Trik Mudah Setting Modem Indihome ZTE Sendiri

Diantara sekian banyak jenis kebutuhan yang harus anda penuhi di era modern ini, internet adalah salah satu yang paling penting. Sepertinya hidup tanpa internet adalah hidup yang begitu berat saat ini. Bagaimana tidak, mungkin 50 persen kegiatan yang kita lakukan saat ini bergantung pada internet. Dari mulai bisnis profesional hingga komunikasi, Internet memegang peranan yang begitu penting.

Salah satu provider internet terbaik saat ini adalah indihome speedy yang merupakan salah satu brand internet terbaik di negeri ini. Selain memberikan kualitas jaringan internet yang sangat bagus, brand satu ini juga mematok harga yang sangat terjangkau sehingga sangat banyak orang yang menggunakannya.

Baca juga : harga paket indihome

Trik Cara Setting Modem Indihome ZTE

1 . Proses Persiapan

Setting Modem Indihome ZTE

Pada dasarnya cara melakukan setting pada modem Indihome ini sama saja, kalaupun ada perbedaan pasti hanya ada sedikit perbedaan saja pada istilah dan tampilan aplikasinya. Ada hal hal yang harus anda persiapkan sebelum melakukannya. Pertama pastikan anda sudah mengetahui apa jenis modem yang anda gunakan. Dan selanjutnya anda juga harus memastikan kalau komputer atau laptop anda memiliki browser yang kompatibel.

2. Langkah Awal

Langkah awal pertama yang harus anda lakukan dalam proses setting modem indihome ini adalah dengan melakukan reset pada modem yang anda miliki. Caranya juga sangat mudah, pertama anda harus menekan tombol reseter pada modem yang anda miliki.

BACA JUGA:  Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke HP Baru dengan Nomor Baru atau Lama

Tombol reseter ini ada di belakang modem yang anda miliki. Tidak terlalu sulit, tapi untuk menekannya anda perlu pensil atau alat tumpul lainnya. Jangan lupa, proses reset ini harus anda lakukan pada saat modem dalam keadaan menyala.

3. Langkah Setting

Setelah anda melakukan reseting modem seperti yang kami paparkan di atas, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan setting.

Anda harus memastikan kalau semua lampu menyala dengan baik

  • Beberapa lampu yang ada pada modem adalah lampu Power
  • Lampu LOS yang berwarna hijau (kalau merah berarti mati)
  • Lampu PON normal dan tidak berkedip
  • Lampu internet normal tidak berkedip
  • Lampu LAN 3 hidup saat komputer atau laptop terhubung dengan jaringan.

Jika anda berencana untuk melakukan setting via smartphone, cukup nyalakan wifi pada modem dengan menekan tombol WLAN pada modem anda.

Tapi jika anda berencana untuk melakukan setting via komputer atau laptop, selanjutnya anda hanya perlu menyambungkan koneksi internet anda dengan komputer via kabel.

Settingan pada komputer atau laptop untuk indihome

  1. Buka browser pada laptop atau smartphone anda kemudian ketikkan IP Address dari modem digunakan. Dalam hal ini kami menggunakan modem ZTE F609 dengan IP 192.168.1.1. Saat anda mengetikkan IP ini di browser, akan muncul web untuk melakukan setting modem yang anda miliki. IP dari setiap modem beda beda, silakan lihat cara penggunaannya terlebih dahulu.
  2. Cara setting modem indihome selanjutnya adalah melakukan log in pada browser dengan username “admin” dan passwordnya juga “admin” tanpa tanda kutip. Ada juga password dan username lain yang bisa anda gunakan yakni “user” dan “user”.
  3. Setelah anda melakukan log in anda akan masuk ke menu utama dari browser tersebut dan anda hanya tinggal melakukan pembuatan jaringan baru.
  4. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengklik menu Network, kemudian anda hanya tinggal mengklik menu WAN, dan pilih WAN Connection dan pastikan settingan berikut anda sesuaikan di dalamnya.
  • Pada “Connection Name” pilih menu “Create WAN Connection”
  • Ceklis opsi “Enable VLAN”
  • Untuk “802.1p” isi dengan angka”0”
  • Untuk Type pilih menu “Route”
  • Untuk menu “Service List” Isikan “INTERNET_VoIP_TR069” lengkap dengan garis bawahnya.
  • Untuk “Link Type” isi dengan “PPP”
  • Untuk “Username” anda bisa mengisinya dengan username yang anda dapatkan dari Telkom. Bisa juga anda mengisinya dengan nomor pelanggan yang anda miliki. Begitu juga dengan passwordnya.
  • Untuk “Authentication Type” pilih menu “Auto”
  • Untuk “Connection Tringger” pilih opsi “Always On”
  • Untuk “IP Version” pilih “IPv4”
  • Untuk “PPP TransType” pilih menu “PPPoE”
  • Ceklis pada menu “Enable NAT”
  • Terakhir klik “create”
BACA JUGA:  Cara Download & Menggunakan Share It Terbaru

Setelah anda menyesuaikan data data tersebut, Cara setting modem indihome selanjutnya anda hanya perlu melakukan setting DHCP.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada setiap perangkat lain yang ingin terkoneksi dengan jaringan indihome speedy yang anda miliki sehingga anda tidak perlu melakukan konfigurasi IP address, gateway dan subnet mask secara berulang.

Untuk melakukan setting DHCP ini sangat mudah dan bisa anda lakukan dengan segera.

  1. Pertama anda hanya perlu mengklik “Network” dan kemudian memilih menu “LAN”.
  2. Klik “DHPC Server” dan centang kotak kosong pada menu “Enable DHCP Server”.
  3. Setelahnya anda hanya perlu mengklik Submit dan proses setting DHCP selesai anda lakukan.
BACA JUGA:  Kuota Lokal Indosat

Secara umum proses Cara setting modem indihome ini selesai sampai disini. Tapi jika kemudian terdapat ketidakstabilan dalam koneksi internet ini anda harus melakukan settingan konfigurasi dari awal lagi.

Anda bisa juga melakukan pengecekan ulang dengan melakukan tes koneksi internet. Dengan cara browsing atau mengakses situs tertentu. Bisa juga dengan ping melalui CMD.

Sangat kami sarankan untuk mengganti username dan password dengan segera supaya tidak sembarang orang bisa mengakses homepage indihome anda. Untuk merubahnya anda hanya tinggal melakukan penggantian nama dan passwordnya.

Ganti juga nama dan password wifi anda supaya tidak sembarang orang bisa terhubung saat anda menyalakan Wireless LAN. Caranya cukup mudah, kembali masukkan alamat ip address, kemudian masuk ke settingan username dan password.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar