Sebelumnya penulis ingin berbagi pengalaman bagaimana dahulu waktu pasang IndiHome yang ada di rumah.

Saat itu penulis punya teman yang bekerja sebagai teknisi dan kebetulan sudah tahu lokasi rumah yang akan di pasang jaringan internet tersebut. Setelah penulis menghubungi dan bertanya apakah dirumah dapat langsung dipasang dan dia bilang ” iya bisa, kirim saja fotocopy KTP “.

Beberapa hari kemudian tim teknisi dari IndiHome dan mulai tarik kabel lalu besuknya memasang modem dan setting sekalian WiFi IndiHome. Bagaimana mudah bukan cara pasangnya, itu jika punya kenalan dengan orang yang bekerja di IndiHome.

Lalu bagaimana jika tidak punya kenalan apakah sulit. Oh tentu tidak sekarang bahkan untuk memasang banyak caranya seperti secara online tanpa harus ke kantor IndiHome.

Berapa Biaya Harga Pasang IndiHome

Untuk pertamakali biaya pemasangan IndiHome akan dikenakan tarif Rp 75.000 – Rp. 150.000. Biaya ini akan ditagih saat pertamakali bayar IndiHome.

Selanjutnya hanya akan dikenakan PPN, biaya IndiHome bulanan, paket dibayar dimuka, materai dan biaya sewa STB / Modem. Intinya sih biaya setiap bulan yang harus dibayarkan.

rincian-tagihan-biaya-bulanan-IndiHome

Syarat Pasang IndiHome

Persyaratan pasang IndiHome sekarang lebih mudah bahkan tanpa syarat. Kalau dahulu dengan membawa fotocopy KTP. Karena sekarang sudah bisa daftar secara online jadi cukup mengisi formulir yang disediakan sesuai KTP saja.

Untuk berjaga – jaga siapkan saja syarat sebagai berikut :

  • KTP / SIM
  • Fotocopy KTP / SIM
  • Mengisi fomulir sesuai KTP

4 Langkah Cara Pasang ( Berlangganan ) IndiHome Di rumah / Kantor

Agar tidak terkena PHP ( pemberi harapan palsu ) sebaiknya ikuti langkah – langkah berikut ini.

1. Pilih Paket IndiHome

Pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin berlangganan IndiHome yaitu memilih paket internet yang cocok sesuai kebutuhan.

Karena ini nanti yang akan menentukan juga berapa harga atau biaya langganan perbulan.

Contohnya kalian padahal satu bulan dengan paket 10 Mbps saja sudah cukup bahkan berlebih.

Namun karena tidak tahu akhirnya berlangganan paket 20 Mbps.

paket IndiHome 10 Mbps ini saja cukup untuk dirumah dengan penggunan 5 – 8 orang. Ini sudah dapat streaming youtube setiap hari dan download file – file sesuai kebutuhan yang relatif kecil.

Maka dari itu kalian harus pintar dalam memilih paket IndiHome yang cocok.

2. Cek Ketersediaan Jaringan

Sebelum pada tahap daftar sebaiknya cek dahulu apakah di lokasi yang akan kalian pasang sudah tersedia jaringan IndiHome.

Untuk cara cek ketersediaan jaringan IndiHome sendiri dapat dilakukan secara online maupun offline ( manual ).

Oh ya tahap ini nanti waktu daftar secara online akan ada jadi bisa dilewati kalau mau. Namun sebaiknya tetap dicek saja contohnya dengan cara manual agar tau secara langsung.

*) catatan : walau sudah dicek dan memang ada box ODP tidak dapat dipastikan ODP tersebut penuh atau tidak. Maka dari itu nanti akan ada teknisi yang akan datang mengecek secara langsung.

3. Melakukan Pendaftaran

Setelah memilih paket IndiHome dan cek ketersediaan jaringan.

Langkah selanjutnya adalah daftar IndiHome.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online via website atau myIndiHome.

Dapat juga langsung datang ke kantor IndiHome, melalui sales, 147, MOBI ( Mobile Indihome ) atau lewat bantuan Portal Uang.

4. Pengecekan, Pemasangan Kebal Fiber Optic dan Modem

Setelah berhasil mendaftar langkah selanjutnya kalian tunggu saja sampai ada petugas IndiHome yang datang untuk melakukan pengecekan ODP, jika ODP tersedia akan dilakukan tarik kabel ke rumah kalian. Maka dari itu sebelum dilakukan tarik kabel sebaiknya tentukan lokasi modem ingin diletakan dimana.

Setelah kabel terpasang akan dipasang modem, biasanya akan dipasang sehari setelah pasang kabel. Namun bisa juga nunggu 2 – 7 hari tergantung ketersediaan modem di kantor cabang tersebut.

Intinya disini harus sabar dahulu, memang perlu waktu untuk memasang IndiHome. Tapi terkadang juga semua langsung dipasang hari itu juga dan langsung dapat digunakan.

*) Jika terlalu lama saat pemasangan bisa mencoba menghubungi call center IndiHome.

Lakukan Pembayaran Tagihan IndiHome

Setelah terpasang mungkin kalian bertanya – tanya kapan harus membayar tagihan IndiHome. Untuk pertamakali maupun bulan selanjutnya sebaiknya bayar IndiHome sebelum tanggal 20 setiap bulan.

Kalau penulis lebih suka membayar IndiHome antara tanggal 5 – 10 agar tidak lupa. Karena kalau lupa bayar akan diisolir.

Cara bayar IndiHome mudah kok dan banyak pilihannya. Yang awam bayar secara online dapat membayar langsung di kantor IndiHome terdekat atau melalui Alfamart, Indomaret, Alfamidi.

Kalau penulis lebih suka membayar lewat internet mobile banking karena mudah dan tanpa keluar rumah.

Tanya Jawab

Apa saja persyaratan pasang IndiHome ?

Untuk berjaga – jaga siapkan saja syarat sebagai berikut :
– KTP / SIM
– Fotocopy KTP / SIM
– Mengisi fomulir sesuai KTP

Berapa biaya pasang IndiHome ?

Untuk pertamakali biaya pemasangan IndiHome akan dikenakan Rp 75.000 – Rp. 150.000.

Berapa lama pemasangan IndiHome ?

Menurut pengalaman kurang lebih satu minggu, namun bisa saja lebih cepat.

Apakah bisa pasang IndiHome di desa ?

Bisa selama sudah tersedia jaringan, maka dari itu cek ketersediaan jaringan lebih dahulu seperti yang dicontohkan diatas.

Kenapa pasang IndiHome lama ?

Saat daftar IndiHome namun lama tidak dipasang itu bisa jadi karena ODP penuh bahkan belum ada ODP didekat rumah. Untuk mengatasi hal tersebut sekarang sudah ada fitur Vote IndiHome.

Bagaimana cara pasang IndiHome ?

Pertama pilih paket yang sesuai, lalu daftar kemudian tunggu petugas datang untuk melakukan pengecekan dan pemasangan.

Bagaimana cara pasang WiFi IndiHome ?

Saat modem sudah terpasang otomatis sudah ada WiFi tinggal setting SSID dan passwordnya saja.

Berapa biaya tarik kabel IndiHome ?

Untuk biaya tarik kabel jika dekat pengalaman penulis tidak ada biaya tambahan namun jika sangat jauh biasanya disuruh nunggu untuk penambahan ODP ke tiang terdekat. Untuk menunggu ini juga biasanya harus minimal 10 orang namun kadang tidak harus juga.

Dimana tempat pasang IndiHome ?

Kantor IndiHome, mobil IndiHome jika secara online bisa mengunjungi situs resmi dapat juga melalui aplikasi myIndiHome.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar

Tulis komentar