Expired Domain

Expired Domain

Sedang mencari informasi terkait expired domain. Anda sebelumnya mendengar istilah ini dari mana, mesin pencari seperti Google, forum atau teman.

Bagi yang belum sama sekali mengerti, mari kita bahas lebih lanjut.

Pengertian Expired Domain

Expired domain adalah domain yang sebelumnya sudah didaftarkan oleh perusahaan, organisasi atau pribadi dan domain tersebut tidak diperpanjang dan sudah di delete oleh registrar.

Intinya expired domian ini merupakan domain yang sebelumnya sudah dipakai, karena tidak diperpanjang oleh pemiliknya jadi dihapus oleh pihak penyedia domain.

Apa Itu Expired Domain?

Dari pengertian diatas seharusnya sudah paham apa itu expired domain.

Agar lebih memiliki gambaran bagaimana sebuah domain disebut expired domain, berikut ini prosesnya :

  1. Grace Period, adalah jangka waktu selama 45 hari setelah domain tidak diperpanjang. Pada tahap ini pemilik domain dapat memperpanjang domain secara normal. Namun website sudah tidak bisa dibuka lagi.
  2. Redemption Period, adalah domain tersebut dapat diperpanjang namun ada biaya tambahan (restore) dan waktu yang diberikan selama 30 hari. Biaya tambahan setiap penyedia domain tentunya berbeda. Tapi rata – rata biayanya kurang lebih 10 kalilipat dari harga domain.
  3. Pending Delete, adalah domain sudah tidak dapat diperpanjang dan sudah masuk tahapan lelang domain. Waktu yang diberikan sekitar 5 hari. Nah pada tahap ini biasanya domain tersebut disebut aged domain. Biasanya harganya mahal – mahal, tergantung kualitas domain tersebut.
  4. Available, adalah domain tersedia dan dapat dibeli dengan harga normal.

Itulah proses tebentuknya domain expired dan aged domain.

Perbedaan Expired Domain, Fresh Domain dan Aged Domain

Expired DomainAged DomainFresh Domain
Sudah Melewati Masa Pending Delete DomainBelum Melewati Masa Pending Delete Domain ( Tahap Lelang )Belum Melewati Masa Apapun ( Baru )
Harga Sama Seperti Domain BaruHarga Lebih MahalHarga Sesuai Domain Baru
Punya Backlink Dibawah Rata – Rata (Namun Kalau Sedang Beruntung Bisa Dapat yang Bagus)Punya Backlink BagusMasih Polos

Akhir Kata

Expired domain atau aged domain ini, biasanya digunakan untuk PBN, Web Wallpaper atau Money Site, jika nama dan profile domain bagus.

Selanjutnya silahkan baca panduan cara mencari expired domain.

Tampilkan Komentar
close