkait.

  • Om mau tanya ttg otorisasi nih om,,
    selama ini kan saya pake blogspot.com nah cerita nya sy kan mau coba kirim arikel nih om buat portal uang, si GA sy harus otorisasi ke portal uang kan om, trus bagai mana dengan blog sy sebelum nya dan kedepan nya apkah harus di otorisasi juga

    Mhon pencerahan nya om,,
    oya kalo ga keberatan dan ada waktu mohon pendapat nya buat blog sy dong om
    uraniwarabbit.blogspot.com

  • Bookmark dlu ah buat nanti jadi panduan kedepannya kalau sudah pasang GA ehheheh
    maksih mas artikelnya sungguh sanggat membantu 🙂
    jangan lupa mampir ya : penelusuranartikel.blogspot.com/

  • gan cara cek klik tidak valid (bom klik) itu bagaimana?
    bagaimana maksudnya termasuk blogspot pun, harus dimasukkan jg ke bagian otorisasi. "Bahkan, untuk alamat re-directnya". mohon pencerahaannya gan, maklum nubie..

  • @isranurhadi.
    saya agak kurang mengerti apa yg dimaksud. tapi pesan di atas, maksudnya adalah agar kita memasang kode iklan di blog/website yg kita punya, supaya tim adsense dapat me-review-nya.

  • mas, klo kita salah menaruh url pas otorisasi bgmn ya? sementara url tersebut sudah tidak digunakan (baik hosting dan domainnya). dan inbox di adsense menyuruh seperti ini:

    Guna menyelesaikan permintaan Anda untuk menampilkan iklan di situs web Anda sendiri, Anda harus menerapkan kode iklan di (link). Permintaan peningkatan versi Anda hanya dapat ditinjau setelah kode iklan Anda memiliki tayangan di domain tersebut.

    karena domain dan hosting di url sudah tidak ada, bgmn caranya saya menerapkan di kode iklannya? mohon bantuannya mas, mksh

  • @pindar.
    masalah menuliskan semua alamat blog di bagian otorisasi itu bukanlah keharusan, seperti yg saya jelaskan di artikel ini. Itu hanya tuk berjaga-jaga, dan memang baik.

    Jika akun adsense telah aktif, maka masukkan saja semua blog yg dipasangi adsense sekaligus. Perlu diketahui, bahwa sekali kita mengajukan adsense dan disetujui, maka tidak ada lagi istilah menunggu diapprove, krn kita bebas memasangnya dimana saja. Tentu di situs yg juga sesuai dg kebijakan mereka.

    Ya. termasuk blogspot pun, harus dimasukkan jg ke bagian otorisasi. Bahkan, untuk alamat re-directnya.

    Untuk lebih jelas, silakan baca:
    portal-uang.com/2013/08/peringatan-aneh-dari-adsense.html

  • Halo mas ..mau nanya, kalo kita sudah punya beberapa blog baik di blogspot maupun self hosting dan mau dipasangi akun adsense apakah mesti dimasukkan link otorisasi semuanya ya ? (termasuk yang blogspot juga perlu diotorisasi?) kemudian sebaiknya untuk otorisasi ini apakah satu persatu (nunggu 1 diapprove dulu baru nambah link lainnya) atau bisa langsung semuanya diinput sekaligus. Mohon pencerahannya mas .. masih bingung ini, hehe

  • @bondan.
    ya tidak ada masalah sama sekali. 1 akun adsense bisa dipasang dimanapun, berapapun blog yg kita miliki. silakan baca : portal-uang.com/2013/08/satu-akun-adsense-cukup-untuk-banyak-situs.html

  • mau tanya gan…blog saya sudah ada adsensenya…terus saya ingin pasang kode adsense saya diblog lain,yg beda akun gmail dan tidak punya akun adsense,gimana gan ?….pengen seperti agan…blog yang dikelola semua ada iklan adsensenya,mohon pencerahaanya..thanks.