Cara Cek Kuota Telkomsel

Sebagai penyedia layanan telkomunikasi dengan jangkauan paling luas, Telkomsel menyediakan beragam kemudahan. Salah satu kemudahan tersebut terlihat dari metode atau cara cek kuota Telkomsel. Salah satu indikator kesuksesan sebuah provider adalah kemudahan yang diberikan kepada penggunanya. Pada umumnya cara cek kuota untuk pengguna Telkomsel dapat dilakukan melalui 3 cara.

Ke-3 cara cek kuota Telkomsel terbaru tersebut adalah melalui panggilan ke *888#, SMS ke 3636, dan aplikasi myTelkomsel. Pengecekan kuota dianjurkan untuk Kamu lakukan secara berkala untuk memastikan kelancaran penggunaan nomor Telkomsel Kamu. Agar terhindar dari kuota yang tergerus karena pemakaian yang berlebihan dan tidak diperlukan, Kamu perlu menyimak beberapa tips mengenai cara menghemat kuota.

Baca juga : Cara Daftar, Cek dan Paket SMS Telkomsel Termurah ke Semua Operator

Cara Cek Paket Kuota Telkomsel 2019

Melalui Panggilan

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan melalui panggilan ke *888#. Dengan mengakses menu *888#, Kamu dapat melakukan beragam hal yang berkaitan dengan kartu perdana Telkomsel yang Kamu lakukan, dari mulai cara cek kuota Telkomsel 4G hingga cara cek paket kuota Telkomsel. Cara melakukannya tidak sulit dan tidak pula membutuhkan waktu yang lama. Berikut cara cek kuota melalui panggilan ke *888#.

  • Ketik *888#, kemudian tekan panggil/call.Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Panggilan ke 888
  • Pilih balas/reply dan ketika angka 3 untuk mengecek kuota pada kotak dialog.
  • Dari sini, Kamu bisa pilih beragam macam kuota dari mulai kuota internet hingga kuota SMS.
  • Silakan pilih angka yang sesuai dengan kuota yang akan Kamu pilih.
  • Setelah memilih, Kamu akan mendapatkan SMS dari nomor 3636 yang berisi kuota yang Kamu pilih.

Lewat SMS

Selain melalui panggilan, cara cek sisa kuota Telkomsel kedua adalah melalui SMS. Cara cek kuota Telkomsel lewat SMS ini tidak sulit dipraktikkan. Cara ini berlaku jika Kamu ingin mengecek beragam kuota Telkomsel dan tidak terbatas oleh kartu perdana, yang penting kartu perdana yang digunakan merupakan kartu perdana Telkomsel. Cara cek kuota melalui SMS ini gratis. Berikut cara cek kuota melalui SMS ke 3636.

  • Ketik UL (spasi) INFO.
  • Kirim ke 3636.Cara Cek Paket Kuota Telkomsel Melalui SMS ke 3636
  • Selain format UL, Kamu juga bisa menggunakan format FLASH (spasi) INFO V2.
  • Kamu akan menerima SMS balasan yang berisi kuota Telkomsel.

Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek kuota Telkomsel ketiga yang bisa Kamu lakukan adalah melalui aplikasi myTelkomsel. Melalui myTelkomsel, Kamu bisa melakukan beragam pengecekan dari mulai cara cek kuota internet Telkomselhinggacara cek kuota data Telkomsel. Bagaimana cara mendapatkan aplikasi myTelkomsel ini? Kamu dapat mendownload aplikasi ini di Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS).

Setelah mendownload, segera lakukan instalasi di samrtphone Kamu masing-masing. Jika instalasi sudah selesai, maka Kamu sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi ini amat direkomendasikan untuk digunakan pengguna Telkomsel. Dari mulai cara cek kuota midnight Telkomsel hingga cara cek kuota Telkomsel Flash bisa Kamu lakukan melalui myTelkomsel. Berikut adalah langkah-langkah cek kuota melalui aplikasi myTelkomsel.

  • Masuk (login) ke aplikasi myTelkomsel.
  • Tidak perlu bingung karena informasi mengenai sisa kuota sudah dapat Kamu lihat di halaman awal.

Kuota Murah Telkomsel

Untuk melihat detailnya, sentuh informasi tersebut dan pilih informasi yang diinginkan.Kuota internet dari Telkomsel memang dihargai murah. Paket data internet dari Telkomsel dari mulai yang murah hingga mahal pun tersedia sejalan dengan kualitas dan kuota paket data yang ditawarkan. Agar tidak bobol dan menggunakan paket data secara berlebihan, Kamu harus mengetahui cara cek kuota hooq Telkomsel, cara cek kuota Telkomsel loop, dan cara mengecek kuota internet Telkomsel lainnya.

Paket kuota murah ini juga tersedia untuk masing-masing kartu perdana dari Telkomsel (SimPATI, Kartu As, Kartu Halo, dan Loop). Bahkan, Telkomsel menyediakan paket kuota murah untuk para driver ojek online. Selain dikenal karena jangkauannya yang luas, Telkomsel dikenal juga karena fleksibilitas paket datanya yang sangat beragam. Dikabarkan terdapat kode-kode misterius yang dapat membuka kuota murah dari Telkomsel ini.

5 Tips Hemat Kuota Telkomsel

Penggunaan internet yang berlebihan dan tidak efektif dapat membuat kuota internet Kamu terkuras drastis. Mengetahui cara cek kuota As Telkomsel dan cara cek kuota Telkomsel SimPATI dapat membantu Kamu untuk mengatur penggunaan internet yang berlebih tersebut. Agar kantong tidak bolong, dikutip dari Berakal (berakal.com) berikut adalah 5 tips hemat kuota Telkomsel yang bisa Kamu simak dan terapkan.

  1. Manfaatkan dengan Baik Layanan Wifi

Jika Kamu berada di kawasan yang menyediakan layanan wifi gratis, maka segera matikan paket data dan manfaatkan wifi tersebut. Selain itu, hanya gunakan wifi untuk mengakses dan menggunakan aplikasi yang memakan kuota. Kamu bisa menggunakan wifi untuk mendownload atau mengupdate aplikasi. Sementara paket data dapat Kamu manfaatkan dengan hanya menggunakannya untuk berkomunikasi.

  1. Aktifkan Notifikasi Pembatasan Kuota

Notifikasi ini akan membantu Kamu mengetahui seberapa banyak kuota yang sudah terpakai. Dengan demikian, Kamu akan mendapatkan semacam alarm kapan harus berhenti dan kapan boleh terus melanjutkan pemakaian kuota. Umumnya, notifikasi ini muncul ketika penggunaan data hampir mencapai batas maksimal.

  1. Turn Off Fungsi Auto-Sync dan Update

Hal yang kadang tidak disadari atau bahkan diabaikan adalah penggunaan fitur auto-sync dan update yang tidak diatur dengan baik. Fitur tersebut terbukti akan menguras kuota Kamu tanpa sepengetahuan Kamu. Jika memang Kamu dengan sengaja menggunakannya maka hal tersebut sah-sah saja. Namun jika tidak, tentu amat merugikan.

  1. Atur Penggunaan Aplikasi yang Memakan Banyak Kuota

Ketahuilah aplikasi-aplikasi mana yang berpotensi menguras kuota. Jika sudah tahu, maka Kamu bisa selektif dan efektif menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Jika memang tidak dibutuhkan atau tidak terlalu penting, maka batasi penggunaannya. Jika tidak diatur, aplikasi tersebut akan memakan banyak kuota.

  1. Efektif dalam Membeli dan Menggunakan Paket

Rencanakan dengan matang, paket internet mana yang akan Kamu gunakan. Jika tidak membutuhkan kuota besar, maka tidak perlu membeli paket dengan kuota besar. Jika Kamu ingin efektif, maka Kamu bisa membeli paket data yang sesuai dengan kebutuhan internet Kamu. Dengan demikian, Kamu akan menggunakan paket tersebut dengan efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Dengan mengetahui cara cek masa aktif kuota Telkomsel dan cara cek kuota Telkomsel, Kamu dapat lebih hemat dan bijak dalam menggunakan paket data internet dari Telkomsel.Kamu dapat memanfaatkan ke-5 tips di atas untuk menghemat dan terhindar dari bobolnya paket data karena penggunaan dan pengaturan yang tidak perlu. Akibatnya, Kamu akan menjadi pengguna paket data yang efektif dan efisien.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~