4 Penyebab dan Cara Mengatasi Ping IndiHome Tinggi

Kategori : IndiHome

Setelah cek ping IndiHome, ternyata ping sering tinggi. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi ping IndiHome tinggi.

Penyebab 1 : Ping IndiHome Tinggi FUP Sudah Mencapai Batas

Seperti yang kita tahu, IndiHome menerapakan sistem FUP. Setiap paket IndiHome dengan kecepatan yang berbeda – beda, mempunyai batas FUP IndiHome sendiri – sendiri.

Contoh kecepatan 20 Mbps jika sudah menggunakan kuota IndiHome lebih dari 500 GB maka kecepatam akan diturunkan ke 10 Mbps. Artinya kecepatan internet sudah turun hingga 50% dan dapat menyebabkan ping menjadi tinggi.

Logikanya, jika sebuah mobil berjalan lambat ke suatu tujuan. Maka untuk sampai di tujuan tersebut akan lama. Dan seperti itulah cara kerja saat kita cek ping.

Cara mengatasi :

Penyebab 2 : Ping IndiHome Tinggi Terjadi Gangguan Massal

Penyebab IndiHome lemot, salah satunya IndiHome sedang gagguan masal. Anda bisa cek apakah IndiHome gangguan hari ini, untuk memastikan saja. Apakah memang gangguan lokal atau masal.

Saat terjadi gangguan masal, itu biasanya penyebab utamanya ada salah satu jaringan IndiHome kabel fiber optiknya terputus. Sehingga pasokan internet yang digunakan berkurang.

Contoh jika ada dua jalan, kemudian salah satu jalan ditutup dan semua kendaraan diarahkan ke jalan satunya. Apa yang terjadi? pasti akan menyebabkan macet panjang. Sehingga sebuah kendaraan untuk ke tujuan juga akan semakin lama.

Cara mengatasi :

Penyebab 3 : Ping IndiHome Tinggi Padatnya Lalu Lintas

Sama seperti penyebab kedua, jika salah satu jalan ditutup maka akan terjadi macet. Namun macet disini bukan karena ditutup karena ramainya pengguna internet saat itu. Semakin ramai, semakin lama juga saat ingin ke tujuan tertetu.

Biasanya terjadi saat lebih banyak orang menggunakan IndiHome didaerah Anda namun peralatan dari ISP disini IndiHome kurang memadai.

Cara mengatasi :

Penyebab 4 : Ping IndiHome Tinggi Jarak Server

Contoh server 1 berada di Indonesia dan server 2 beradan di USA. Sedangkan yang mengakses ada di Indonesia, jika menurut jarak server, maka akan lebih cepat mengakses server 1. Ini sering terjadi saat bermain game, jika Anda memilih server luar negeri ping akan meningkat tinggi.

Tidak hanya bergantung pada jarak saja namun teknologi, semakin canggih teknologi server yang digunakan maka semakin cepat juga.

Cara mengatasi :

  • Kalau ini sudah diluar tanggung jawab IndiHome, jadi yang bisa Anda lakukan mencari server terdekat atau meningkat kecepatan internet IndiHome dengan upgrade speed IndiHome.

Baca Lebih Banyak Seputar : IndiHome