Cara Memilih Nama dan Domain Blog yang Benar

Salah satu faktor penting membangun brand blog yang bagus adalah memilih nama.

Dan secara sederhana ada 3 faktor yang harus diperhatikan dalam memilih nama blog yang bagus ini, yaitu:

1. Nama blog harus menjelaskan isi blog

Ini menjadi prioritas utama. Coba bayangkan ketika Anda melakukan searching di mesin pencari, setelah melihat hasilnya, situs mana yang cenderung lebih menarik untuk Anda kunjungi? Apakah blog yang dari namanya saja Anda sudah dapat menerka isinya?

Portal Uang, Blogging Sukses, Catatan Harianku

Mana yang lebih memberikan gambaran tentang isi di dalamnya?

Anda bisa menentukannya sendiri. Nama yang terakhir di atas, gagal memberikan gambaran apa sebenarnya isi dari blog tersebut, sehingga meskipun kemudian muncul di hasil pencarian, namun bisa jadi akan luput dari perhatian, karena pembaca tidak tertarik dan bingung tentang apa sebenarnya isi dari blog tersebut.

memilih nama dan domain blog

Intinya, sebisa mungkin usahakan nama blog Anda sudah langsung dapat mencerminkan apa yang disajikan oleh blog Anda. Dengan begitu, akan lebih memberi peluang, Anda memenangkan persaingan mendapatkan pembaca.

2. Nama blog harus mudah diingat

Kunci untuk mudah diingat adalah simpel. Buatlah nama blog sesimpel mungkin namun tetap dapat menunjukan deskripsi isi blog seperti yang saya maksud di poin pertama tadi.

Nama blog yang terlalu panjang dan sulit diingat akan lebih mudah dilupakan dan akan sulit untuk membangun brand yang kuat.

Sebagai contoh, misalkan blog Anda menceritakan tentang nutrisi, fitness dan info kesehatan secara umum. Anda bisa memberikan nama blog Anda:

“Blog Nutrisi, Fitness dan Info Umum Kesehatan”.

Sekilas nama ini benar dapat mencerminkan isi dari blog, tapi apakah nama tersebut juga mudah diingat? Cobalah berkreasi, usahakan tetap simpel, pendek dan mudah diingat.

3. Nama blog harus sama dengan alamat domain

Yang satu ini, seringkali diabaikan oleh para blogger. Mungkin disebabkan memang agak sulit mencari nama domain yang diinginkan yang belum didaftarkan oleh orang lain.

Tapi, jika nama blog tidak sama dengan alamat domain, maka Anda telah kehilangan satu lagi peluang mendapatkan banyak pembaca. Terutama mereka yang berkunjung ke blog Anda melalui sebuah link, mereka akan mengingat nama blog Anda, bukan alamat domainnya.

Kenyataannya, nama blog akan lebih mudah diingat dibanding alamat domain. Sehingga ketika pembaca Anda ingin kembali berkunjung dan hanya mengingat nama blog Anda, maka mereka akan mengetikkan nama tersebut di browser mereka.

Ketika mereka tidak menemukannya, kemungkinan besar mereka akan mencari blog lainnya. Anda tentu masih ingatΒ pentingnya trafik langsung untuk blog Anda bukan?

Jadi, usahakanlah nama blog sama dengan alamat domain Anda. Itu sangat bagus untuk memastikan blog Anda siap mencapai satu tingkat lebih tinggi.

Untuk tempat membeli domain yang cepat dan murah, dan bisa menerima pembayaran dengan akun PayPal Unverified, NameCheap adalah pilihan yang bagus.

Itulah, 3 hal yang menurut saya patut menjadi perhatian ketika memilih nama untuk sebuah blog. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips tambahan lain? Silakan berbagi melalui kolom komentar.

Salam.

Apakah Anda ingin meningkatkan pendapatan dari Adsense? Temukan rahasia dan strategi meningkatkan pendapatan Adsense secara tuntas dan runut diΒ Tips Jitu Sukses Adsense.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

73 Komentar

  • Maaf Om Gee, saya mau nanya tentang point 3.
    Nama blog harus sama dengan nama domain itu emangnya beberan sangat berpengaruh ya Om?

    Saya sempet baca kalo tips point 3 itu disebut dengan istilah Exact-Match Domain (EMD).

    Nah, saya nanya sama beberapa blogger senior lainnya katanya EMD udah gak terlalu berpengaruh sama SEO blog karena google udah memperbaharui algoritmanya sama blog yang berdomain EMD.

    Mastah blogger lain bilang kalo saat ini yang lebih baik itu adalah blog yang berdomain BRANDABLE ketimbang EMD.

    Gimana menurut OM Gee?
    Mohon jawabannya..
    Thanks!

  • salam, blognya sangat bermanfaat. Terima kasih atas panduannya.
    Saya pemula, pengen punya blog tentang affiliate marketing, makanya saya daftar affiliate marketing d mana mana, hehehe…
    Mohon sarannya, apakah semua affiliate yang saya daftarin itu bagusnya saya tempatkan dalam satu blog saja atau satu affiliate satu blog? bingung nih hehehe,.. makasih sebelumnya mas ghee jhon

  • Nama domain memang sangat berpengaruh untuk kesuksesan website/blog , jadi sudah seharusnya kita jangan asal pilih untuk nama domain πŸ™‚

  • saya py subdomain blogspot ingin mengganti menjadi domain (TLD). Apakah sy harus beli di google apps for work atau bisa beli ditempat lain? Jika beli di tempat lain apakah dapat menyebabkan google tdk pasang iklan ads?

  • tipsnya sangat lengkap terimakasih jadi ada pencerahan nih dalam penamaan blog πŸ™‚

  • @derektor.
    oke deh, pasti nimbrung nanti. πŸ™‚

    @anzar.
    thanks….

    @dicky.
    hmmm…. apa ya? coba diutak-atik dulu, mungkin pembaca lain punya ide buat Mas Dicky ini?

    @jessica.
    aminn… terima kasih Jessica… πŸ™‚

  • saya mau bikin blog yang isinya seputar musik jepang, anime, j-League dll pokoknya jejepangan gitu, judul yang cocok apa ya gan….?

  • @nurul.
    hmm… bingung dimananya nih? πŸ™‚

    @daniel.
    jika dirasa kurang pas, ya dirubah saja mas Daniel. sukses selalu juga tuk Mas Daniel, Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.

  • Informasi sangat berguna dan bermanfaat mas bro. jadi seperti blog saya (nama blog dan url beda) susah dong bersaing? gimana dengan umur blog, masih bisa ga saya lanjutkan bloggingnya mas?
    Sukses selalu ya mas gee jhon.

  • @sutopo.
    sama2 mas Sutopo, semoga tambah sukses.

    @biografi.
    betul sekali. nama blog akan menjadi trademark blog kita seterusnya, jadi harus sejak awal dibuat dg hati2.

  • makasih banyak informasinya gan, memang kita harus memiliki metode yang baik dan benar dalam menentukan judul blog yang benar agar pengunjung banyak berdatangan

  • @kesepian.
    hemm….. tidak ada kata terlambat kok… saya kira sangat jarang (kalau tidak mau dikatakan tidak ada), blogger yg lgsung sukses dengan blog pertamanya.

  • saya sangat menyesal karena terlambat mengetahuinya
    mungkin itulah alasan mengapa blog saya kesepian,
    saya pikir saya akan membuat blog baru

  • membuat alamat blognya tuh sulit banget ya,… gmana carany biar mudah… makasi

  • kadang ada yang suka dan bagus,tapi sudah ada yang memiliki,susah-susah gampang juga memilih blog yang benar

  • @sayid.
    sukses juga buat mas Sayid.

    @blogger.
    makasih, pasti saya berkunjung.

    @rindi.
    masa sih? susahnya dimana?

    @nur.
    silakan, jangan malu2 kalau mau bertanya. hehe….

  • tips yang bermanfaat gan,, trima kasih.

    Kunjungi juga blog saya ya: menarapujian.blogspot.com

  • @sayid.
    ya.. justru di situlah 'seninya' ngeblog. Bagaimana kita mampu menarik pembaca sebanyak-banyaknya. Tidak ada rumus pasti dalam hal ini, namun jika harus dituangkan dalam satu kalimat, maka yang utama adalah: konten yang hebat!

    Untuk memulainya, silakan baca artikel:

    portal-uang.com/2013/09/cara-memilih-niche-terbaik.html

    semoga dari situ bisa mendapat pencerahan…. good luck mas Sayid… πŸ™‚

  • saya pemula, jadi saya masi bingug gimana blog saya banyak pengunjungnya

  • @pajri.
    sama-sama…

    @pelita.
    memang tuk memulai, banyak hal yang dipelajari, mulai dari menentukan niche, memilih nama domain, dan sebagainya. Untungnya, semua informasi tersebut dapat dengan mudah didapatkan dari internet. Silakan googling…. gud lak, sukses selalu…

  • Saya pemula, pengen punya blog untuk bisnis. dan saya pun masih bingung tentang domain & gimana caranya supaya bikin blog yang banyak pengunjungnya….

  • @amira.
    ya pada dasarnya memang kita bisa mau ngeblog tentang apa saja, diisi apa saja, tergantung target dan goal kita sendiri dalam membangun blog. Jika tujuannya adalah membangun blog yg populer dan bisa menghasilkan uang, maka yang terbaik adalah dengan memilih satu topik dan kita tetap di situ.

  • wah klo saya ngga deket sama apa2 hehe soalnya bingung.. secara blog saya isinya random, sebagian besar sih kayak personal blog gitu hehe..

  • @erick.
    apakah maksudnya seperti 'portal-uang.com'?

    jika alamat yg kt inginkan masih tersedia, maka memang yg terbaik adalah tidak menggunakan ' – ' pada alamat domain, tapi jika tidak tersedia, boleh saja memakainya.

    Dan jelas, penggunakan top level domain, terutama .com adalah terbaik bagi yang tidak keberatan mengeluarkan biaya.

    tapi itu juga bukan berarti yg menggunakan sub-domain seperti .blogspot.com tidak kuat di SEO. Saat ini Google sepertinya lebih mementingkan konten dibandingkan alamat situsnya sendiri. Sebagai contoh, silakan ketik 'portal uang' ataupun 'portaluang' di Google.

    Maka 'portal-uang.com' akan muncul di urutan pertama, baru disusul oleh 'portaluang.com'. itu bukti bahwa alamat domain bukan satu2nya faktor utama SEO. juga bukti bahwa sub-domain dg konten bagus akan menang dibandingkan TLD dg konten pas2an.

    Selain itu, dalam artikel ini, saya lebih membahas tentang nama blog, bukan alamat domainnya… πŸ™‚ sukses selalu untuk gubuginformasi.

  • Nama blog sangat berpengaruh. dan setahu saya, jangan membuat nama blog dengan contoh sperti ini : aaaaa-aaaaa.blogxxxx.com.. itu cuma akan mengurangi SEO…

  • @syamsul.
    kembali kasih Mas Syamsul. Ya nama blog itu hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membangun blog. hehe.. keep happy blogging.!

  • makasih tutorialnya. hahaa
    dulu saya pakai nama blog sembarang aja hehehehe ternyata ada cara yg mantap kayak ini

  • @ahyer. untuk pasa PP, sebenarnya tinggal upload poto saja Mas. tapi klo emang udah coba ga bisa, mmm… saya krg tau apa sebabnya. tapi menurut saya, sebaiknya satukan saja profil blogger dg profil G+, itu jg direkomendasikan oleh Google sendiri. jadi profil blogger digantikan dg profil G+. gitu mas…. silakan dicoba.