Cara Menggunakan Kabel LAN IndiHome

Sebetulnya cara menggunakan kabel LAN IndiHome saat ini sangat mudah tanpa harus repot – repot mengaktifkan LAN di menu Binding Options sudah otomatis aktif dan langsung bisa digunakan. Karena di sistem terbaru IndiHome ini pelanggan dimanjakan tanpa dibingungkan dengan setting Modem IndiHome. Pelanggan hanya perlu setting Wifi IndiHome saja.

Bagi dirumah atau dikantor anda yang masih  menggunakan sistem lama yang terdapat di STB ( Modem ) IndiHome kemungkinan masih harus mengaktifkan Port LAN.

Berikut ini cara jika anda masih kesulitan dalam hal setting LAN modem IndiHome dapat dicoba beberapa cara yang akan dibahas dibawah ini berlaku untuk modem ZTE, TP Link atau Huawei.

Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN IndiHome

Cara ini hanya bisa digunakan jika sistem di Modem IndiHome anda masih menggunakan sistem lama, karena di sistem terbaru tidak ada dan otomatis bisa digunakan. Jika tetap tidak bisa digunakan ikuti tutorial setelah panduan dibawah ini.

Cara Setting LAN IndiHome :

  1. Tekan Windows + R
  2. Ketik cmd
  3. Ketik ipconfig
  4. Cari Default Getaway anda akan menemukan sebuah IP ( 192.168.1.1 / 192.168.1.254 / 192.168.100.1 bisa juga lainnya )Cara Setting LAN IndiHome terbaru
  5. Silahkan ketik IP tersebut di browser ( Chrome / Firefox )
  6. Akan muncul halaman login ( Username dan password untuk modem HG8245H username : telecomadmin dan password : telecomadminbagi tipe modem ZTE, TP Link atau Huawei dapat dicoba username : admin dan password : admin )
  7. Setelah berhasil login, buka menu WAN
  8. Pilih 2_INTERNET_R_VID_200
  9. Pada bagian Binding Options centang semua Port LAN 1, 2, 3 dan 4Setting LAN IndiHome
  10. Terakhir klik Apply
  11. Restart modem
  12. Selesai.

Untuk setting diatas dapat juga dilakukan di HP Android. caranya cukup mudah pastikan HP Android yang akan dibuat setting terkoneksi dengan Wifi modem. Lalu buka browser ( chrome / bawaan ) ketik IP sesuai panduan nomor 5 dan ikuti sampai selesai.

Ingin internet lebih cepat, coba DNS Indihome Tercepat

Cara Setting LAN IndiHome ke PC

Seperti yang dikatakan sejak awal, sebenarnya tidak ada settingan khusus untuk setting LAN IndiHome pada sistem pada modem terbaru. Namun jika anda gagal silakan login ke modem ZTE, TP Link atau Huawei dan ikuti langkah diatas jika memang menu diatas tidak tersedia.

Berarti modem anda sudah menggunakan sistem terbaru tanpa harus aktifkan Port LAN seharusnya sudah bisa digunakan. Namun jika memang belum bisa juga bisa mengikuti panduan dibawah ini.

Setting LAN IndiHome ke PC :

  1. Tancapkan kabel LAN di Port LAN 1, 2, 3 atau 4 ( jangan sampai salah di Port POTS )
  2. Tancapkan ujung kabel LAN lainnya ke PC
  3. Pastikan warna lampu indikator modem pada LAN yang ditancapkan kabel berwarna kuning
  4. Setelah itu dapat anda coba ping google, jika ping berhasil sampai disini setting LAN selesai namun jika gagal
  5. Klik menu Control Panel
  6. Klik menu Network and Sharing Center
  7. Klik Local Area Connection
  8. Klik Properties
  9. Pilih menu Internet Protokol Version 4 ( TCP/IPv4)
  10. Pilih Obtain an IP Address automatically dan Obtain an DNS Address automatically
  11. Restart modem dan PC
  12. Selesai.Setting LAN IndiHome ke PC Laptop

Jika cara diatas sudah dilakukan namun tidak berhasil juga kemungkinan kabel LAN anda sudah rusak atau modem juga bisa jadi rusak. Untuk solusinya bisa menggunakan kabel LAN lainnya atau menghubungi Call Center IndiHome.

Lihat juga Cara Menaikan Kecepatan IndiHome Tanpa Merubah Paket.

Cara Menggunakan STB IndiHome Tanpa Kabel LAN

Untuk dapat menggunakan modem IndiHome tanpa kabel LAN caranya hanya perlu terkoneksi ke Wifi STB IndiHome tersebut. Jika lupa password Wifi IndiHome bisa juga di setting ulang password Wifi IndiHome tersebut.

Cara Menggunakan STB ( Modem ) IndiHome Tanpa Kabel LAN :

  1. Gunakan HP / Laptop
  2. Sambungkan Wifi ke STB IndiHome
  3. Masukkan Password Wifi jika diperlukan
  4. Selesai.

Kalau HP atau Laptop sudah pasti bisa terkonkesi dengan Wifi, bagaimana dengan PC / Komputer yang tidak ada wifinya. Solusinya cukup mudah beli USB Wifi Adaptor ( Wifi Wireless Adapater ). Harganya tergolong murah mulai Rp. 20.000 sampai Rp. 50.000 sudah dapat.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar