Apakah Kamu termasuk blogger yang tidak memonetisasi blognya karena merasa saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk menjalankannya?

Oke, saya pun dulu pernah mengalaminya. Saya tidak berusaha memonetisasi blog menggunakan Adsense ataupun program periklanan lainnya di awal-awal membangun blog dulu.Alasannya: khawatir mengganggu kenyamanan pembaca.

Kini pertanyaannya adalah:

“Haruskah saya menjalankan iklan Adsense di blog baru?”

Beberapa waktu yang lalu, ada obrolan menarik antara saya dengan salah seorang teman blogger. Dia bercerita bahwa telah mendaftar ke Google Adsense dan telah disetujui. Namun, sampai sekarang ia belum juga menjalankan Adsense di blognya.

Berikut intisari percakapan saya dengannya:

Saya: “Kenapa?”

Teman: “Karena blog saya masih baru. Dengan memasang iklan di blog tersebut, saya khawatir pembaca menganggap saya ngeblog semata untuk mencari uang, padahal yang utama adalah saya hanya ingin berbagi.”

Saya: “Lalu kenapa Kamu mendaftar ke Adsense, padahal tidak berniat memonetisasi blognya?”

Teman: “Saya akan menjalankannya nanti, setelah saya mendapat trafik yang cukup tinggi.”

Saya: “Lalu, apa bedanya antara memasang iklan sekarang dengan nanti? Apakah persepsi pembaca akan berubah setelah Kamu mendapat trafik tinggi satu saat nanti?”

Obrolan saya terhenti setelahnya karena beberapa hal. Tapi dari obrolan itu, saya juga sempat berpikir: Benarkah demikian?

Saya menulis artikel ini, karena merasa bukan hanya teman blogger saya itu tadi yang merasa demikian, namun mungkin banyak blogger lain pun merasakan hal yang sama.

Pertanyaannya adalah: Mengapa tidak mulai dari sekarang? Mengapa harus nanti?

Menghasilkan uang blog, tidak serta-merta membuat Kamu menjadi blogger yang kehilangan gairah atau pun seorang blogger ‘mata duitan’. Namun, ia lebih seperti menghasilkan sesuatu dari hal yang Kamu sukai. Coba Kamu pikirkan baik-baik: Apakah itu salah?

Bila Kamu memiliki blog yang dapat dimonetisasi, sedangkan Kamu sendiri perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tagihan internet, bayar hosting dan lain sebagainya, monetislah sejak sekarang!Ya, kemungkinan besar Kamu hanya akan mampu menghasilkan $10 – $100 dengan sebuah blog baru, tapi paling tidak Kamu mulai menghasilkan uang dari blog Kamu!

Sekarang, mari kita berpikir sebaliknya:

Jika sebuah iklan tampil di blog Kamu, dan iklan tersebut relevan dengan topik yang Kamu tulis, maka secara tidak langsung, ia juga sedikit banyak akan membantu pembaca. Kamu memberi mereka informasi tempat yang tepat guna mencari produk yang mereka mungkin tertarik terhadapnya.

Inti dari yang ingin saya sampaikan kali ini adalah, sesungguhnya tidak ada namanya ‘waktu yang tepat’ untuk memulai memonetisasi blog. Tapi, satu-satunya yang mesti Kamu camkan baik-baik adalah:

Tidak ada salahnya menjalankan iklan pada sebuah blog baru sekalipun. Yang terpenting, jangan menjalankan iklan dengan cara yang mengganggu kenyamanan pengunjung dan atau menutupi konten Kamu, atau jumlah iklan yang terlalu banyak, sehingga terkesan blog Kamu berisi iklan semata.

Nah, itulah pendapat pribadi saya mengenai usaha memonetis blog baru menggunakan program ads-network. Kamu dapat membaca lebih jauh tentang hal ini, pada artikel yang pernah saya tulis sebelumnya, yaitu: Kapan Waktu yang Tepat Memonetisasi Blog?

Sukses selalu untuk kita semua. Bagi Kamu yang tertarik menjalankan Google Adsense dengan baik dan sukses, silakan baca panduan dasar lengkapnya di:

Panduan Lengkap Menjalankan Google Adsense bagi Pemula

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

22 Komentar

  • Benar banget itu mas.
    walaupun isi blog saya bukan suatu hal yang menarik, tetep saja saya berusaha untuk gabung adsense dan pasang iklannya.
    Alhamdulilah udh 4 hari ini disetujui,yang sebelumnya udh belasan kali ditolak.

  • Benar banget mas, kalau sekiranya blog membutuh biaya hosting, harus memonetisasinya sejak sekarang. sedikit banyak pasti membantu, dan cari hosting yang gak mahal-mahal banget mas. sip deh

  • @rizal.
    ya… bisa jadi. itu pilihan bagus tuk monetis blog. tapi banyak juga kok selain adsense. 🙂

    @nugfiles.
    tuk mendaftar adsense, memang sebaiknya tidak terburu-buru, tapi kan bisa juga dg menjalankan lainnya. namun begitu, jika memang merasa sudah 'siap', kenapa tidak langsung didaftarkan ke adsense.

    @aku.
    sip…. semoga lekas menghasilkan.. 🙂

  • Untung saya nyasar kesini gan ! Jadi boleh ya blog yang masih sedikit pengunjungnya di psang adsense ! Karena pernah saya baca katanya syarat ikutan adsense itu harus puluhan ribu UV/ day ! Sempat ngedrop mental juga haha ! Setelah baca artikel saya akan pasang sekarang juga 😀

  • saya sependapat mas, tapi terkadang dibenak saya terpikirkan untuk diawal2 jika saya mendaftarkan ke google adsense apakah bisa disetujui mas? Misalkan blog saya adalah blog indonesia dan trafik masih sedikit, apakah akan disetujui oleh pihak google?
    terkadang itu yang menghambat para blogger untuk ragu2 mendaftarkan blog nya untuk di monetize…

    • Jangan menyerah mas, pasti pada waktunya akan disetujui.
      .
      .
      kalau gak percaya.liat blog saya.
      konten nya biasa saja,gk menarik/unik, Indonesia pula (sesuai kemampuan). Toh akhirnya disetujui, 4hari yg lalu.
      .
      .
      Tapi saya tidak menyarankan untuk membuat konten biasa saja, sebaiknya mmg membuat konten yg bagus,menarik itu jauh lebih baik.krn adsense pun menyukai konten yg unik.

  • @denny.
    sama2 mas Denny. Semoga kembali lagi ke PortalUang. 🙂

    @ady.
    wah, saya merasa 'tersanjung' hehe… .makasih banyak atas apresiasinya terhadap PortalUang Mas Ady…. sukses selalu!

  • Bener banget mas, saya juga begitu dan sampai sekarang tidak semua blog saya pasang adsense. Hebat mas, jadi nyadar skrg 😀

    Portal uang memang tempat saya belajar banyak, terutama adsense. Sejak saya mengenal adsense agustus lalu portal uang seperti sekolah.

  • @denny.
    aminn…. invalid itu hal biasa. yg penting jgn sampai terjadi fraud click, itu yg tidak boleh. 🙂

    @dea.
    ya itu salah satunya, terima kasih atas tambahannya, sukses selalu mba Dea…. 🙂

  • Ikut nambahin pendapat ya mas Gee Jhon,
    Menurut saya blog yang ada iklan nya terutama adsense lebih berkelas dan kompeten karena sudah lulus seleksi berbagai aspek dari google

  • Setuju mas, Yang penting iklan yang kiga pasang tidak mengganggu pengunjung, sekalipun di blog baru… 🙂

  • @angger.
    waduh, sama2 mas Agus. Oya, mohon maafnya, untuk logonya blm sempat saya corat-coret, lagi banyak job yg dikejar deadline. 🙂

  • @mitra.
    setuju mas…. saya jg gitu, tapi sekarang saya udah jadi blogger 'mata duitan', hehe…. tapi tetap, menjalankan iklan di blog, tidak lantas membuat saya kehilangan gairah dan kecintaan saya tehadap topik yang saya tulis. keep happy blogging!

  • dulu saya juga sempat begitu mas,,, ngeblog hanya iseng dan tidak berniat memasang iklan,,, namun iseng2 buang manggis deh,,, kalau dapat uang dari ngeblog kenapa tidak dan jikapun nanti tidak dapat,, tetap happy fun ngeblog,,,