IP Public IndiHome

Bagi pengguna Speedy atau Indihome, mengetahui IP publik adalah hal yang terbilang penting. Bagaimana tidak? Dengan mengetahui IP tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal seperti mengontrol CCTV, remote router, webserver, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara untuk mengecek IP Public Indihome ?

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui IP Indihome atau Speedy Anda. Namun terlebih dahulu Anda perlu mengetahui cara untuk mendapatkan IP public static. Simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mendapatkan, harga, serta cara mengecek IP Public pada layanan Indihome Anda.

Cara Mendapatkan IP Public Static Indihome

Belakangan ini, banyak yang mengeluhkan sulitnya untuk memperoleh IP Publik Statik dari Indihome. Padahal bagi beberapa pengguna, IP Static sangatlah penting karena memungkinkan mereka untuk terhubung dengan berbagai perangkat. Bagaimana cara mendapatkan IP Public Static dari Indihome?.

Lihat juga Cara Konfigurasi IP Indihome dengan Menggunakan Android

Sebelumnya IP Public memang bisa didapatkan oleh pelanggan Indihome. Ketika modem tidak mendapatkan IP Public, maka pengguna hanya perlu melakukan restart pada modem dan IP Public akan muncul dengan sendirinya. Namun sepertinya cara ini sudah tidak lagi berhasil bahkan jika Anda melakukan restart bekali-kali.

Telkomsel baru saja merilis layanan DDNS ip-dynamic. com, yaitu sebuah sistem yang memudahkan Anda untuk mendapatkan IP Public dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Secara garis besar, DDNS merupakan sistem yang dapat Anda manfaatkan untuk mengakses perangkat di kantor atau rumah meskipun koneksi internet mempunyai alamat IP dinamik.

Mengapa harus menggunakan IP Public? Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman lebih dengan mengendalikan server, CCTV, atau DVR dari jarak jauh, maka Anda membutuhkan IP Public untuk mengakses perangkat tersebut. Pasalnya ketika Anda menggunakan IP Private, maka hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus menggunakan IP Public DDNS ip-dynamic.com. Kemudahan yang ditawarkan menjadi faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan. Dengan DDNS ip-dynamic.com, Anda tidak membutuhkan instalasi apapun. Hanya dengan mendaftarkan nomor Indihome, maka sistem akan bekerja secara otomatis untuk menyediakan IP Address bagi Anda.

Untuk hostname, Anda bisa menggunakan hostname yang mudah untuk diingat untuk IP Address. Hostname tersebut akan menggunakan akhiran .ip-dynamic.com. Meskipun IP Address Anda berganti, maka hostname akan terupdate secara otomatis.

Harga IP Public Indihome

Harga Paket IP Public Indihome

sumber : ip-dynamic.com

Anda berminat untuk menggunakan layanan DDNS ip-dynamic.com dari Telkom? Banyak pengguna Indihome yang tidak mempunyai pilihan lain kecuali menggunakan layanan ip-dynamic yang ditawarkan oleh Telkom. Ketika menggunakan layanan tersebut, DDNS akan secara otomatis mengenali IP Anda. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengingat nama domain yang didaftarkan.

Berapa harga IP Public yang ditawarkan oleh Indihome? Ip-dynamic.com menyediakan paket Pro dengan 10 hostname. Untuk mendapatkan layanan tersebut, Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 per bulan. Dibandingkan dengan kemudahan yang bisa Anda dapatkan, tentu saja harga ini terbilang sangat murah. Apalagi Anda hanya perlu sekali membeli dan berlangganan untuk seterusnya.

Cek IP Public Indihome

#1 Melalui link Indihome

Pertama, Anda bisa mendapatkan IP Public Indihome melalui Link yang telah disediakan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Akses laman indihome.id/view. Selain laman tersebut, Anda juga dapat mengakses laman 180.250.123.299/view/
  • Setelah berhasil masuk, Anda dapat memasukkan nomor Indihome kemudian kil Submit.
  • IP Indihome Anda akan muncul secara otomatis.

Ini merupakan cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IP Public Indihome. Namun cara tersebut tidak selalu berhasil. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba berbagai cara lain untuk mengecek IP Public. Namun alamat diatas untuk sekarang tidak bisa diakses jadi bisa menggunakan cara selanjutnya.

#2 Melalui website

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan IP Public Indihome adalah melalui bantuan website. Website yang dimaksud adalah WhatISMyIP yang secara otomatis menampilkan alamat IP Anda ketika mengakses situs tersebut. Ikuti langkah berikut ini:

  • Jalankan web browser pada PC Anda.
  • Kunjungi situs WhatISMyIP dengan alamat URL https://www.whatismyip.com/.
  • Setelah berhasil terbuka, Anda harus mencari tulisan Your IP Address Is. Inilah IP Address publik pada modem yang Anda gunakan.

Cara Cek IP Public Indihome

Tidak hanya WhatIsMyIP, ada berbagai situs lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan IP Public seperti Speedtest, IPLocation, dan WhatsMyIP. Melalu situs-situs tersebut, IP Public Anda bisa terlihat dengan mudah.

#3 Melalui Mikrotik

Untuk mendapatkan IP Public melalui mikrotik, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama yaitu memilih menu IP-cloud di mana Anda akan menemukan angka yang berada pada kolom Public Address. Itulah IP Public Anda yang dapat terlihat secara langsung.

Namun jika Anda tidak dapat menemukan IP Public, maka diperlukan cara yang cukup rumit karena Anda harus mengubah modem ke mode BRIDGE. Untuk melakukannya, Anda dapat meminta bantuan dari petugas Telkom. Ikuti langkah-langkah selanjutnya berikut ini:

  • Setelah modem berubah ke mode BRIDGE, tambahkan PPPoE Client. Anda dapat meminta username dan password pada petugas Telkom. Pastikan statusnya sudah berubah menjadi Connected.
  • Selanjutnya, tambahkan script kemudian buat schedule untuk menjalankan script yang telah ditambahkan tersebut.
  • Tambahkan schedule agar script dapat berjalan secara berkala.

Ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan agar mikrotik selalu bisa memperoleh IP Public. Meskipun demikian, beberapa IP Public tidak sepenuhnya bersifat public.

Cara mengetahui IP Public Indihome ini terbilang rumit dan kurang cocok dilakukan oleh Anda yang belum berpengalaman dalam bidang tersebut. Pasalnya Anda harus membuat script tertentu yang tidak dapat dipahami oleh orang awam.

#4 Menggunakan Command Prompt Windows atau Terminal Mac

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui IP Public adalah melalui Command Prompt untuk Windows atau Terminal Mac. Jika Anda adalah pengguna Mac OS X atau macOS, maka Anda dapat mengetikkan traceroute www.google.com pada aplikasi terminal Mac. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan Windows dapat menjalankan Command Prompt dengan mengetik tracert www.magazena.com.

Setelah mengetikkan perintah tersebut, Anda akan melihat hasil tracert yang muncul. Disitulah Anda dapat melihat IP Publik Indihome.

#5 Melalui layanan DDNS Telkom

DDNS ip-dynamic.com merupakan produk terbaru yang dirilis oleh Telkom. Ip-dynamic.com merupakan cara paling praktis bagi Anda yang ingin mengetahui IP Public tanpa melakukan setting pada Client. Untuk menggunakannya cukup mudah. Ikuti langkah berikut ini:

  • Akses laman http://ip-dynamic.com.
  • Setelah berhasil terbuka, masukkan nomor Indihome Anda kemudian klik Submit.
  • IP Indihome Anda akan segera muncul.

Jika Anda telah menggunakan layanan ip-dynamic.com, maka cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah karena selalu terhubung dengan IP Public.

Ingin mengatahui pemakaian internet IndiHome, baca Cek Sisa Kuota IndiHome

Bagi Anda yang menggunakan layanan Indihome, sangat penting untuk mengetahui IP Public. Pasalnya dengan IP Public tersebut, Anda dapat mengendalikan beberapa perangkat dari jarak jauh. Untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan, Telkom merilis DDNS ip-dynamic.com yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh IP Public dengan sistem berlangganan.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar