IndiHome merupakan salah satu produk dari PT Telkom yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Indonesia Digital Home atau IndiHome menghadirkan layanan internet menggunakan fiber optic sehingga menawarkan internet dengan kecepatan yang lebih tinggi. Sayangnya, IndiHome gangguan menjadi salah satu keluhan yang paling banyak dilaporkan oleh para pengguna.

IndiHome sendiri merupakan pengganti Telkom Speedy. Tersedia berbagai layanan dengan beragam pilihan kuota yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Salah satu yang paling banyak diminati adalah paket 10 Mbps, namun justru paket ini juga yang kerap mengalami masalah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab gangguan dan cara lapor, simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Gangguan IndiHome

Pada dasarnya penyebab munculnya gangguan pada IndiHome sangat beragam. Penyebab yang berbeda juga menimbulkan akibat berbeda pada jaringan internet, misalnya kecepatan yang mendadak sangat lambat atau bahkan berhenti total. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya gangguan pada jaringan internet IndiHome kalian:

  1. Fair Usage Policy

Penyebab gangguan IndiHome yang pertama adalah adanya Fair Usage Policy (FUP). Perlu kalian ketahui, FUP merupakan aturan di mana kecepatan internet akan diturunkan ketika pengguna telah mencapai batas maksimal penggunaan internet. Layanan IndiHome turut menggunakan aturan ini sehingga jangan heran jika kecepatan internet tiba-tiba melambat.

kalian mungkin mengira bahwa kecepatan internet yang menurun disebabkan oleh gangguan. Padahal ini bukanlah gangguan, namun peraturan yang harus kalian ketahui. Sebagai contoh, apabila kuota maksimal untuk pelanggan 100Mbps adalah 300GB, maka kecepatan akan turun menjadi 7.5 Mbps apabila pengguna telah mencapai kuota tersebut.

  1. Gangguan teknis

Selanjutnya, jaringan internet IndiHome kalian mungkin mengalami gangguan yang disebabkan oleh adanya masalah teknis. Fiber optic memang dikenal lebih tahan terhadap gangguan daripada kawat tembaga, namun bukan berarti benar-benar bebas gangguan. Apabila serat optik mengalami masalah, maka dapat dipastikan jaringan IndiHome juga mengalami gangguan.

Beberapa masalah yang mungkin dialami oleh serat optik antara lain kabel yang terputus, adanya sambungan yang terlepas, hingga adanya jalur yang melengkung. Beberapa kondisi tersebut dapat mempengaruhi kecepatan dan performa jaringan internet IndiHome kalian.

  1. Perawatan

Untuk memastikan seluruh infrastruktur berada dalam kondisi baik, Telkom melakukan perawatan secara berkala. Namun perawatan tersebut terkadang justru menimbulkan gangguan untuk sementara waktu. Meskipun demikian kalian tidak perlu khawatir karena gangguan akan hilang dengan sendirinya ketika proses perawatan telah selesai dilakukan.

Peningkatan broadband juga menjadi salah penyebab timbulnya gangguan pada kecepatan akses internet menggunakan IndiHome. Hal ini pernah terjadi beberapa waktu lalu di Makassar. Namun hal tersebut bukan masalah karena pengguna dapat melakukan akses internet kembali beberapa saat kemudian.

  1. Gangguan masal

Terkadang juga internet IndiHome tidak bisa digunakan karena memang terdapat putusanya kabel fiber optic dilokasi tertentu. Beberapa yang sering terjadi menurut informasi kabel fiber bawah laut. Inilah yang menyebabkan gangguan masal.

IndihHome Gangguan Hari Ini

Berikut ini informasi tentang kenapa IndiHome error maupun gangguan pada hari ini :

Februari 2020

Belum ada laporan IndiHome gangguan masal ( yang ada setiap hari gangguan jaringan pribadi dirumah atau dikantor masing – masing ).

Jika IndiHome dirasa lemot silahkan coba panduan cara mengatasi IndiHome lemot.

11 Mei 2018

Pada Jum’at 11 Mei 2018 banyak pelanggan IndiHome melaporkan adanya gangguan ke call center IndiHome. Dan di tanggal 12 Mei 2018 pihak IndiHome melalui twitter memberi informasi sebagai berikut.

Telkom Care : Hallo Kak Ninis, sebelumnya sedang terjadi gangguan massal namun saat ini gangguan sudah solve, silakan restart modemnya 5-10 menit lalu di coba kembali koneksinya, jika masih berkendala hubungi kami kembali. Thx -Mona “.

Cara Lapor Gangguan IndiHome

Ketika IndiHome mengalami masalah, kalian mungkin tidak tahu apa yang harus dilaporkan. Penting untuk diketahui bahwa setiap gangguan yang terjadi pada IndiHome dapat dilaporkan melalui beberapa cara, yaitu call center, aplikasi, maupun web sosial media. Semakin cepat kalian melaporkan gangguan, semakin cepat pula masalah tersebut akan diatasi.

Meskipun demikian, kalian perlu bersabar ketika telah melakukan laporan. Dibutuhkan waktu beberapa saat bagi petugas untuk merespon dan mengatasi gangguan yang kalian alami. Jika diperlukan, kalian bisa melaporkan ulang dengan menyebutkan nomor laporan yang telah dilakukan sebelumnya agar tidak terjadi laporan ganda.

Bagi kalian yang ingin mengetahui cara melaporkan gangguan IndiHome, berikut ini tiga cara mudah yang dapat dilakukan:

Lapor Gangguan Via call center

IndiHome menyediakan layanan call center di mana petugas customer service akan melayani kalian dengan sepenuh hati. kalian dapat menghubungi nomor telepon 147 untuk terhubung dengan layanan pelanggan. Bagi kalian yang melakukan panggilan menggunakan telepon genggam, pastikan untuk memasukkan kode area di depan nomor telepon agar terhubung dengan kantor Telkom regional.

Call center IndiHome menerima berbagai laporan termasuk gangguan, keluhan, pertanyaan, serta kritik dan saran seputar layanan IndiHome. Ketika melakukan panggilan, kalian perlu bersabar karena terkadang seluruh petugas customer service tengah melayani pelanggan sehingga kalian harus menunggu untuk sementara waktu. Selain itu, sebelum melakukan panggilan pastikan pulsa telepon kalian mencukupi.

Lapor Gangguan Via MyIndiHome

kalian juga dapat melakukan pelaporan gangguan melalui aplikasi myIndiHome. Jika kalian tidak mempunyai pulsa telepon atau respon dari petugas customer service sangat lambat, maka aplikasi ini bisa menjadi solusi praktis untuk mengatasi permasalahan kalian.

myIndiHome merupakan sebuah aplikasi untuk smartphone berbasis Android yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Untuk melakukan laporan, terlebih dahulu kalian harus mempunyai akun myIndiHome. Buat akun menggunakan nama, email, password, jenis kelamin, dan nomor telepon aktif. kalian juga akan menerima kode verifikasi melalui SMS.

Setelah mendaftarkan akun, kalian bisa melakukan laporan dengan cara berikut ini:

Cara Lapor Gangguan IndiHome
  1. Buka aplikasi MyIndiHome, kemudian login menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Pilih menu Bantuan.
  3. Pilih menu Indira.
  4. Pilih menu Lapor Gangguan untuk melaporkan gangguan IndiHome yang dialami.
  5. kalian akan mendapatkan formulir, isi dengan sebenar-benarnya.
  6. Submit laporan gangguan kemudian tunggu beberapa saat. Petugas akan segera menerima dan menangani laporan kalian.

Lapor Gangguan Via web

Selain dua cara di atas, kalian juga dapat melakukan pelaporan melalui web media sosial milik IndiHome. kalian bisa mengakses akun Telkom Care melalui Facebook atau Twitter. Cara ini cukup praktis untuk melaporkan adanya gangguan jaringan yang dialami.

Untuk Facebook, kalian bisa mengirimkan pesan singkat secara langsung ke akun yang bersangkutan. Melalui Twitter, kalian juga dapat melaporkan gangguan dengan mention akun @TelkomCare dan menyebutkan jenis gangguan yang kalian alami.

Setelah mengetahui berbagai cara pelaporan gangguan IndiHome, kini kalian tidak perlu khawatir apabila jaringan internet atau layanan IndiHome kalian mengalami gangguan. Pastikan untuk melapor segera setelah timbul gangguan agar masalah kalian dapat segera diatasi.

Lebih Banyak Tentang IndiHome

Lihat lebih banyak informasi, tips dan panduan IndiHome :

  • Apa Itu IndiHome
  • Paket dan Layanan
  • Manfaat dan Keuntungan
  • Harga & Paket Internet IndiHome
  • Harga & Paket TV IndiHome
  • FUP IndiHome
  • Nomor Telepon IndiHome
  • Cara Pasang IndiHome
  • STB IndiHome
  • Speed Test IndiHome
  • Dan banyak lagi.

Yuk lihat !

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar