Blogging Dasar

Cara Menemukan Nama Domain Blog yang Bagus

cara menemukan nama domain

Salah yang pertama kali dilakukan oleh blogger baru adalah memilih dan menentukan nama domain untuk blognya. Sayangnya, ini terkadang tidak mudah, karena sudah begitu banyak nama domain yang ‘bagus’ telah diambil orang lain.

Pada artikel: Cara Memilih Nama dan Domain Blog yang Benar, saya telah sampaikan beberapa tips dalam memilih nama blog yang tepat, baik dan bagus.

Lalu bagaimana cara Kamu menemukan nama domain yang tepat itu? Ikuti panduan ini untuk menemukan nama domain yang sempurna untuk blog baru Kamu.

Nama kreatif atau nama populer?

Menurut saya, ada dua pendekatan dalam menentukan nama domain, yaitu nama kreatif dan populer. Nah, pertama sekali Kamu harus menentukan ingin menggunakan yang mana. Nama kreatif atau nama populer? Masing-masing punya keunggulan sendiri.

Keuntungan menggunakan nama domain yang jelas nyata berhubungan dengan topik blog Kamu, adalah bahwa ia dapat membantu orang lain dengan mudah menemukan blog Kamu melalui pencarian suatu keyword (kata kunci). Juga, memudahkan orang untuk mengingat nama domain blog Kamu, karena mengandung kata kunci yang sudah akrab di telinga.

Sebaliknya, nama domain yang kreatif, dapat menjadi sebuah brand yang sangat kuat, akan menjadi ikon, jika suatu saat blog Kamu sukses dikenal luas. Nama domain kreatif ini jelas akan menonjol di antara para pesaing karena keunikannya.

Memeriksa nama populer yang tersedia

Jika Kamu memutuskan untuk menggunakan nama populer untuk domain, selanjutnya Kamu perlu melakukan riset nama apa yang tersedia, karena kemungkinan nama yang Kamu inginkan telah dimiliki orang lain.

Kamu bisa melakukan pencarian ini di situs registrat domain manapun. Ada banyak tempat yang menyediakan pembelian domain ini, baik perusahaan luar negeri maupun dalam negeri. Silakan googling untuk menemukan salah satunya.

Membuat daftar keyword yang digunakan untuk nama domain

Dalam mencari nama yang tersedia juga dan sesuai bagi blog Kamu, adalah ide yang baik untuk menyediakan beberapa waktu melakukan riset keyword yang berhubungan dengan topik blog Kamu. Kamu bisa menggunakan tool seperti Google Keyword Planner, atau situs lainnya seperti WordStream dan WordTracker.

Cari keyword yang banyak dicari dan memiliki kompetisi rendah. Dengan menggunakan keyword tersebut sebagai bagian dari nama domain, dapat mempermudah blog ditemukan melalui pencarian kata kunci di mesin pencari.

Ciptakan nama Kamu sendiri

Jika Kamu memilih nama kreatif untuk domain blog, Kamu bebas berkreatifitas. Kamu bisa membuat nama domain seunik mungkin.

Ini beberapa ide yang mungkin dapat membantu Kamu ‘memasak’ nama domain Kamu:

  • Buatlah menjadi sebuah kata. Tambahkan satu atau dua suku kata pada kata utama yang Kamu pilih. (squidoo.com, wikipedia.com)
  • Gunakan kata atau gabungan dua kata yang sama tidak berhubungan dengan topik blog. (boingboing.net, juragancipir.com)
  • Gunakan awalan atau akhiran, tambahkan pada kata aslinya. (friendster.com atau engadget.com)
  • Tambahkan imbuhan “the”, “pro”, “uni” dan sebagainya. (thesuperficial.com)

Nah, itulah beberapa tips yang dapat membantu Kamu menemukan nama domain paling tepat untuk blog blog Kamu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

12 Komentar