Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel

Terdapat beragam metode untuk memperpanjang atau membeli masa aktif Telkomsel.Cara beli masa aktif Telkomsel tentu berbeda-beda bergantung jenis kartu yang digunakan. Satu cara memperpanjang kartu Telkomsel tidak selalu bisa diterapkan untuk memperpanjang kartu lain. Selain perbedaan cara tersebut, ada juga perbedaan sifat akumulatif dari masing-masing kartu perdana yang digunakan.

Perpanjangan masa aktif Telkomsel berlaku untuk pengguna kartu Simpati, Kartu As, dan Loop. Sebelum memperpanjang, sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah sudah harus diperpanjang atau belum. Hal tersebut dilakukan agar Kamu melakukan pembelian yang efektif. Jangan sampai Kamu memperpanjang masa aktif dari kartu yang masa aktifnya masih lama, atau bahkan baru diperpanjang.

Baca juga : Paket Internet Telkomsel Harian, Mingguan, Bulanan, Unlimited, Murah dan Terbaru.

Cek Dulu Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cek Dulu Masa Aktif Kartu Telkomsel

Agar semuanya serba pasti, lakukan pengecekan terhadap kartu Telkomsel yang Kamu gunakan. Cara pengecekan ini berlaku untuk pengguna Simpati, Kartu As, dan Loop. Berikut 2 cara untuk mengecek masa aktif.

Melalui Aplikasi myTelkomsel

Pengguna Telkomsel lama tentu sudah memiliki dan menggunakan aplikasi ini. Jika Kamu pengguna baru, maka Kamu dianjurkan untuk menggunakan aplikasi myTelkomsel. Caranya adalah dengan mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Kemudia, instal dan buat akun (registrasi). Selanjutnya, masuk (login) ke aplikasi. Informasi mengenai masa aktif kartu sudah terpampang di dashboard.

Melalui Kode Dial

Cara kedua merupakan cara yang digunakan sejak lama. Ketik *888# dan lakukan panggilan. Mudah bukan?

Cara Beli Masa Aktif Telkomsel 2019

Beli Masa Aktif Telkomsel

Salah satu perbedaan dalam cara menambah masa aktif Telkomsel adalah pada sifat akumulatif. Memperpanjang masa aktif Telkomsel ada yang bersifat akumulatif dan ada juga yang tidak. Jika tidak akumulatif maka masa aktifnya akan mengikuti masa aktif paling panjang antara paket lama dengan paket baru. Dengan kata lain, masa aktifnya ditentukan oleh masa aktif paling lama antara paket lama dengan paket baru.

Apa yang membedakan hal tersebut? Kartu perdana Telkomsel yang menjadi pembeda. Perlu diketahui, mentransfer pulsa Telkomsel tidak bisa menambah masa aktif Telkomsel. Hal lain yang perlu Kamu perhatikan adalah masa tenggang kartu. Metode memperpanjang masa aktif dapat bergantung pada masa tenggang kartu Telkomsel yang Kamu gunakan. Berikut adalah cara memperpanjang masa aktif Telkomsel.

Menggunakan Pulsa

Yang dimaksud menggunakan pulsa adalah menggunakan pulsa untuk membeli paket. Selain dengan membeli paket, Kamu bisa mengkonsumsi pulsa dengan menggunakan internet, menelepon, ber-SMS tanpa paket dengan jumlah tertentu dalam periode 1 bulan. Cara ini berlaku untuk pengguna Kartu As dan Simpati Loop.

Membeli Masa Aktif

Kamu bisa membeli masa aktif untuk memperpanjang masa aktif. Cara ini berlaku untuk pengguna Simpati.

Mengisi Ulang Pulsa

Lakukan pengisian pulsa dan masa aktif akan bertambah. Cara ini berlaku untuk seluruh kartu Telkomsel.

Sering menggunakan internet Telkomsel namun kadang – kadang tidak bisa, baca saja artikel : Kuota Lokal Telkomsel.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Simpati

Terdapat 3 cara untuk memperpanjang masa aktif Simpati. Ke-3 cara tersebut adalah melalui isi ulang, membeli masa aktif, dan dengan mengunjungi Grapari Telkomsel di kota Kamu. Perpanjangan masa aktif Simpati berlaku akumulasi. Dengan demikian masa aktif kartu Kamu dapat bertambah dengan masa aktif yang baru. Berikut adalah 3 cara memperpanjang masa aktif kartu Simpati.

Melalui Isi Ulang Pulsa

Kamu cukup melakukan isi ulang atau membeli pulsa untuk memperpanjang masa aktif kartu Simpati Kamu. Metode ini berlaku untuk pengguna kartu Simpati di masa aktif dan masa tenggang. Waktu perpanjangan akan bergantung dengan jumlah pulsa yang Kamu beli. Berikut adalah daftar nominal pulsa yang harus Kamu beli dan waktu perpanjang masa aktif kartu Simpati.

  • Rp 5.000 = 7 Hari
  • Rp 10.000 = 15 Hari
  • Rp 15.000 = 20 Hari
  • Rp 20.000 = 30 Hari
  • Rp 25.000 = 30 Hari
  • Rp 50.000 = 45 Hari
  • Rp 100.000 = 60 Hari
  • Rp 150.000 = 120 Hari
  • Rp 200.000 = 150 Hari
  • Rp 300.000 = 180 Hari

Membeli Masa Aktif

Kamu bisa memperpanjang masa aktif Simpati dengan beli masa aktif Telkomsel. Cara ini berlaku untuk kartu Simpati yang masih aktif dan tidak berada di masa tenggang apalagi sudah habis. Waktu perpanjangan yang didapatkan bergantung jumlah atau nominal masa aktif yang dibeli. Berikut adalah cara membeli masa aktif sekaligus daftar harga dan waktu perpanjangan kartu Simpati.

  • Lakukan panggilan ke *999#.
  • Pilih “Layanan Lain” atau “Lainnya”.
  • Pilih “Paket Masa Aktif”.
    • Rp 5.000 = 7 Hari
    • Rp 15.000 = 30 Hari
    • Rp 30.000 = 90 Hari
  • Silakan pilih paket masa aktif yang Kamu ingin beli.
  • Masa aktif akan bertambah sesuai dengan paket yang Kamu beli.

Datang ke Grapari

Bagaimana jika kartu Simpati sudah terlanjur mati atau habis masa tenggang, bisakah diaktifkan kembali? Tentu bisa. Kartu tersebut akan diaktifkan kembali sebagai kartu parabayar Telkomsel alias Kartu Halo. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengunjungi Grapari Telkomsel di kota masing-masing. Kunjungi Grapari paling lambat 15 hari setelah masa tenggang habis dengan membawa KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Jangan lupa untuk menukarkan Poin Kamu ! caranya cukup mudah baca : Cara Menukar Poin Telkomsel.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu As

Kartu As merupakan kartu Telkomsel kedua populer setelah Simpati. Untuk masa aktif kartu As, tidak berlaku akumulasi. Dengan demikian, masa aktif yang digunakan adalah masa aktif yang terpanjang dari kartu lama dan baru. Masa aktif maksimal kartu As adalah 30 hari. Penambahan masa aktif Kartu As berbeda di 3 periode waktu atau status. Berikut adalah 3 cara memperpanjang masa aktif kartu As.

Menggunakan Pulsa

Cara paling mudah untuk memperpanjang masa aktif Kartu As adalah dengan menggunakan atau memakai pulsa. Berapa banyak pulsa yang harus digunakan? Pulsa yang digunakan cukup Rp 500 saja. Masa aktif akan bertambah sebanyak 30 hari setelah masa aktif sebelumnya habis. Jumlah penggunaan pulsa untuk memperpanjang masa aktif Kartu As tersebut merupakan jumlah yang kecil dan ekonomis.

Melakukan Isi Ulang

Memperpanjang masa aktif dengan isi ulang merupakan cara menambah masa aktif kartu as yang sudah tengang. Kamu cukup melakukan isi ulang pulsa untuk memperpanjang masa aktif Kartu As. Berapa lama perpanjangan masa aktifnya? Waktu perpanjangan masa aktif bergantung pada jumlah atau nominal pulsa yang Kamu beli. Berikut adalah jumlah pulsa beserta waktu perpanjangan masa aktif Kartu As.

  • Rp 5.000 = 7 Hari
  • Rp 10.000 = 7 Hari
  • Rp 20.000 = 15 Hari
  • Rp 50.000 = 30 Hari
  • Rp 100.000 = 30 Hari

Mengunjungi Grapari

Jika kartu As Kamu sudah habis, maka Kamu bisa mengunjungi Grapari Telkomsel untuk menghidupkannya kembali sebagai kartu Halo. Metode ini hanya diterapkan jika Kamu sangat membutuhkan kartu As Kamu yang masa tenggangnya sudah habis. Kunjungi Grapari Telkomsel di kota Kamu dengan membawa KTP asli dan nomor Kartu Keluarga (KK). Kartu As Kamu kemudian akan dirubah dahulu menjadi Kartu Halo.

Cara Perpanjang Masa Aktif Simpati Loop

Cara untuk memperpanjang masa aktif Simpati Loop akan didasarkan pada 3 status masa aktif kartu tersebut. Perlu diketahui, penambahan masa aktif Simpati Loop ini tidak berlaku akumulasi. Dengan demikian, masa aktifnya diambil dari masa aktif kartu yang terpanjang. Penambahan masa aktif Loop adalah maksimal 30 hari. Berikut adalah 3 cara perpanjang masa aktif Loop 2019.

Memakai Pulsa

Cara memperpanjang masa aktif Loop dengan memakai pulsa berlaku untuk kartu Loop yang masih dalam masa aktif. Kamu tidak memerlukan konsumsi pulsa yang besar, dengan konsumsi pulsa sebesar 5.000 saja, masa aktif Loop akan bertambah sebanyak 30 hari hingga 365 jari pada H+1 setelah masa aktif sebelumnya habis atau kadaluwarsa.Cara menukarkan pulsa dengan masa aktif Simpati Loop ini bervariasi.

Kamu bisa menggunakan pulsa tersebut untuk menelepon, ber-SMS, maupun menggunakan internet. Yang penting pulsa tersebut dikonsumsi. Berikut adalah daftar penukaran (konsumsi) pulsa Simpati Loop dengan penambahan masa aktifnya.

  • Rp 5.000 – Rp 50.000 = 30 Hari
  • Rp 50.001 – Rp 100.000 = 60 Hari
  • Rp 100.001 – Rp 250.000 = 90 Hari
  • Rp 250.001 – Rp 500.000 = 120 Hari
  • Lebih dari Rp 500.000 = 365 Hari

Mengisi Ulang Pulsa

Kamu dapat memperpanjang masa aktif Simpati Loop dengan melakukan isi ulang pulsa Telkomsel. Cara ini berlaku pada pengguna Simpati Loop yang sedang berada di masa tenggang. Waktu penambahan masa aktifnya bergantung dengan jumlah atau nominal pulsa yang dibeli. Berikut adalah daftar jumlah pulsa (isi ulang) dan waktu perpanjangan masa aktif kartu Simpati Loop.

  • Rp 5.000 – Rp 50.000 = 30 Hari
  • Rp 50.001 – Rp 100.000 = 60 Hari
  • Rp 100.001 – Rp 250.000 = 90 Hari
  • Rp 250.001 – Rp 500.000 = 120 Hari
  • Lebih dari Rp 500.000 = 365 Hari

Dikonversi Menjadi Kartu Halo

Memperpanjang masa aktif dengan mengkonversi Simpati Loop ke Kartu Halo merupakan cara memperpanjang masa aktif Loop tanpa pulsa. Kamu tidak perlu mengeluarkan pulsa sepeserpun untuk memperpanjang masa aktif. Cara ini hanya berlaku untuk kartu Loop yang sedang berada di masa tenggang. Caranya adalah dengan datang dan berkunjung ke Grapari Telkomsel paling lambat 15 hari setelah masa tenggang habis.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel 1 Tahun

Masing-masing kartu memiliki cara memperpanjang masa aktifnya sendiri. Untuk mendapatkan masa aktif selama 1 tahun, Kamu bisa membeli masa aktif atau mengisi ulang pulsa. Yang Kamu perlukan adalah nominal yang cukup untuk membeli atau menukarkan pulsa untuk penambahan masa aktif selama 1 tahun. Berikut adalah cara memperpanjang masa aktif Telkomsel berdasarkan kartu Simpati, Kartu As, dan Simpati Loop.

Simpati Loop

Untuk pengguna Loop, Kamu bisa membeli pulsa lebih dari Rp 500.000 untuk menambah masa aktif selama 365 hari. Kamu juga bisa menggunakan pulsa lebih dari Rp 500.000 untuk penambahan masa aktif selama 1 tahun.

Simpati dan Kartu As

Untuk pengguna Simpati dan Kartu As, Kamu bisa membeli masa aktif pulsa dengan mengakses *999#. Untuk mendapatkan masa aktif selama 1 tahun, belilah pulsa Rp 100.000 untuk penambahan selama 365 hari (1 tahun).

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Flash

Selain layanan SMS dan telepon, Telkomsel juga menyediakan layanan Flash internet. Hal yang kadang menyebalkan kerap terjadi jika masa aktif Telkomsel Flash sudah habis. Jika Kamu sering atau baru saja mengalami hal tersebut, Kamu tidak perlu panik. Terlebih jika kuota yang dimiliki masih melimpah atau bahkan belum digunakan sama sekali. Tentu saja Kamu akan mengalami kerugian besar karenanya.

Jika hal tersebut terjadi pada Kamu, maka langkah yang harus dilakukan adalah segera memperpanjang masa aktifnya. Cara perpanjangan masa aktif Telkomsel Falsh berlaku untuk pengguna Simpati, Kartu As, dan Loop. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara memperpanjang masa aktif Telkomsel Flash.

Cara Memperpanjang Flash untuk Pengguna Simpati

Untuk menambah masa aktif pengguna Simpati paket data Flash, akses kode dial *999# atau *363#. Pilih OK atau Yes, kemudian ikuti instruksi dan prosedur selanjutnya.

Cara Memperpanjang Flash untuk Pengguna Kartu As

Tidak jauh berbeda dengan pengguna Simpati. Pengguna Kartu As dapat memperpanjang masa aktif melalui kode dial *100# atau *363#. Selanjutnya pilih OK atau Yes dan ikuti instruksi selanjutnya.

Cara Memperpanjang Flash untuk Pengguna Loop

Metode yang sama juga diterapkan untuk pengguna Loop dengan kode dial yang berbeda. Akses menu dial *567# atau *363#. Pilih Yes atau OK, kemudia ikuti prosedur serta instruksi selanjutnya.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Telkomsel

Cara memperpanjang masa aktif kuota Telkomsel adalah dengan membeli paket Telkomsel untuk negara/zona yang sama. Cara ini hanya berlaku untuk paket Telkomsel roaming. Sementara untuk memperpanjang masa aktif kuota internet, telepon, SMS Telkomsel (lokal), sampai saat ini belum ada cara untuk melakukan hal tersebut.  Berikut adalah cara perpanjangan masa aktif yang hanya berlaku untuk paket dan kuota roaming.

  • Perpanjangan masa aktif kuota Telkomsel
  • Perpanjangan masa aktif paket Telkomsel
  • Perpanjangan masa aktif kuota internetTelkomsel
  • Perpanjangan masa aktif kuota Simpati
  • Perpanjangan masa aktif paket internet Simpati Loop
  • Perpanjangan masa aktif kuota Kartu As

Jika masa aktif kuota tersebut habis, maka kuota akan hangus meskipun kuotanya masih banyak. Tidak berlaku akumulasi untuk pembelian paket dengan masa aktif baru. Dengan demikian masa aktif yang terpanjanglah antara yang lama dan baru yang akan digunakan sebagai masa aktif selanjutnya. Terakhir cara membeli masa aktif Telkomsel dan kuotanya ini hanya berlaku untuk pembelian paket roaming saja, di luar itu tidak bisa diterapkan.

Jika Kamu sudah melakukan seluruh cara cara beli masa aktif Telkomsel di atas, tetapi masih gagal memperpanjang masa aktif Telkomsel, maka Kamu harus segera menghubungi call center Telkomsel. Bisa jadi terdapat masalah pada nomor Telkomsel yang Kamu gunakan. Hubungi Telkomsel di 188 atau 08071811811. Kamu juga bisa mengontak Telkomsel melalui aplikasi myTelkomsel, email, Facebook, dan Twitter.

Baca juga : Mifi Telkomsel.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~