Ini Cara Mudah Mengaktifkan dan Menonaktifkan NSP Telkomsel

Masih tertarik menggunakan NSP Telkomsel? Memang, nada sambung pribadi ini tak bisa Anda dengarkan sendiri, melainkan hanya orang yang menelpon saja yang bisa mendengar lagu atau nada yang didengarkan.

Pengguna yang langsung menelepon tanpa aplikasi sekarang juga jarang ditemukan. Namun, bukan berarti tak ada sama sekali, kan?

Baca juga : Paket Nelpon Telkomsel

Kode NSP Telkomsel

Ini Cara Mudah Mengaktifkan dan Menonaktifkan NSP Telkomsel

Sebelum Anda tahu bagaimana cara mengaktifkan dan cara berhenti berlangganan NSP Telkomsel, baiknya Anda tahu apa saja kode dari layanan NSP ini. Kode untuk setiap lagu yang ada berbeda-beda. Mustahil bila Anda harus menghapal semua kode dari NSP yang ada di Telkomsel karena jumlahnya ribuan.

Namun, Anda bisa melihat beberapa pilihan yang sudah disediakan. Untuk melihat lagu pilihan dari Telkomsel, Anda bisa mengetikkan kode HOT dan kirim ke 1212. Nantinya, Anda akan mendapat balasan SMS berupa lagu-lagu yang disarankan Telkomsel untuk dijadikan NSP.

Sedangkan bila Anda ingin memilih lagu terpopuler, maka Anda bisa mengirim SMS dengan kode TOP untuk NSP Telkomsel Anda. Sama seperti kode sebelumnya, nanti akan ada balasan SMS berisi kode dari NSP terpopuler di Telkomsel. Sedangkan untuk lagu paling baru, tinggal ketikkan kode NEW saja.

Kalau mau cari lagu yang Anda suka, tinggal ketikkan CARI spasi  artis atau judul lagu yang Anda inginkan. Bila lagu tersebut ada, nantinya Anda akan mendapatkan balasan berupa kode NSP untuk lagu tersebut. Sedangkan bila Anda ingin melihat daftar musik atau lagu yang ada di MusicBox, Anda bisa kirim LIST ke 1212.

Bila Anda kepincut dengan NSP yang ada di ponsel teman dan Anda juga ingin lagu tersebut, tinggal ketikkan COPY spasi nomor HP Teman Anda saja lalu kirim SMS ke 1212. Nantinya, Telkomsel akan memberitahukan kode dari NSP yang ada di ponsel teman Anda.

Baca juga : Cara Cek Bonus Telkomsel

Cara Mengaktifkan NSP Telkomsel

Meski sudah tak banyak lagi yang menggunakannya, bukan berarti Anda tak bisa memasangnya di ponsel Anda lagi, ya! Toh, meski sedikit tapi masih ada, kan? Cara daftar NSP Telkomsel itu sebenarnya mudah, kok! Anda bisa menggunakan beberapa cara yang sudah disediakan. Beberapa cara tersebut salah satunya adalah via dial up.

Cara Mengaktifkan NSP Telkomsel Via Dial UP

  1. Anda bisa memanggil *121# untuk mengaktifkan layanan NSP Telkomsel.
  2. Anda hanya perlu menekan *121# lalu pada tampilan layar Anda hanya perlu memilih salah satu dari kumpulan kode-kode NSP yang ada di sana.
  3. Tampilan untuk setiap ponsel biasanya berbeda.
  4. Ada yang langsung menunjukkan nada yang bisa dipilih, ada juga kode.
  5. Anda bisa mengetahui arti dari kode tersebut dari daftar kode NPS Telkomsel gratis.
  6. Jika sudah, Anda bisa memilih angka 6 atau Next untuk memilih daftar selanjutnya.
  7. Misalnya, bila Anda ingin memilih NSP Via Vallen, maka tinggal pilih yang kode Via Vallen saja.
  8. Setelah itu, nanti akan diinfokan berapa pulsa yang akan digunakan tiap minggunya  supaya NSP yang Anda pilih terus hidup. Cara lainnya, Anda bisa mengaktifkannya via website.
  9. Caranya adalah tinggal membuka web NSP dari Telkomsel saja. Setelah itu, tinggal pilih NSP yang Anda inginkan.
  10. Jika sudah dipilih lagu atau nada mana yang akan Anda jadikan NSP, maka Anda bisa langsung klik Beli.
  11. Di sana akan tertera berapa harga per minggu yang harus Anda keluarkan.
  12. Setelah itu secara otomatis Nada akan diarahkan ke aplikasi SMS dengan kode tertentu yang dikirimkan ke 1212.
  13. Klik Kirim kalau sudah yakin.

Cara Mengaktifkan NSP Telkomsel Via sms

Cara terakhir yang bisa Anda pilih adalah dengan SMS.

  1. Anda bisa langsung SMS kode lagi ke 1212. Misalnya, untuk lagu Galau dari Al Ghazali, kode NSP Telkomsel yang bisa Anda ketikkan adalah DGLJY.
  2. Bisa juga kode lain seperti Di Saat Aku Tersakiti yang dibawakan oleh Dadali dengan kode WWWBO.

Baca juga : Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel

Sedangkan bila Anda sudah tak mau berlangganan lagi NSP, Anda bisa menonaktifkannya. Cara berhenti NSP ini cukup mudah. Ada dua cara yang bisa Anda pilih. Pertama adalah dengan dial up. Sedangkan cara yang kedua adalah melalui SMS ke 1212.

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Via Dial UP

  1. Cara unreg NSP Telkomsel pertama menggunakan layanan dial up adalah pertama Anda harus mengetikkan *121*9# saja. Setelah itu, tinggal pilih menu Berhenti NSP saja.
  2. Secara otomatis, layanan NSP yang Anda miliki akan berhenti beroperasi dan pulsa Anda tak lagi terpotong.

Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel Via SMS

  1. Sedangkan cara stop NSP yang kedua melalui SMS adalah Anda hanya perlu mengetikkan OFF dalam SMS dan kiriman ke 1212 saja.
  2. Nantinya, Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi Sesuai permintaan Anda, semua NPS Anda telah dinonaktifkan. CS.188 S&K berlaku.

Perlu Anda ketahui, untuk menggunakan cara mematikan NSP dengan SMS, Anda tak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Begitu juga dengan cara dial up. Jadi, Anda tak perlu khawatir bila harus bayar untuk menonaktifkan NSP yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Berapa Tarif Biaya Berlangganan NSP Saat Ini?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk berlangganan NSP, maka Anda diharuskan untuk membayar sejumlah harga yang dipotong langsung dari pulsa Anda dalam kurun waktu tertentu. Untuk tarif pembelian yang berlaku dalam waktu 30 hari, maka Anda akan dikenakan Rp 9.900,- dan tarif perpanjangan dengan jumlah yang sama.

Sedangkan bila Anda membeli NSP dengan masa aktif 14 hari, maka Anda harus membayar Rp 6.600,- untuk pembelian dan tarif perpanjangan dengan jumlah yang sama pula. Sedangkan untuk tarif per minggu, Anda akan dikenakan biaya Rp 3.850,-. Bila Anda memilih tarif 3 hari, maka Anda akan dikenakan biaya Rp 660,- saja.

Fitur yang Tersedia

Mungkin Anda kurang tahu, namun saat ini NSP Telkomsel memiliki berbagai fitur keren yang membuat Anda ingin memilikinya, lo! Beberapa fitur tersebut adalah NSP Jukebox yang merupakan fitur di mana pelanggan dapat berlangganan satu atau beberapa NSP sekaligus dengan kategori ternetu yang akan diperdengarkan secara bergiliran.

NSP ini akan terdengar oleh penelepon pelanggan. Untuk tarif berlangganan fitur ini, Anda akan dikenakan biaya Rp 1.000,- per dua hari atau tergantung dari kompisisi JukeBox Anda. Lalu, ada NSP Kreasiku. Maksud fitur ini adalah pelanggan bisa menciptakan sendiri NSP yang mereka inginkan lalu meng-upload NSP tersebut ke langitmusik.co.id.

Fitur terakhir yang bisa Anda dapatkan dari NSP ini adalah Gift NSP. Fitur ini memungkinkan pelanggan bisa mengirimkan NSP sebagai hadiah pada temannya. Namun, biaya berlangganan tetap akan dibebankan kepada Anda.

Nah, keren, kan? Kini Anda sudah tahu bagaimana caranya mengaktifkan dan menonaktifkan layanan NSP Telkomsel. Anda bisa melihat berbagai kode dari NSP ini langsung di web Telkomsel untuk info lebih lanjut. Jika ada kendala atau masalah yang berkaitan dengan NSP ini, Anda bisa menghubungi nomor kontak Telkomsel untuk pertanyaan lebih lanjut!

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

Tulis komentar